Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Sambel Resep Sayuran

Sayur Asem Ikan Asin Dan Sambal

Markas Resep – mencoba mengulik resep masak indonesia Sayur Asem Ikan Asin Dan Sambal untuk dibagikan kepada para pembaca setia dan semoga dapat dibuat langsung.

Hallo …. sahabat markas resep, para bunda dan pecinta masakan rumahan di manapun berada. Admin Vita lagi weekend nih, mau piknik tapi mager.

Pengen diem di rumah aja, tapi mulut maunya ngunyah yang enak-enak terus. Daripada mimpi makan enak terus mending langsung eksekusi aja deh.

Pada kesempatan kali ini, ane mau masak makanan rumahan yang tradisional tapi seger, sedep dan nikmat.

Apalagi kalau bukan Sayur Asem. Menu kali ini adalah paket komplit, ada sayur asem, ikan asin dan sambal.

Supaya lebih praktis, kali ini masak sayur asemnya dengan bumbu iris, lebih cepat daripada diuleg terlebih dahulu.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sayur Asem Ikan Asin Dan Sambal :
  • Bahan paket sayur asam yang sudah dibungkus 2 plastik ( kacang panjang, jagung manis, labu, melinjo, daun melinjo )
  • Kacang tanah kupas 1 genggam
    Ikan asin Jambal roti / bisa ikan asin apa saja sesuai keinginan
Bumbu-bumbu Sayur Asem Ikan Asin Dan Sambal :
  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 3 buah
  • Cabai merah besar 5 buah
  • 2 buah untuk sayur asam buang bijinya dan sisanya untuk sambal
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 1 ruas jari
  • Asam Jawa 1 ruas jari
  • Daun bawang 1 batang
  • Tomat 2 buah
  • Cabai rawit merah 10 buah
  • Gula merah
  • Gula putih, garam dan penyedap secukupnya
Cara membuat Sayur Asem Ikan Asin Dan Sambal :

Sayur Asem Ikan Asin Dan Sambal

Sayur Asem
  1. Cuci bersih kacang tanah lalu rendam dalam air panas
  2. Potong-potong kacang panjang, labu dan jagung, lalu cuci bersih
  3. Bersihkan melinjo dan cuci bersih
  4. Pilih dan cuci daun melinjo yang masih muda
  5. Iris tipis Bawang merah, bawang putih dan cabai merah besar tanpa biji
  6. Panaskan air dalam panci, masukkan kacang tanah yang sudah direndam
  7. Setelah mendidih masukan bawang merah dan cabai iris
  8. Masukkan daun salam dan lengkuas
  9. Biarkan sampai mengeluarkan aroma harum
  10. Masukkan sayuran yang sudah dipotong kecuali daun melinjo
  11. Jangan lupa masukkan asam jawa
  12. Gula merah dan sedikit gula putih untuk penyeimbang rasa
  13. Garam dan penyedap ( penyedap boleh di skip )
  14. Tunggu sampai semua sayuran layu
  15. Tes rasa
  16. Terakhir masukkan daun melinjo, daun bawang dan tomat yang sudah diiris
  17. Biarkan sampai matang sempurna
  18. Sayur asem siap dihidangkan
Ikan Asin :
  1. Rendam ikan asin pada air panas beberapa saat, lalu tiriskan
  2. Goreng ikan asin sampai kering

Sambal :

  1. Bawang putih 1 siung
  2. Bawang merah 3 buah
  3. Cabai rawit merah 10 buah
  4. Cabai merah besar 3 buah
  5. Tomat 1 buah
  6. Cuci bersih semua bumbu, lalu goreng dalam sedikit minyak sampai matang
  7. Pindahkan pada cobek lalu Uleg, tambahkan gula merah dan garam
  8. Tes rasa
  9. Boleh ditambahkan terasi jika suka ya

Sayur asem ini sudah siap dinikmati bersama keluarga tercinta.

Makanan jadul ini sangat sederhana, namun jangan salah bisa menghabiskan banyak nasi lho.

Demikianlah menu makanan untuk hari ini, semoga bisa menjadi inspirasi untuk para sahabat markas resep dan pecinta kuliner di manapun berada.

Memasak lah penuh cinta untuk keluarga kita semua. Dijamin bikin ketagihan dan makin betah di rumah.

Sampai jumpa pada resep masakan selanjutnya dari kami.

Categories
Resep Ceker Resep Masak Indonesia

Ceker Manja Sambal Kecombrang

Markas Resep – membahas kembali resep masak Ceker Manja Sambal Kecombrang untuk para pecinta sambal agar dapat mencoba juga rasa dari masakan ini.

Hai … hai … Apa kabar mama-mama muda, Sista-Sista yang cantik di seluruh Nusantara, semoga hari ini dalam keadaaan sehat, dan tetap semangat!

Jumpa lagi dengan Admin Oya di Markas Resep, Kumpulan Resep Masak Indonesia yang pastinya menggugah selera. Resep kali ini masih tetap menggunakan Ceker, tapi diolah dengan cara yang berbeda.
Ceker Manja dengan Sambal Kecombrang, duh namanya pakai manja segala, iya karena ceker ini kerasa lembut di mulut.

Hampir semua orang menyukai hidangan yang terbuat dari ayam. Dan semua bagian dari ayam bisa dikonsumsi, termasuk kaki ayam atau ceker ayam lho.

Baca juga resep masak indonesia dari admin vita :

Bagian yang satu ini biasanya diolah menjadi makanan seperti seblak, ayam kecap, sup, dibuat masakan pedas, dan berbagai hidangan lainnya yang tentunya itu tadi, menggugah selera.

Sebagian orang ada yang menyukai hidangan ceker ayam, termasuk Admin Oya, tapi sebagian lagi ada yang tidak menyukainya bahkan tidak pernah makannya, karena ceker ayam dianggap menjijikkan, bahkan ada yang bingung, apanya yang mau dimakan? Lha wong isinya tulang semua.

Mungkin kamu pernah mendengar mitos yang mengatakan bahwa ceker ayam baik dikonsumsi oleh anak kecil agar larinya sekencang angin hehehe.

Maka dari itu, jangan heran jika banyak orangtua yang memberi makan anaknya dengan ceker ayam.

Agar si anak bisa lari dengan kencang. Sebenarnya makan ceker bisa untuk kekebalan tubuh juga lho. Ini dia olahan Ceker yang rasanya nendang banget dilidah.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ceker Manja Sambal Kecombrang Antara Lain:
  • 1/2 kilo gram ceker
  • 1 bunga kecombrang
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 6 buah cabe rawit
  • 3 buah cabe merah
  • 2 batang daun bawang

Note : Garam, gula,kecap, merica bubuk secukupnya

Cara Membuat Ceker Manja Sambal Kecombrang;Ceker Manja Sambal Kecombrang 2
  1. Rebus ceker sampai kulitnya empuk.
  2. Tumis bumbu, sampai harum(seperti bawang merah, bawang putih,
  3. kemiri, vabe rawit dan cabe merah, dihaluskan)tambahkan air secukupnya.
  4. Iris kecombrang dan daun bawang lalu masukkan ke dalam wajan
  5. Kemudian masukan juga ceker ayam
  6. Tambahkan gula, garam, mrica, kecap aduk-aduk sampai bumbu meresap.
  7. Tes rasa angkat. Sajikan panas, hemmm sedap, lembutnya mantap.

Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Ayo buruan coba. Sekian resep dari Admin Oya, tunggu resep berikutnya ya. Bye … bye … Salam hangat.

Baca juga resep masakan Admin Aliz :

Categories
Resep Ati Ampla Resep Kentang Resep Masak Indonesia Resep Sambel

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Markas Resep – membagikan resep masak Sambal Goreng Kentang Ati Ampela yang mudah dibuat dengan bahan yang terbilang terjangkau.
Hallo … para sahabat markas resep, masak apa hari ini? Ketemu lagi sama Admin Vita, admin yang doyan makan, tapi doyan masak juga.
Pada kesempatan yang sangat berbahagia hari ini, ane mau masak sambal, sambal adalah masakan favorit ane.
Motto Admin Vita adalah apapun makanannya yang penting ada sambalnya.
Sambal yang akan dimasak hari ini adalah Sambal Goreng Kentang Ala Vita Arkana Dengan dipadukan dengan Ati Ampela.
Biasanya kita sering menjumpai sambal goreng kentang pada acara hajatan atau kendurian.
Akan tetapi tidak mungkin kan ya, menunggu ada acara dulu baru makan jenis sambal ini.
Baca juga Resep Masak Dari Admin Oya :
Atau harus ke rumah makan, kalau kita bisa membuatnya sendiri kenapa harus beli, ye kan. Prinsip ibu-ibu pada umumnya adalah kalau bisa lebih hemat mengapa harus boros.
Okelah, capcuz kita eksekusi Resep Masak Indonesia ini.
Bahan-bahan yang diperlukan Untuk Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela :
  • Kentang Dieng 1/2 kg
  • Ati ampela ayam 3 pasang
Bumbu yang diperlukan Untuk Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela :
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 10 butir
  • Cabai merah 10 buah
  • Cabai keriting merah 5 buah
  • Cabai rawit merah ( optional jika ingin pedas super hot )
  • Kemiri sangrai 4 buah
  • Santan instan 65 ml sebanyak 1 kemasan
  • Daun salam 5 lembar
  • Lengkuas 1 ruas jari
  • Gula, Garam dan penyedap sesuai selera
  • Serai 1 batang
Cara pembuatan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela :

"<yoastmark

– Kupas kentang lalu potong dadu kecil-kecil. Jangan lupa jika kentang sudah dalam kondisi dikupas selalu rendam dalam air bersih agar kentang selalu segar dan tidak berwarna kecoklatan
– Tiriskan kentang, lalu goreng hingga matang, tetapi jangan terlalu garing, ya
– Bersihkan ati ampela, cuci sampai benar-benar bersih dan tidak berbau
– Rebus ati ampela dengan sedikit garam, daun salam dan sereh
– Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri dan cabai sampai halus
– Geprek lengkuas dalam bumbu
– Tumis bumbu halus hingga harum
– Masukkan daun salam
– Tambahkan air matang 1 gelas
– Tunggu sampai mendidih tambahkan gula, garam dan penyedap sesuai selera
– Masukkan kentang yang sudah digoreng tersebut, aduk rata biarkan beberapa saat sampai air berkurang
– Masukkan ati ampela yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan berisi kentang tersebut
– Aduk rata kentang dengan ati ampela
– Masukkan santan instan yang sudah diencerkan dengan 1 gelas air hangat
– Aduk semuanya sampai tercampur rata
– Biarkan sampai air menyusut dan bumbu meresap
– Pastikan rasa sesuai dengan selera kita ya
– Matang dan sajikan untuk keluarga tercinta Anda
Note :
– Sambal Kentang yang matang sempurna adalah apabila bumbu meresap dan menempel pada kentang maupun ati ampela. Tidak ada lagi air yang tersisa pada masakan
– Jika sahabat ingin lebih sedap boleh ditambah petai untuk menambah citarasa
– Pada resep untuk cabai rawit merah adalah optional, karena ada beberapa orang yang kurang menyukai rasa pedas yang berlebihan.
Gimana nih sahabat markas, resep kali ini sepertinya menggoda selera kita ya. Silakan mencoba di rumah.
Baca juga Resep Masak Nasi goreng Admin Aliz :
Memasak makanan sendiri jauh lebih baik dan lebih sehat daripada beli diluaran. Bahan-bahan bisa kita pastikan kualitas dan kebersihannya.
Sekian resep masakan rumahan dari Admin Vita kali ini, sampai bertemu pada resep selanjutnya …. daadaaaahhh
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Nasi Goreng

Nasi Goreng Daun Bawang

Markas Resep – membagikan resep masak sederhana Nasi Goreng Daun Bawang yang dapat dibuat untuk sarapan ataupun untuk makanan keluarga tersayang.

Halo bunda dan para penyuka memasak. Libur sekolah bukan berarti libur memasak buat krucil-krucil tersayang, bunda masih tetap harus siaga di dapur, kesempatan membuat masakan spesial di pagi hari tanpa harus terburu-buru.

Ayo membuat nasi goreng buat sarapan dikala libur panjang. Siapa yang suka nasi goreng?

Nasi goreng tentu bukan asing lagi buat kita ya. Tapi biasanya kan kita membeli yang lewat depan rumah atau di kaki lima bukan?

Saat liburan panjang kali ini tentu anak-anak meminta bunda atau ayahnya memasak yang lezat, nah ini ada resep yang bisa menambah daftar masakan anda untuk sajian keluarga atau ketika ada tamu bertandang. Nasi Goreng Buatan Admin Aliz. Tak kalah sedapnya dengan yang lewat.

Ayo kita coba, ini resep nasi goreng daun bawangnya pemirsa.

Bahan Untuk Membuat Nasi Goreng Daun Bawang :
  • Sepiring Nasi yang dingin ya.
  • 1 butir Telur
  • Sedikit sayur sawi atau kubis
  • 1 buah Sosis potong kecil kecil
Bumbu-Bumbu Untuk Membuat Nasi Goreng Daun Bawang:
  • 2 Bawang merah
  • Satu siung Bawang putih
  • Daun bawang dirajang
  • 1 sdt Kecap
  • 1 sdt saos sambal
  • Sejumput Merica/lada
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat Nasi Goreng Daun Bawang :
Nasi Goreng Daun Bawang
Nasi Goreng Daun Bawang
  1. Siapkan nasi dan bumbu-bumbu
  2. Haluskan Bawang merah dan bawang putih,
  3. masukkan dalam wajan yang sudah diberi sedikit minyak goreng dan minyak wijen lalu ditumis hingga harum
  4. Tuang kecap, dan sedikit garam agar aromanya dapat, sambil terus diaduk
  5. Masukkan kocokan telur, dioseng
  6. Masukkan saos sambal dan merica/lada
  7. Masukkan nasi, tambahkan sedikit garam lagi
    Aduk hingga bumbu merata
  8. Terakhir masukkan irisan sosis, daun bawang dan sayuran.
    Aduk rata, sesudah matang tuang pada piring lalu sajikan.
    Tambahkan kerupuk kecil-kecil pasti suka.

Pastikan juga pengunjung selalu mencari resep masakan indonesia bersama website kami, juga karena selain mudah disajikan soal rasa pastinya tidak akan kalah enaknya dengan restoran berbintang diluaran.

Baca juga Resep Masakan Admin Vita :

Dan juga Resep Masak Admin Tri :

Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Bacem Bakar Enak

Markas Resep – memberikan resep masak Ayam Bacem Bakar Enak untuk para bunda dan juga para pembaca setia website ini semoga dapat membantu.
Hallow … Sahabat markas resep, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia. Aamiin.
Admin Vita datang bawa yang enak-enak nih. Nah kali ini, admin Vita mau masak ayam.
Tentunya hampir semua kalangan suka dengan bahan makanan ayam.
Selain mudah diperoleh, ayam juga termasuk gampang untuk diolah menjadi berbagai masakan.
Baca juga Resep Masak Ayam :
Akan tetapi, terkadang saat kita memasak, daging ayam justru menjadi keras, liat dan berserat sehingga kurang nikmat disantap dan bumbu juga kurang meresap.
Dalam ulasan resep kali ini, admin Vita akan sedikit memberikan tips agar ayam yang dimasak menjadi empuk, tidak terlalu berserat dan bumbu lebih meresap.
Resep kali ini adalah Ayam Bacem Bakar.
Bahan-bahan yang diperlukan Untuk membuat Ayam Bacem Bakar Enak :
– 1 ekor ayam TG, potong 6 bagian (tanpa kepala dan ceker)
– Bawang merah 8 butir
– Bawang putih 5 siung
– Kemiri 4 butir
– Ketumbar setengah sendok teh
– Daun salam 5 lembar
– Lengkuas 2 ruas jari
– Gula merah 2 gundu ukuran kecil
– Air kelapa dari 1 butir kelapa
– Mentega dan kecap manis secukupnya
Peralatan Tambahan Untuk membuat Ayam Bacem Bakar Enak :
– Pembakaran atau panggangan yang biasa untuk diatas kompor
Cara Membuat Ayam Bacem Bakar Enak :
Ayam Bacem Bakar Enak
Ayam Bacem Bakar Enak
– Bersihkan ayam yang sudah dipotong-potong. Tiriskan sampai tidak mengandung air. Nah, ini salah satu tips-nya. Masak ayam dalam kondisi kering, sehingga hasil masakan ayam tidak berserat besar-besar dan liat.
– Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan sejumput ketumbar.
– Tambahkan gula merah dan garam secukupnya
– Geprek lengkuas pada bumbu, serta tambahkan daun salam
– Setelah bumbu halus, pindahkan bumbu ke dalam baskom
– Campurkan bumbu dengan ayam hingga semua ayam terlumuri dengan bumbu
– Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap. Biasanya sekitar 15 – 20 menit.
– Setelah bumbu meresap, masukkan ke dalam wajan lalu tambahan air kelapa
– Panaskan wajan dan tambahkan setengah gelas air.
– Biarkan sampai mendidih dengan api kecil supaya bumbu benar-benar meresap.
– Jangan lupa tes rasa.
– Biarkan sampai air menyusut dan bumbu meresap.
– Angkat sisihkan. Biarkan dingin terlebih dahulu.
– Siapkan pembakaran diatas kompor. Tunggu sampai panas
– Sambil menunggu pembakaran panas, siapkan dalam wadah, mentega yang dicampur kecap manis untuk olesan ayam
– Bakar ayam diatas pembakaran sesekali oleskan mentega dengan kecap.
– Bolak-balik sampai ayam berubah warna kecoklatan dan matang sempurna
– Perhatian ayam ya sahabat, jangan sampai gosong karena ayam bacem ini mudah sekali gosong jika terlalu lama dibakar.
– Lakukan sampai seluruh ayam dibakar
– Siap disajikan
Ayam Bacem Bakar ini sangat cocok apabila dipasangkan dengan sambal dan lalapan. Sahabat bisa membuat sambal terasi ataupun sambal tomat untuk menambah nikmat kuliner satu ini.
Lalapan pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Akan tetapi pada umumnya sayuran seperti mentimun, selada bokor maupun daun kemangi adalah pasangan untuk sambal apelengkap Ayam Bacem Bakar ini.
Admin sengaja memakai ayam TG karena tekstur ayam TG lebih padat dan rendah lemak atau gajih daripada ayam potong biasanya.
Jika sahabat markas resep memakai ayam potong biasa maupun ayam kampung tidak masalah hanya saja nanti pada proses perendaman bumbu sedikit lebih lama.
Penggunaan air kelapa adalah untuk melunakkan daging serta menambah citarasa gurih pada ayam.
Untuk jumlah potongan ayam bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya, karena ada beberapa yang lebih suka jika potongan ayam lebih besar maupun lebih kecil.
Suka-suka sahabat markas aja, yang penting dalam memasak adalah masaklah dalam kondisi happy dan penuh cinta.
Baca juga Berbagai Resep Masak Indonesia lainya :
Oke, sahabat markas, selamat memasak penuh cinta untuk keluarga tersayang. Sampai ketemu di resep masakan rumahan berikutnya dari admin Vita.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Seblak

Seblak Ceker Meler

Markas Resep – membagikan cara membuat Seblak Ceker Meler yang dapat disimpan sebagai resep masakan indonesia yang cukup kekinian dan menggugah selera.

Hallo Bunda-bunda dan Sista-Sista cantik di seluruh Nusantara, apa kabarnya hari ini, masih tetap semangat ‘kan? Semangat untuk menghadapi pergantian tahun.

Kangen dengan resep Bunda Oya? Nggak usah khawatir Bunda Oya akan selalu setia menyapa dengan resep-resep pilihan yang oke dan mudah untuk dieksekusi.

Bicara musim dingin, bulan-bulan Desember diwarnai dengan guyuran hujan hampir setiap sore.

Nah kalau hujan-hujan gini males banget buat keluar rumah, tapi kita pengen menikmati kuliner yang panas-panas, pedes-pedes dan tentunya mengenyangkan.

Pilihan Bunda Oya, jatuh pada SEBLAK, wah anak muda banget nih! Emang, karena seblak identik dengan anak muda yang pedasnya nendang gitu.

Ayuk penggemar pedas, silakan merapat. Cap cus langsung ke lokasi hehehe.

Bahan Yang diperlukan untuk membuat Seblak Ceker Meler :
  • 1/2 kg ceker ayam, cuci bersih, ungkep dengan bumbu hingga lunak
  • 4 butir bakso sayur (beli aja di tukang sayur)
  • 2 buah sosis ayam
  • 1 ikat kecil sayur cesyien, atau bisa menggunakan kool
  • 12 buah cabe keriting, rebus,tiriskan
  • 12 buah rawit merah/cabe setan.
  • 6 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 ruas kencur
  • 200 mili air
  • Garam, gula pasir secukupnya
  • Kerupuk pangsit sebagai pelengkap.
Cara membuat Seblak Ceker Meler adalah sebagai berikut;
Seblak Ceker Meler
Seblak Ceker Meler

– Bumbu, haluskan cabai merah dan cabai rawit serta bawang merah, bawang putih dan kencur.

– Ungkep ceker sampai empuk (dengan bumbu 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, merica, kecap daun salam, laos dan sereh tambahkan garam dan gula pasir, ungkep sampai airnya habis dan bumbu meresap)

-Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukan sayur , sosis dan bakso yang sudah diiris kecil-kecil, daun bawang sampai layu, tambahkan air, masukan ceker aduk-aduk bentar tambahkan garam dan gula pasir.

-Tes rasa, angkat. Tambahin kerupuk pangsit sebagai pelengkap.

Baca juga Resep Masak Indonesia Lainnya :

Gimana mudah bukan cara membuatnya, tunggu apalagi ayo cap cus langsung dieksekusi. Udah dulu ya, sampai jumpa di resep selanjutnya.

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Karedok Sayuran

Markas Resep – menghadirkan resep masak Karedok Sayuran yang dapat dibuat diberbagai kondisi yang pastinya dengan cara sederhana dan bahan dasar yang mudah.

Hallo …. sahabat markas resep, jumpa dengan Bunda Vita, admin yang doyan makan tapi doyan masaknya juga pastinya. Gimana kabar hari ini, pastinya sahabat semua dalam keadaan sehat dan bahagia.

Kali ini admin mau masak aneka sayuran segar yang sangat enak dan nikmat. Siapa sih yang ga suka sayuran, semuanya enak dan nikmat, apalagi jika diolah dengan tepat.

Bagi sebagian orang, memakan sayuran adalah hal yang biasa. Sayuran segar sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dalam setiap sayuran mengandung komposisi gizi yang seimbang. Sayuran biasa diolah dengan cara ditumis, direbus atau bisa juga dikonsumsi mentah sebagai lalaban pasangan sambal.

Aneka sayuran juga sangat baik untuk yang sedang diet, kandungan nutrisi yang rendah karbohidrat dan rendah lemak serta tinggi serat sangat menunjang program diem.

Sayangnya banyak dari kita yang enggan mengkonsumsinya. Padahal sejuta manfaat bisa didapatkan dari mengkonsumsi sayuran. Enaknya jelas dapat, manfaat kesehatan juga dapat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Karedok Sayuran :
Karedok Sayur
Karedok Sayur
Sayuran yang diperlukan :

– Kacang panjang segar dan masih muda sebanyak 100 gram
– Terong bulat sebanyak 3 butir
– Mentimun 1 buah
– Tauge 50 gram
– Kol 50 gram
– Daun kemangi 1 ikat dan siangi dari batangnya
– Leunca sesuai selera. Untuk sayuran leunca sangat optional ya, sahabat. Karena tidak semua orang menyukai jenis sayuran ini.

Bahan Pelengkap :

– Bawang goreng 1 sendok makan
– Kerupuk bawang secukupnya

Bumbu-bumbu :
  • Bawang putih 2 siung
  • Kencur 2 ruas
  • Cabai rawit merah sesuai selera
  • Gula merah 1 gundu atau 50 gram
  • Kacang tanah goreng 100 gram
  • Terasi 1 cm bila suka
  • Kentang kecil yang sudah direbus 3 butir
  • Garam dan penyedap secukupnya
Cara membuat Karedok Sayuran:

– Cuci bersih semua sayuran, tiriskan sampai airnya tidak menetes
– Siapkan cobek untuk menguleg bumbu
– Uleg bawang putih, kencur, cabai rawit merah, terasi jika suka sampai halus, lalu masukkan kacang tanah goreng, uleg lagi
– Lalu gula merah dan terakhir kentang kecil rebus
– Sesudah semua tercampur rata, beri sedikit air matang, ratakan.
– Lalu masukkan kacang panjang yang sudah dipotong kecil sekitar setengah cm
– Tumbuk kacang panjang tersebut pada bumbu, tidak perlu sampai halus yang penting hancur aja ya.
– Lalu masukan terong bulat yang sudah dicacah
– Masukkan kol, taoge, mentimun yang dipotong kecil-kecil dan daun kemangi
-Aduk semua bahan dengan bumbu sampai semuanya tercampur rata.
– Pindahkan pada piring saji
– Jangan lupa taburi bawang goreng dan kerupuk yang sudah dihancurkan terlebih dahulu.
– Sajikan

note : untuk kentang rebus bisa diganti dengan tempe yang digoreng tidak terlalu kering tanpa bumbu. Untuk sebagian daerah penggunaan tempe dapat menambah citarasa, lebih sedap dan nikmat. Akan tetapi pada umumnya yang biasa digunakan adalah kentang kecil rebus.

Kegunaan kentang rebus adalah untuk mengikat bumbu sehingga menyatu dengan sayuran. Demikian pula jika diganti dengan tempe.

Karedok Sayuran siap dinikmati, paling enak pada saat cuaca panas membara.

Kombinasi segarnya sayuran, pedasnya cabai rawit dan gurihnya kerupuk bersatu menjadi citarasa yang luar biasa.

Terkadang makanan ini ditemani dengan lontong atau nasi hangat. Wuiiihhh benar-benar nikmat tiada tara.

Makanan tradisional ini sangat cocok untuk anda para penggemar sayuran dan vegetarian, untuk yang diet protein hewani juga cocok.

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk teman makan siang anda.

Baca juga Resep Masak Indonesia :

Selamat mencoba dan tunggu resep masakan rumahan selanjutnya dari Admin Vita. Papaaayyyy ….

Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Ikan Cui Asam Manis

Markas Resep – kali ini mencoba membagikan resep masak Ikan Cui Asam Manis pastinya untuk bahan dan cara pembuatannya akan dihadirkan juga yuk disimak.
Hai … hai Mama-mama muda,  Sista-sista di seluruh Nusantara. Apa kabarnya hari ini? Semoga aja tetep sehat menemani keluarga tercinta.
Jumpa kembali dengan Bunda Oya, yang selalu menghadirkan resep Nusantara dengan cara yang mudah.
Jadi untuk yang mau mencoba masak jangan takut nggak bisa, singkirkan rasa malas, hadirkan menu berganti-ganti di rumah, biar suami dan anak-anak senang dan gembira tentunya.
Untuk resep kali ini Bunda akan mengolah Ikan, ikan yang Bunda olah kali ini adalah ikan cui, boleh juga ikan layang. Tapi yang sudah dipindang atau direbus dengan bumbu-bumbu. Di pasar-pasar tradisional biasanya banyak dijual.
Mengkonsumsi ikan laut bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi hal umum, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang daerah pesisir pantai.
Selain memiliki rasa yang lezat, ikan laut juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan laut ini sangat baik dikonsumsi anak-anak.
Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan protein, mineral, dan lemak sehat.
Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K yang sangat dibutuhkan tubuh.
Meski kini suplemen asam lemak omega-3 sudah banyak dijual bebas, tapi Anda tetap disarankan untuk memperolehnya langsung dari makanan, termasuk dari ikan laut.

Berikut olahan ikan yang pasti bikin makan nambah lagi dan nambah lagi.

Ikan Cui Asam Manis
Ikan Cui Asam Manis
Bahan yang diperlukan untuk memasak Ikan Cui Asam Manis antara lain;
1. Sepuluh ikan pindang cui
2. Minyak untuk menggoreng
3. Tiga lembar daun salam
4. Satu batang serai memarkan
5. 4 buah belimbing wuluh
6. 3 buah Cabe merah
7. 4 buah cabe rawit
8. 2 daun bawang
9. 2 buah tomat
10.Garam dan gula pasir secukupnya.
Bumbu untuk memasak Ikan Cui Asam Manis dihaluskan:
1. 4 siung bawang merah
2. 4 siung bawang putih
3. Cabe rawit dan cabe merah.
Cara Membuat Ikan Cui Asam manis adalah sebagai berikut;
Goreng ikan pindang, tumis bumbu sampai harum, masukan daun salam, serei geprek, daun bawang dan belimbing wuluh, cabe rawit dan cabe merah yang diiris, tambahkan air gula dan garam secukupnya, tunggu beberapa saat biar bumbu meresap.
Tes rasa, lalu angkat. Sajikan dengan nasi hangat, hmmm sedapnya.
Baca juga :
Udah dulu ya resep dari Bunda Oya, sampai jumpa di resep selanjutnya. Mari belajar memasak. Oke!
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sambel

Sambel Teri Rumahan

Markas Resep – memberikan inovasi terbaru untuk Resep Masak Sambel Teri yang dituliskan langsung oleh ahlinya dalam membuat makanan yang disukai keluarga.

Hello Gaes, how are you today? Semoga se

Resep Masak Sambel Teri
Resep Masak Sambel Teri

muanya dalam keadaan sehat, aamiin.

Sekarang ini mulai memasuki musim penghujan bawaannya malas ngapa-ngapain.

Mau kemana-mana juga malas, tapi kalau urusan perut kayaknya ga ada ceritanya orang malas makan deh, ya. Apalagi cuaca dingin gini nih, bawaannya pengen makan melulu. Mulut ga bisa berhenti ngunyah.

Terkadang kita malas memasak karena ribet dan rempong ya, gaes. Tetapi sekarang udah ga jaman deh yang ribet-ribet gitu.

Memasak sesuatu yang praktis, simpel namun enak. Sambal adalah salah satu contohnya.

Sambal juga menjadi menu makanan yang enak dan untuk beberapa tempat menjadi menu wajib.

Bahkan sekarang ini, aneka jenis sambal banyak ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan toples kecil.

Harganya pun sebenarnya terjangkau meski dengan kemasan yang kecil.

Namun, jika bisa membuat sendiri, mengapa harus membeli, ye kan. Bagi ibu-ibu bekerja pun dapat membuat sambal ini untuk stok sehari-hari di rumah.

Aneka jenis bahan makanan bisa diolah menjadi sambal, asal diolah dengan tepat dan nyambung dengan bumbu sambal. Salah satu bahan yang bisa diolah menjadi sambal adalah ikan teri.

Ikan teri adalah salah satu jenis ikan air laut yang mempunyai segudang nilai gizi. Meskipun bentuknya mini, namun jangan salah Gaes, ikan teri mempunya manfaat yang sangat besar.

Berikut ini adalah manfaat kandungan ikan teri :

1. Kaya asam lemak omega 3 untuk kesehatan jantung dan fungsi otak
2. Sumber protein untuk otot dan jaringan tubuh
3. Mengandung kalsium untuk tulang
4. Rendah merkuri dibandingkan seafood lainnya

Ikan teri sangat tepat diolah menjadi sambal. Jika kita mengkonsumsinya, dapat double manfaat yaitu nilai gizi untuk tubuh dan enaknya dapat. Melihat segudang manfaat ikan teri, maka kali ini dibagikan Resep Masak Sambal Teri yang istimewa, rasa nampol dan nendang dilidah, dijamin bikin ketagihan.

Bahan Resep Masak Sambel Teri Rumahan :
  • Teri Medan kering 50 gram, cuci bersih
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 7 butir
  • Cabe merah keriting 10 buah
  • Cabe rawit merah 10 buah
  • Tomat 1 buah ukuran sedang
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Gula, garam dan penyedap secukupnya
Cara Membuat Resep Masak Sambel Teri Rumahan:

– Goreng Teri Medan sampai kering, jangan terlalu gosong. Sisihkan
– Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk
– Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan daun jeruk
– Tambahkan gula, garam dan penyedap ( jika suka )
– Beri air setengah gelas, masak sampai harum dan air menyusut. Tes rasa.
– Terakhir masukkan ikan teri, aduk-aduk sampai bumbu rata dan meresap pada ikan teri, tunggu sampai matang dan aroma sambal harum
– Sajikan

Jika Anda menyukai bahan makanan seperti petai, bisa ditambahkan pada sambal ini, sensasi rasanya semakin enak dan sedap.

Namun, sambal tidak bisa disimpan agak lama apabila ditambahkan petai. Sehingga untuk yang berniat menyimpan Sambal Teri ini disarankan tidak menambahkan petai.

Sambal Teri ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Dijamin bikin nambah nasi terus.

Jika Anda tidak langsung menghabiskan sambal ini sekaligus, masukkan ke dalam toples kaca atau wadah kedap udara. Pastikan tutup rapat dan disimpan dalam kulkas.

Resep Masak Sambal Teri ini bisa menghasilkan sambal teri yang dapat bertahan sampai 1 minggu jika penyimpanannya tepat.

Anda juga dapat membuat sambal ini dengan 2x resep untuk stok sehari-hari di rumah.

Baca juga Resep Masak Ayam :

Cukup sekian, resep masakan dari Admin, selamat mencoba dan berkreasi dengan bahan makanan. Semoga bermanfaat …