Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Lamtoro Kuah Santan

Markas Resep – membagikan resep masakan sederhana yakni Lamtoro Kuah Santan bagi yang penasaran dan ingin tau cara pembuatannya mari dibaca.
Apa kabar pecinta sak masak atau kuliner?  Sayangi dapur anda, dapur adalah tempat istimewah dalam rumah dimana mengolah segala bumbu dan bahan masakan dengan penuh cinta.
Mau memasak apa hari ini sahabat Markas Resep?
Saya tempo hari ke kebun bersama warga RW, melihat lamtoro yang bergelayut lebat, tertarik untuk mengolahnya.
Baca Juga Resep Lainnya :
Saya ambil banyak-banyak daripada mubazir. Setelah mengolah menjadi sayur asem,  sekarang saya olah seperti sayur lodeh.
Bagi para pecinta kuliner, memasak kuah santan ini boleh dari parutan kelapa, atau menggunakan santan instan. Memang ada perbedaan rasa antara yang asli dengan yang instan. Sesuaikan saja dengan selera anda.
Nah ingin tahu membuatnya?  Mari ke Markas Resep
Bahan untuk membuat Lamtoro Kuah Santan adalah
  • 100 gram lamtoro kupas
  • 1 kotak tahu putih
  • 100 gram tempe
  • 5 butir telur ayam
Bumbu halus:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 lembar jeruk purut
  • Seiris kencur
  • 1 sdt ketumbar
  • Sedikit merica
  • Gula garam secukupnya
  • 1 buah cabe merah besar
  • 5 butir kemiri
Bahan lain:
  • 1 bungkus santan instan yang kecil
  • 300 ml air
  • Sedikit lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai memarkan
  • 2 lembar daun salam
Cara membuat Lamtoro Kuah Santan sebagai beriku
Lamtoro Kuah Santan
  1. Rebus telur ayam, setelah matang,  kupas dan disihkan
  2. Kupas lamtoro
  3. Potong dadu tempe dan tahu. Gireng tahu setengah matang
  4. Haluskan bumbu,  lalu tumis,  masukkan bumbu lain
  5. Panaskan air dalam panci,  setelah mendidih masukkan tempe, tahu, lamtoro juga bumbu yang sudah ditumis.
  6. Masukkan santan,  kecilkan api,  aduk rata hingga matang, tambahkan telur rebus kedalam kuah yang sudah jadi.
  7. Masakan ini sudah siap disajikan
Sangat mudah bukan?  sahabat resep bisa mencoba olahan yang satu ini untuk sajian keluarga
Ingat tetap jaga kesehatan, hati-hati dengan apa pun yang anda konsumsi, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai bersua kembali dengan resep selanjutnya
Kami tunggu komentar sahabat.  Salam
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Urap Genjer

Markas Resep – membagikan kembali resep masakan indonesia yaitu Urap Genjer meskipun terdengar membosankan tapi ini sangat enak loh.
Hai … Hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, bagaimana kabarnya hari ini, semoga tetap dalam keadaan, ceria,  sehat bahagia selamanya. Ojey dong!
Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang akan mengajak Sahabat Markas Resep semuanya untuk mengeksekusi, urap Genjer. Apa sih Ganjer itu, manfaatnya mengkonsumsi genjer adalah sebagai berikut;
Mengatasi Anemia. Genjer mengandung zat besi tinggi yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah.
  • Menyehatkan Gigi, tulang, dan Osteoporosis.
  • Menurunkan Kadar Gula Darah.
  • Menyembuhkan Luka.
  • Menambah Selera Makan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Karena manfaat genjer yang begitu banyak makanya Admin Oya membuat resep kali ini dengan menu utama genjer
Untuk menambah selera makan Sahabat Markas Resep semuanya. Ayo Sahabat Markas Resep, segera cap cus ke dapur untuk mengeksekusi Resep urap ini.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Urap Genjer adalah sebagai berikut.
  • 2 ikat genje
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe merah
  • 1 iris terasi udang
  • 1 iris terasi udang
  • 1/4 butir kelapa
  • Garam, minyak, gula merah dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Urap Genjer adalah sebagai berikut:Urap Genjer
  1. Cuci bersih genjer
  2. Rebus di air mendidih hingga layu
  3. Angkat dan tiriskan
  4. Goreng bumbu-bumbu di atas kemudian dibuat sambal dengan menambahkan garam, gula merah, terasi matang, dan gula pasir.
  5. Parut kelapa, kemudian tambahkan ke sambal dan ke genjer, urap sampai rata, tes rasa dan diap dihidangkan dengan nasi hangat dan tambahan ikan asin wow sedapnya mantaps deh.
Bagaimana sahabat Markas Resep, mudah bukan membuat urapnya, tunggu apalagi buruan dicoba, karena sudah tahu banyak sekali manfaat mengkonsumsi genjer ini.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Nah, untuk kali ini cukup dulu ya Sahabat Markas Resep, bisa bertemu kembali di resep-resep selanjutnya yang tentunya sedap dan sedap, tetap di Markas Resep Okey! Sampai jumpa kembali, bye … bye …
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Tumis Jamur Wortel

Markas Resep – menghadirkan resep masakan indonesia yaitu Tumis Jamur Wortel semoga dengan resep ini dapat meningkatkan kesukaan terhadap sayur ya.
Hai …. Sahabat markas resep? Bagaimana kabarnya, semoga sehat selalu dan tetap bahagia. Jangan lupa untuk tetap memasak bagi orang-orang tercinta.
Sahabat sudah masak apa hari ini? Pastinya masak yang enak-enak dong. Apalagi sedang musim hujan. Bawaannya pengen makan terus, perut terasa ga ada kenyangnya.
Untuk itu kita harus pandai-pandai mengolah bahan makanan yang ada dengan aneka resep yang selalu berbeda tiap harinya.
Biar bervariasi dan ga bosan, dan yang jelas biar ga banyak jajan diluar juga.
Hari ini kebetulan di rumah ada stok jamur tiram putih yang lumayan, pada kesempatan kali ini Admin Vita hendak memasak dengan menggunakan jamur tiram putih.
Baca Juga Resep Lainnya :
Kalau kemarin jamur tiram putih sudah diolah menjadi jamur krispi, kali ini jamur tiram diolah dengan cara ditumis.
Dipadukan dengan sayuran yang segar dan sehat, menambah nilai gizi dalam olahan ini.
Salah satunya adalah Wortel, sayuran yang banyak disukai oleh orang terutama anak-anak.
Selain menambahkan sayuran, pada resep kali ini, ditambahkan juga sosis sapi sebagai penarik rasa agar lebih enak dan nikmat.
Membayangkannya saja sudah sangat lezat, pasti hasil masakannya juga lezat. Yuk tak perlu berlama-lama, kita capcuz ke dapur mempersiapkan bahan-bahan dan langsung mengeksekusinya. Resep kita kali ini adalah Tumis Jamur Wortel.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Jamur tiram putih 250 gram
  • Wortel 1 batang ukuran sedang, kupas lalu cuci dan iris tipis-tipis
  • Sosis sapi 2 buah, iris tipis dan goreng sebentar angkat tiriskan
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 4 buah
  • Lada bubuk setengah sendok teh
  • Cabai merah 1 buah
  • Cabai rawit merah 4 buah
  • Tomat 1 buah
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Tumis Jamur Wortel
  1. Suwir-suwir jamur tiram, lalu cuci bersih dan peras agar airnya hilang
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan tomat
  3. Tumis bumbu yang sudah diiris tadi sampai harum
  4. Tambahkan lada bubuk dan aduk merata
  5. Setelah itu masukkan setengah gelas air matang, tunggu sampai mendidih
  6. Masukkan wortel yang sudah diiris tadi, aduk-aduk
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya, aduk kembali dan biarkan beberapa saat
  8. Tes rasa jangan ketinggalan
  9. Masukkan sosis yang sudah diiris dan digoreng tadi. Biarkan matang dan air menyusut
  10. Terakhir masukkan jamur tiram putih yang sudah disuwir tadi, aduk merata sampai sayuran dan sosis tercampur merata
  11. Biarkan sampai matang dan tidak ada air lagi
  12. Tumis Jamur Tiram Wortel siap dihidangkan
Sangat mudah mengolahnya dan enak hasilnya. Untuk anak-anak jika tidak menyukai pedas boleh di skip cabai rawitnya, dan hasilnya tetap lezat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Semoga resep ini bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba dan tunggu resep menarik lainnya, hanya di markas resep. Semangat ! Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Rebung Pucung

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana  yakni Sayur Rebung Pucung yang dapat membantu kebuntuan kita dalam memasak.
Hai …Hallo Sahabat Markar Resep, lagi ngapain nih, baru selesai ngangkat jemuran ya? Sama dong kalau gitu, di sini juga hujan mulu. Semoga di musim hujan ini kabarnya selalu baik-baik saja, jaga kesehatan jangan lupa mari Masak dan mari makan.
Sudah masak apa hari ini? Atau masih bingung mau mengeksekusi apa? Admin Oya bawa resep mak nyusss lho, pas buat lauk di musim hujan, bahan utamanya adalah rebung, cara membuatnya mudah banget deh. Namanya Sayur rebung pucung.
Baca Juga Resep Lainnya :
Sahabat Markas Resep tahu apakah itu pucung? Pucung adalah keluwak, biasanya untuk campuran membuat pindang tetel atau garang asem, yang bisa bikin makanan jadi berubah warna hitam itu lho.
Jangan salah biar hitam tapi enak rasanya, ibarat kata, hitam-hitamnya kereta api banyak yang menanti lho.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sayur Rebung Pucung adalah sebagai berikut;
  • 200 gram rebung yang sudah direbus tinggal masak.
  • 4 buah pucung/keluwak matang. Pilih yang tidak pahit.
  • 5 siung bawang merah iris
  • 3 siung bawang putih biris
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • Minyak dan garam secukupnya.
Cara membuat Sayur Rebung Pucung adalah sebagai berikut;

Sayur Rebung Pucung

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukan merica, daun salam dan lengkuas.
  2. Tambahkan 200 mili air
  3. Tunggu sampai mendidih kemudian masukkan rebung, sambil diaduk masukan garam tes rasa, angkat.
Bagaimana Sahabat Markas Resep, mudah bukan cara membuatnya, tunggu apalagi segera cap cus buat.
Pastikan kita juga memilih berbagai macam bahan yang bersih karena jika tidak akan membahayakan bagi yang memakannya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian resep Admin Oya kali ini semoga suka ya? Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya. Tetap di Markas Resep Okey!
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Daun Singkong Kuah Buntil

Markas Resep – dalam kesempatan ini memberikan resep masakan indonesia yaitu Sayur Daun Singkong Kuah Buntil semoga dapat disukai ya.
Halo sahabat markas resep, bagaimana kabarnya? Masak apa hari ini?
Sahabat, sekarang lagi musim penghujan, stok sayuran melimpah, enaknya masak sayur yang pedes gurih dan hangat gitu.
Berhubung Admin Vita punya stok sayuran daun singkong, yuk kita masak dengan bahan dasar daun singkong. Seperti yang kita tahu, daun singkong sangat enak jika dimasak santan, ditumis maupun dibuat sebagai lalapan sambal.
Baca Juga Resep Lainnya :
Oleh karena itu, kita akan mengeksekusi daun singkong tersebut dengan masakan bersantan, biar lebih gurih dan nikmat disantap kala musim hujan seperti sekarang ini.
Resep kita kali ini adalah Sayur Daun Singkong Kuah Buntil. Sengaja memakai bumbu kuah buntil, karena terinspirasi dari masakan buntil, selain itu juga Admin Vita sangat suka dengan buntil.
Yuks ke dapur dan bersiap mengeksekusinya.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Daun singkong 2 ikat, pilih yang muda atau pucuknya
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Kemiri 2 butir
  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Cabai rawit merah 7 buah
  • Kunyit bakar 2 ruas
  • Kencur 2 ruas
  • Santan instan 1 bungkus 65 ml
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 2 ruas
  • Jahe 1 ruas
  • Serai 1 batang geprek
  • Gula merah dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Sayur Daun Singkong Kuah Buntil
  1. Siangi daun singkong, cuci bersih lalu rebus dalam air yang sudah mendidih terlebih dahulu dan diberi sejumput garam
  2. Setelah daun singkong lunak dan matang, angkat dan tiriskan, tekan-tekan atau peras agar kandungan air pada daun singkong habis
  3. Lalu iris daun singkong sekitar 2 cm agar mudah dikonsumsi
  4. Haluskan : bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, kencur, cabai rawit merah
  5. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan lengkuas, jahe, daun salam dan serai geprek, aduk hingga merata dan matang
  6. Encerkan santan instan dengan 2 gelas air matang
  7. Masukkan santan yang sudah diencerkan tersebut ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga merata
  8. Boleh tambahkan air jika dirasa kurang
  9. Jaga agar santan tidak pecah ya
  10. Setelah mendidih, tambahkan gula dan garam, lalu masukkan cabai rawit merah yang sudah dibuang batangnya
  11. Biarkan cabai rawit layu dan tes rasa
  12. Setelah santan matang dan rasa bumbu sudah pas, masukkan daun singkong yang sudah diiris tadi, aduk rata hingga tercampur
  13. Biarkan beberapa saat, sampai santan kembali mendidih dan daun singkong empuk
  14. Pastikan bumbu menyatu dengan daun singkong dan santan
  15. Setelah kuah mulai berkurang, angkat dan sajikan
Sayur Daun Singkong Kuah Buntil siap dihidangkan. Cabai rawit sengaja dibiarkan utuh agar bisa menakar sendiri tingkat kepedasan yang diinginkan.
Jika tidak suka yang terlalu pedas tinggal skip aja cabai rawitnya.
Sayur ini enak banget jika disantap dengan nasi dan ikan asin kering, apalagi jika ditambah dengan kerupuk, semakin mantap.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sensasi pedas didapat saat menyantap sayur ini bersamaan dengan cabai rawit utuhnya. Pedas dan lezat.
Demikian resep kita kali ini, tetap tunggu resep-resep menarik dan simpel lainnya, hanya di markas resep. Sampai jumpa. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Tumis Putren Sosis dan Wortel

Markas Resep – hadir kembali dengan resep masakan sederhana yakni Tumis Putren Sosis dan Wortel pastikan untuk selalu update tentang dunia masak ya.
Hai … Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga senantiasa sehat selalu, sehingga dapat menciptakan aneka masakan untuk keluarga tercinta.
Masih bingung mau masak apa hari ini? Nggak usah bingung lagi deh, kali ini Admin Oya ingin mengajak Sahabat Markas Resep semuanya mengeksekusi Putren, Sosis dan wortel.
Baca Juga Resep Lainnya :
Putren atau jagung muda enak banget lho dimasak tumis. Untuk membuat tumis jangan terlalu lama memasaknya, entar kandungan Vitaminnya bisa menguap lho.
Okey deh nggak usah tunggu lama lagi buat mengeksekusi Tumis Putren dengan Sosis dan kearifan wortel, karena bahan-bahan ini biasanya tersedia di kulkas.
Karena Admin Oya yakin Sahabat Markas Resep ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Kalau gitu kita langsung cap cus aja ke dapur.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Tumis Putren Sosis dan Wortel adalah sebagai berikut;
  • 250 gram putren
  • 3 buah sosis ayam
  • 2 buah wortel
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Minyak, garam dan gula pasir secukupnya.
Cara membuat Resep ini adalah adalah sebagai berikut;Tumis Putren Sosis dan Wortel
  1. Cuci putren dan wortel kemudian iris tipis-tipis.
  2. Iris dua siung bawang merah dan dua siung bawang putih. Kemudian tumis sampai harum.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Tambahkan sedikit air, masukan wortel dan putren, tunggu beberapa saat sampai layu.
  5. Masukan sosis yang telah diiris dan digoreng terlebih dahulu.
  6. Tambahkan merica, garam dan gula pasir secukupnya, tes rasa angat.
Nah mudah bukan cara membuatnya, sudah vitaminnya banyak anak-anak jadi suka makan sayur karena di situ ada sosisnya.
Jadi Sahabat Markas Resep nggak perlu binging lagi, untuk menghilangkan menuasakan di rumah.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian kreasi putren alias jagung muda bersama wortel dan sosis.
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tetap di Markas Resep. Resep-resep pilihan kita semua, semoga suka ya. Okey bye …bye
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Kuah Asem Lamtoro

Markas Resep – satu lagi resep masakan sederhana yakni Kuah Asem Lamtoro yang ingin membuatnya jangan dilewati langkahnya.
Salam kuliner sahabat Markas Resep, bagi orang Jawa,  nikmat makan siang itu selain dengan yang seger seger juga dengan hati yang gembira.
Coba saja kalau bersedih atau sedang suntuk,  tidak bakal ada nikmatnya.
Kali ini admin alizazet akan menyajikan resep  membuat Kuah Asem Lamtoro.
Sudah tahu apa belum dengan lamtoro? Istilah lainnya yaitu petai China, disebut petai karrna masih sefamili,  hanya bentuknya kecil.
Selain dimasak kuah asem,  bisa juga sebagai campuran membuat botok dan trancam.
Lamtoro ini ada yang menyebut kemlandingan, mlandingan, klandingan,  tiap daerah punya versi nama berbeda,  di tempat saya saja cukup disebut toro.
Sudah tahu manfaat lamtoro?  Ini dia
Berikut ini beberapa manfaat lamtoro untuk pengobatan :
  • Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati cacingan
  • Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati bengkak (oedem)
  • Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati radang ginjal
  • Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati kencing manis
  • Akar lamtoro berkhasiat untuk melancarkan haid
  • Seluruh bagian tanaman lamtoro berkhasiat untuk mengobati luka lebam, bisul, dan abses paru
  • Tanaman lamtoro juga diketahui bekhasiat untuk mengatasi susah tidur karena gelisah
Nah,  sudah tahu ya sekarang bahwa lamtoro  sangat bermanfaat.  Kita kembali pada resep ya.
Memasak Kuah Asem Lamtoro ini,  memutar nostalgia ketika saya masih kecil.
Ada pohon lamtoro di pekarangan rumah orang tua, jadi kapanpun juga bisa membuat masakan ini. Biasanya temannya adalah lauk pelas tongkol atau iwak mendol.
Baca Juga Resep Lainnya :
Dan sekarang jarang sekali saya temui orang membuat resep makanan  ini.
Yang unik saat makan dengan kuah ini adalah membuka kulit lamtoronya dan menyerut isinya. Kadang dengan sendok kadang langsung dengan mulut.
Langsung saja ya, sikat ke dalam prosesn dan juga bahan pembuatannnya.
Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat Kuah Asem Lamtoro antara lain
  • 2 bendel lamtoro
  • 2 buah tomat
Bumbu halus:
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 6 buah kemiri
  • 2 buah cabe merah besar
  • Sedikit asam jawa
  • Garam dan gula secukupnya
  • Sedikit terasi
  • Air secukupnya
Bahan lain:
  • Seiris lengkuas
  • 2 lembar daun salam
Cara membuat Kuah Asem Lamtoro:Kuah Asem Lamtoro
  1. Siangi lamtoro,  potong 5 cm, cuci bersih, sisihkan
  2. Haluskan bumbu,  bisa diuleg atau diblender
  3. Rebus lamtoro beberapa menit sampai terlihat berubah warna
  4. Tuangkan bumbu ke dalam rebusan lamtoro serta daun salam dan lengkuas
  5. Masak hingga mendidih dan matang
  6. Jangan lupa cemplungkan irisan tomat setelah kuah mendidih
  7. Matikan api.  Dan ingat untuk mencicipi rasanya,  apakah kurang asin atau sudah pas.
  8. Hidangan siap disajikan
Sahabat Markas Resep juga boleh menambahkan bahan lain dalam kuah asem sebagai teman lamtoro.
Menikmati hasil buatan kita ini sangat nikmat dengan sambal tomatnya. Selamat mencoba ya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Jaga selalu kesehatan anda agar bisa menikmati segala masakan Indonesia.
Sampai bertemu kembali  bersama Markas Resep pada edisi selanjutnya dan tetap stay di sini ya. Salam kuliner untuk anda
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Pelas Tongkol Belimbing Wuluh

Markas Resep – membagikan resep makanan sederhana yakni Pelas Tongkol Belimbing Wuluh bagi yang belum tau dan ingin membuatnya pastikan mengikuti dari awal.

Jumpa lagi sahabat Markas Resep, saya ajak sahabat untuk mengolah ikan tongkol lagi ya, kali ini admin akan membuat pelas atau yang sering disebut pepes. Hanya beda istilah saja, lain ladang lain belalang, lain tempat lain lagi istilahnya.

Untuk membuat pelas tongkol ini sebelumnya pilihlah ikan yang masih segar. Kita juga harus berhati-hati saat membeli ikan tongkol, jangan sampai terjadi keracunan usai mengkonsumsi ikan ini.

Baca Juga Resep Lainnya :

Kandungan yang dimiliki ikan tongkol adalah

1. Kaya vitamin dan mineral

Per 1 porsi ikan tongkol sebanyak 150 gram, ada beberapa nutrisi yang terkandung. Antara lain:

  • 179 kalori
  • 1 gram lemak
  • 46 mg kolesterol
  • 521 mg natrium
  • 39 gram protein
  • Vitamin A 2%
  • Vitamin C 2%
  • Kalsium 2%
  • Zat besi 13%
2. Berprotein tinggi

Kandungan protein dalam 150 gram ikan tongkol mencapai 39 gram yang bisa membantu mencukupi kebutuhan protein harian Anda.

3. Membantu menurunkan berat badan

Ternyata ukan ini berkalori rendah, nah cocok sekali untuk yang ingin mengkonsumsi ikan tanpa takut gendut.

4. Membantu meningkatkan fungsi otak

Ikan tongkol mengandung banyak nutrisi yang penting untuk otak, seperti asam omega-3 dan niacin

Itu tadi sekelumit tentang ikan tongkol sahabat. Jadi jangan tunggu lama lagi, ikan tongkol ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh.

Ayo ke dapur dan memasak pelas tongkol.

Bahan yang disediakan untuk membuat Pelas Tongkol Belimbing Wuluh adalah
  • 5 iris tongkol
  • 5 Cabe merah
  • 5 Bawang merah
  • 3 Bawang putih
  • 8 Kemiri
  • 10 buah belimbing wuluh
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Garam dan gula secukupnya
  • Bahan pelengkap
  • Daun pisang, dan tusuk gigi
Cara membuat Pelas Tongkol Belimbing WuluhPelas Tongkol Belimbing Wuluh
  1. Cuci bersih irisan ikan tongkol, sisihkan
  2. Haluskan bumbu, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, cabe merah, bisa diuleg bisa diblender
  3. Iris-iris belimbing wuluh, campur dalam bumbu pelas
  4. Siapkan daun pisang, tuang sedikit bumbu pelas di atas daun, lalu tata seiris tongkol, tutup dengan sedikit bumbu pelas, lalu gulung dan semat dengan tusuk gigi.
  5. Masukkan dalam kukusan yang sudah disiapkan dan sudah panas. Kukus sampai matang.
  6. Siap disajikan

Sahabat Matkas Resep, tidak sulit bukan membuat pelas tongkol belimbing wuluh?

Bila tidak menginginkan belimbing wuluh bisa diganti dengan irisan tomat hijau atau merah. Sama-sama sedap.

Baca juga Resep Masak Yang Ini :

Jadi tunggu apa lagi, diolah sedap kandungan yang ada di dalam ikan tongkol sangaf bermanfaat untuk tubuh kita.

Selamat memasak sahabat. Sampai jumpa dengan resep berikutnya. Bye!

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Kecambah dan Daun Labu

Markas Resep – kembali membagikan resep masakan indonesia yaitu Sayur Kecambah dan Daun Labu kepada para pembaca budiman website ini semoga selalu suka ya.

Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara, semoga kabar hari ini senantiasa dalam kebaikan, bahagia selamanya.

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang kali ini ingin menghadirkan resep Dayur Kecambah dan Daun Labu.

Baca Juga Resep Lainnya :

eger banget tuh. Emang seger Sahabat Markas Resep, perpaduan dua sayur berikut ternyata sangat cocok sekali, udah gitu manfaatnya banyak sekali.

Manfaat dari Kecambah sendiri antara lain sebagai berikut;

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mencegah penyakit kardiovaskular.
  • Merawat kecantikan kulit.
  • Sebagai sumber antioksidan.
  • Mencegah terjadinya osteoporosis dini.
  • Mengatasi masalah menstruasi.
  • Mengurangi keluhan saat menopause.
  • Mencegah penyakit kanker.

Manfaat dari daun labu adalah sebagai berikut;

  • Atasi Kejang.
  • Turunkan Kolesterol.
  • Tingkatkan Kesuburan.
  • Sembuhkan Anemia.
  • Mengatur Kadar Gula Darah.
  • Antibakteri.
  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh.

Makanya Admin Oya kali ini membuat sayur Kecambah dan daun labu karena manfaatnya yang begitu banyak.

Okey deh kalau begitu langsung cap cus yuk.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Sayur Kecambah dan daun labu adalah sebagai berikut:
  • 1 ikat daun labu muda
  • 100 gram kecambah
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 jari lengkuas
  • Garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Sayur Kecambah labu siam adalah sebagi berikut;Sayur Kecambah dan Daun Labu
  1. Didihkan air satu liter
  2. Cuci bersih daun labu dan kecambah siangi.
  3. Masukan daun labu ketika air mendidih beserta daun salam dan lengkuas.
  4. Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris
  5. Tambahkan kecambah, garam dan gula pasir secukupnya.
  6. Aduk sebentar biar garam merata, tes rasa kemudian angkat.

Bagaimana mudah bukan cara memmbuatnya, hmmm seger deh pokoknya. Berani coba! Nah itulah resep Admin Oya kali ini, semoga suka ya.

Baca juga Resep Masak Yang Ini :

Sampai jumpa di resep selanjutnya, Tetap di Markas Resep, bye … Bye…

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Daun Ubi Brambang Asem

Markas Resep – membagikan resep masakan sederhana  yaitu Sayur Daun Ubi Brambang Asem kalau belum pernah bikin mari disimak resepnya.
Halo sahabat, jumpa lagi di markas resep. Gudangnya resep masakan rumahan sehari-hari.
Sahabat dan pecinta kuliner, ada yang tahu tentang sayuran daun ubi? Daun ubi, atau oleh masyarakat daerah Solo sering disebut juga Daun Lung adalah sayuran yang berasal dari daun ubi jalar.
Ubi jalar banyak tumbuh di wilayah Indonesia, biasanya yang paling banyak dikonsumsi adalah bagian umbinya. Banyak yang belum tahu jika daun ubi jalar juga bisa dikonsumsi.
Namun, jika kita berkunjung ke pasar tradisional, masih banyak penjual sayur yang menjajakan daun ubi ini, dan biasanya dijual per ikat.
Harganya masih sangat murah. Namun jangan salah, meski murah daun ubi mempunyai banyak manfaat dan kandungan nutrisi.
Berikut ini adalah manfaat daun ubi antara lain :
  • Mengatasi sakit pada saat menstruasi
  • Mengobati peradangan
  • Kesehatan Mata
  • Kesehatan Otak
  • Kesehatan Jantung
  • Penghilang rasa sakit
  • Mengobati sakit tenggorokan
  • Mengatasi cacingan pada anak
Kemudian menurut para ahli gizi, dalam daun ubi jalar terkandung nutrisi antara lain, sumber antioksidan, riboflavin, niasin, Vitamin A, B, C, E dan K, tiamin, kalsium, zat besi, karoten, asam folat, dan protein.
Banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat pada daun ubi jalar, sehingga sudah barang tentu daun ubi sangat cocok dimasukkan ke dalam daftar menu masakan kita sehari-hari.
Baca Juga Resep Lainnya :
Nah resep kali ini diadaptasi dari resep tradisional khas daerah Solo.
Resep tradisional yang mudah dan sederhana namun sangat nikmat dan enak.
Yuk kita mulai menyiapkan bahan-bahannya dan memasak daun ubi jalar ini. Resep kita kali ini adalah Sayur Daun Ubi Brambang Asem.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Daun ubi jalar 2 ikat, ambil bagian daun dan pucuknya saja lalu cuci bersih dan tiriskan
  • Bawang merah 1 buah ukuran besar dibakar jangan sampai gosong
  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit merah 8 buah
  • Terasi matang 1 ruas
  • Asam Jawa 2 ruas
  • Gula merah 50 gram
  • Garam secukupnya
Bahan Tambahan :
  • Peyek, kerupuk atau mendoan
Cara Pembuatan :Sayur Daun Ubi Brambang Asem
  1. Rebus atau kukus daun ubi sebentar saja, jangan terlalu lama yang penting cukup lunak, karena daun ubi mudah lembek
  2. Rebus cabai merah keriting dan cabai rawit
  3. Uleg cabe yang sudah di rebus tadi dengan bawang merah bakar dan terasi matang
  4. Tambahkan asem jawa, gula merah dan garam
  5. Setelah bumbu uleg halus dan sudah di tes rasa, masukkan daun ubi yang sudah direbus tadi, aduk-aduk dengan bumbu sambal menggunakan sendok
  6. Pindahan ke piring saji, Sayur Daun Ubi Brambang Asem siap dinikmati
  7. Tambahan peyek, kerupuk atau mendoan sesuai selera sebagai pelengkap
Sayur Daun Ubi Brambang Asem ini paling enak dinikmati saat masih fresh.
Usahakan mengaduk dan mencampur bumbu sambal brambang asem dengan daun ubi hanya saat hendak dikonsumsi.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Jika sahabat tidak langsung mengkonsumsinya, pisahkan daun ubi dengan sambal dalam wadah yang berbeda, campur dan aduk jika hendak dimakan.
Hal ini untuk menghindari masakan cepat basi. Sangat mudah dan praktis membuat masakan ini. Semoga berkenan dan selamat mencoba. Tunggu resep-resep menarik lainnya di markas resep. Bye … bye ….