Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Urap Daun Kenikir

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana yakni Urap Daun Kenikir bagi yang belum pernah mendengar atau penasaran dengan resepnya yuk disimak.

Hallo … Hai Sahabat Markas Resep di manapun berada, apa kabarnya hari ini, semoga dalam keadaan sehat selalu senantiasa bahagia.

Baca Juga Resep Lainnya :

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang kali ini akan menghadirkan kuliner berbahan dasar sayur daun kenikir. Siapa nih yang suka hijaunya dedaunan, nah urap yang satu ini cocok banget, apalagi bagi vegetarian.

Sayur kenikir ini banyak sekali lho manfaatnya, dan perlu Sahabat Markas Resep ketahui Apa saja ya, manfaat daun kenikir itu?

  • Kaya antioksidan
  • Mencegah penyakit hipertensi.
  • Menurunkan risiko penyakit diabetes.
  • Mencegah Osteoporosis.
  • Obat Maag dan lemah lambung.
  • Obat lemah Jantung.
  • Obat kanker.

Luar biasa bukan manfaatnya. Tentunya Sahabat Markas Resep penasaran dong, dengan urap daun kenikir. Ayuk langsung cap cus aja.

Cara membuat urap daun kenikir adalah sebagai berikut;
  • 1 ikat daun kenikir segar
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe merah
  • 1 iris trasi udang
  • Seperempat kelapa parut
  • Gula merah secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuatnya adalah sebagai berikut;Urap Daun Kenikir
  1. Rebus daun kenikir angkat tiriskan
  2. Goreng bumbu-bumbu di atas angkat tiriskan
  3. Uleg semua bumbu tambahkan garam, gula merah dan gula pasir
  4. Taruh dalam baskom daun kenikir yang sudah direbus
  5. Urap dengan kelapa dan tambahkan sambal.
  6. Tes rasa dan siap dihidangkan

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, ayo buruan eksekusi. Udah tahu manfaatnya ‘kan? Sedap sekali urap daun kenikir ini.

Baca juga Resep Masak Yang Ini :

Mudah bukan cara pembuatan dan juga bahan yang harus disediakan? Meskipun mungkin bahan dasar seperti daun kenikir memiliki nama lain tapi dicoba saja untuk dicari.

Sampai jumpa lagi di resep selanjutnya, tetap bersama Admin Oya, salam hangat untuk keluarga tercinta, jangan lupa mari mengkonsumsi sayuran biar badan sehat walafiat. Terima kasih.

Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Usus Ayam Krispi

Markas Resep – hadir dengan resep masakan indonesia yaitu Usus Ayam Krispi yang pastinya digemari oleh semua kalangan khususnya anak-anak.
Hai … hai … Jumpa lagi sama Admin Vita, kali ini kembali datang memberikan resep seputar cemilan yang sederhana dan sering dijumpai di pinggir jalan.
Daripada membeli yang tak tahu kehigienisannya, lebih baik bikin sendiri.
Sahabat, pasti hafal dengan bahan makanan usus ayam. Kedengarannya agak ekstrim, karena termasuk dalam golongan makanan jeroan.
Bentuknya yang panjang dan bergelombang terlihat menyeramkan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Tetapi jangan salah sahabat, dibalik tampilan fisiknya yang seperti itu, ada rasa lezat dan nikmat di dalamnya.
Untuk mengolah usus ayam, harus extra hati-hati dan teliti, agar didapat usus ayam yang bersih, higienis dan siap diolah.
Usus ayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi dan beberapa vitamin. Rasa gurih dan lezat yang ada pada usus, memang membuat ketagihan.
Namun, kita harus ingat juga apapun jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif untuk tubuh. Oleh karena itu, batasi memakan bahan makanan jeroan.
Bahan makanan ini, dapat diolah dengan berbagai jenis, seperti di goreng, ditumis, disate, ataupun di pepes. Semuanya enak dan lezat jika dipadukan dengan aneka bumbu.
Namun untuk kali ini, Admin Vita hendak membuat Usus Ayam Krispi. Hhmmmm … terdengar lezat dan renyah ya, ayo kita mulai eksekusi ….
Bahan-bahan :
  • Usus ayam yang sudah dibersihkan, dan di rebus 250 gram
  • Tepung bumbu 1 bungkus
  • Tepung terigu 100 gram
  • Bawang putih cincang 2 siung
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Daun salam 5 lembar
  • Serai 1 batang, geprek
  • Garam secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Saus sambal atau saus tomat sebagai cocolan
  • Bumbu tabur siap saji
Cara Pembuatan :Usus Ayam Krispi
  1. Cuci kembali usus yang ada dengan air mengalir, lalu potong-potong dengan ukuran 10 cm agar mudah diolah
  2. Rebus kembali usus tadi dengan ditambahkan 5 lembar daun salam dan serai
  3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan
  4. Marinasi usus dengan bawang putih cincang, lada bubuk dan garam, Biarkan beberapa saat
  5. Siapkan wadah kering, masukkan tepung bumbu ke dalam wadah dan tambahkan tepung terigu, beri sejumput lada bubuk dan garam, aduk merata
  6. Ambil 1 sendok tepung masukkan pada mangkuk dan beri 4 sendok air matang, aduk hingga tepung larut
  7. Ambil segenggam usus masukkan ke dalam larutan tepung, lalu masukkan ke dalam adonan tepung kering, aduk sambil diremas di dalam tepung kering
  8. Ulangi langkah ini untuk mendapatkan tepung yang lebih tebal dan lebih krispi
  9. Siapkan wajan berisi minyak untuk menggoreng
  10. Goreng usus yang sudah dilumuri tepung tadi ke dalam minyak panas, namun dengan api kecil agar usus matang sempurna
  11. Usahakan usus tercelup semua ke dalam minyak
  12. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Alasi dengan tisu agar minyak terserap
  13. Lakukan hingga usus habis
Sajikan usus ayam krispi dengan cocolan saus tomat atau saus sambal. Enak juga jika ditaburi dengan bumbu tabur.
Sangat mudah membuat usus ayam krispi. Hanya butuh kesabaran saat menggorengnya, tapi jika hasilnya memuaskan semuanya akan terbayar deh.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Nah, bagaimana resep kita hari ini? Berniat mencoba kan, semoga resep ini menginspirasi sahabat untuk berkreasi dalam mengolah bahan makanan yang tidak biasa.Terimakasih
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Botok Simbukan

Markas Resep – kesempatan ini membagikan resep masak sederhana yakni Botok Simbukan buat yang sedang mencari resep ini langsung dibaca ya.
Nah orang Jawa Timur kesukaannya masakan ini untuk teman makan nasi atau digado begitu saja,  bagaimana dengan daerah lain?  Apa namanya?
Olahan makanan ini dibungkus daun pisang loh kalau tidak dibungkus daun pisang disebut oblok-oblok.
Untuk membuat botok ini tidak sulit.
Baca Juga Resep Lainnya :
Nah tentang simbukan ini apa? Simbukan ini tanaman yang menjalar,  termasuk juga sebagai tanaman obat-obatan,  jaman dulu bila bayi kembung maka perutnya ditempeli dengan daun simbukan yang sudah diberi minyak kayu putih pada permukaannya.
Simbukan hanya enak diolah menjadi botok,  tentu bisa juga dicampur dengan bahan lainnya. Ayo langsung saja ya
Bahan untuk membuat Botok Simbukan
  • 50 gram daun simbukan
  • 1 kotak tahu putih
  • 250 gram kelapa muda parut
Bumbu  Halus
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 buah cabe merah besar
  • 1 cm kencur
  • 1/2 cm kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • Garam,  gula halus secukupnya
  • 5 cabe rawit
Bahan lain
  • Tomat
  • Beberapa lembar daun pisang
  • Tusuk gigi
Cara Membuat Botok Simbukan sebagai berikutBotok Simbukan
  1. Haluskan semua bahan bumbu halus, boleh diuleg bisa juga diblender. Untuk cabe bisa rajang juga bisa dihaluskan.
  2. Campurkan kelapa muda parut dengan bumbu
  3. Rajang halus daun simbukan setelah disiangi,  campurkan pada bumbu halus
  4. Hancurkan tahu putih dengan garpu atau ulegkan,  juga campurkan dalam bumbu
  5. Aduk semua sampai tercampur rata
  6. Siapkan daun pisang yang sudah dipotong
  7. Ambil 2-3 sendok makan campuran botok,  letakkan pada daun pisang,  bungkus dan sematkan dengan tusuk  gigi.  Lakukan hingga bahan habis.
  8. Siapkan kukusan,  bila sudah panas airnya,  masukkan tata botok dalam kukusan.  Masak hingga matang
Nah pecinta kuliner yang berbahagia terutama sahabat Markas Resep, makan yuk dengan masakan Indonesia tentunya.
Ingat bangsa Indonesia mempunyai beribu masakan khas di tiap daerah.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Kenalkan pada generasi milenia. Bahwa makanan khas ini sangat lezat. Untuk acara ngopi bersama pun bisa loh.
Ayo kembali ke masakan kita,  masakan Indonesia.
Categories
Resep Burung Resep Masak Indonesia

Opor Merah Burung Puyuh

Markas Resep – menghadirkan kembali resep masakan sederhana yakni Opor Merah Burung Puyuh bagi yang penasran mari disimak.
Hai … Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di mana saja berada, semoga dalam keadaan sehat bahagia selamanya.
Jumpa kembali dengan Admin Oya yang akan menghadirkan resep yang tentu saja mudah dieksekusi. Resep kali ini akan menghadirkan Opor Merah Burung Puyuh.
Baca Juga Resep Lainnya :
Burung puyuh yang biasanya sudah tidak produktif, maka aka dijadikan berbagai hidangan, mulai dari burung puyuh goreng, burung puyuh bakar, burung puyuh asam manis.
Nah kali ini Admin Oya ingin memasak dalam bentuk opor, di mana opor ini menggunakan cabe merah, gimana penasaran yuk langsung cap cus.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Opor Merah burung puyuh adalah sebagai berikut;
  • 3 ekor burung puyuh, biasanya di pada ada yang menjual sudah dalam bentuk ungkep.
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 3 buah cabe merah
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1 batang serai geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 1 ruas jari jahe geprek
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 bungkus santan kara ukuran kecil
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya
Cara memasak Opor Merah Burung puyuh adalah sebagai berikut; Opor Merah Burung Puyuh
  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum.
  2. Masukan jahe, salam, lengkuas, sereh dan daun jeruk.
  3. Tambahkan santan
  4. Masukkan burung puyuh yang sudah diungkap
  5. Tambahkan gula dan garam secukupnya
  6. Tes rasa dan siap untuk disajikan dengan nasi hangat. Hmmm yumy deh pokoknya, bikin makan pingin nambah lagi dan nambah lagi.
Bagaimana Sahabat Markas Resep, mudah bukan cara membuatnya, nah tunggu apalagi, ayo buruan eksekusi.
Resep makanan oper ini siap menemani makan Sahabat  Markas Resep makan bersama keluarga.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Okey sampai jumpa dengan Admin Oya di Markas Resep, dengan resep-resep yang lainnya yang tentu saja mudah cara membuatnya. Salam hangat untuk keluarga tercinta.
Bye …  Bye …
Categories
Resep Bihun Resep Masak Indonesia

Lumpia Isi Bihun

Markas Resep – hadir kembali memberikan resep masakan indonesia yaitu Lumpia Isi Bihun jika binggung langsung tanya pada kolom komentar ya.
Halo, sahabat markas resep, jumpa lagi dengan Admin Vita. Kali ini, kita akan membuat cemilan berat buat keluarga tercinta.
Membuat cemilan di rumah sebenarnya sangat mudah, apalagi yang berbentuk gorengan. Selain lebih enak, kebersihan dan kualitasnya jelas terjamin.
Apalagi sekarang ini, banyak cerita tentang cemilan gorengan yang beredar, mulai dari minyak yang dicampur plastik agar tetap renyah, minyak dicampur oli untuk menekan biaya produksi, ih serem deh.
Daripada kita parno sendiri, ada baiknya kita membuat cemilan gorengan di rumah.
Baca Juga Resep Lainnya :
Resep kali ini adalah Lumpia Isi Bihun. Pembuatnya tidak terlalu sulit, hanya saja perlu sedikit ketelatenan dan kesabaran saat melipat kulit lumpianya.
Kandungan gizi yang didapat juga banyak, adanya campuran wortel di dalam bihun, menambah nutrisi dalam cemilan ini.
Oke, tak perlu berpanjang lebar, ayo kita capcus mulai memasak. Yuks ….
Bahan-bahan :
  • Kulit lumpia 12 lembar
  • Bihun jagung 1 bungkus
  • Wortel 1 batang, kupas dan potong kotak kecil-kecil
  • Daun bawang 1 batang
  • Bawang putih 3 siungs
  • Bawang merah 4 buah
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Gula dan garam secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Saus sambal / saus tomat untuk cocolan
  • Cabai rawit hijau
Cara Pembuatan :Lumpia Isi Bihun
  1. Pisah-pisahkan kulit lumpia agar tidak saling menempel satu dengan yang lain
  2. Rendam Bihun dalam air mendidih sampai lunak lalu tiriskan, jangan terlalu lama merendam nanti bihun cepat hancur
  3. Potong-potong bihun agar saat dibungkus dengan kulit lumpia tidak susah
  4. Iris halus bawang merah dan bawang putih
  5. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu tambahkan lada bubuk aduk rata
  6. Tambahkan garam dan gula, aduk lagi dan beri sedikit air untuk mematangkan bumbu
  7. Jangan lupa tes rasa
  8. Masukkan wortel ke dalam tumisan bumbu, aduk rata, tunggu sampai wortel mulai matang
  9. Tambahan daun bawang yang sudah diiris
  10. Lalu masukkan bihun yang sudah diseduh tadi. Aduk dengan cepat agar bumbu tercampur rata dengan bihun dan wortel.
  11. Biarkan sampai bumbu merata, meresap dan matang. angkat dan biarkan sampai uap panasnya hilang
  12. Siapkan kulit lumpia, beri satu sendok makan penuh bihun tadi, lalu gulung dan lipat memanjang seperti membuat risoles
  13. Untuk merekatkan kulit lumpia cukup menggunakan air putih matang yang dioles pada ujung kulit lumpia saat lipatan terakhir
  14. Lakukan hingga semua isi dan kulit habis
  15. Siapkan minyak agak banyak agar saat menggoreng, seluruh bagian lumpia tercelup ke dalam minyak
  16. Goreng lumpia yang sudah jadi tadi dengan api kecil, hati-hati jangan sampai gosong ya, karena kulit lumpia cepat sekali matang, balik segera jika lumpia sudah mulai menguning
  17. Sesudah matang, tiriskan dengan posisi berdiri
  18. Tunggu agak dingin dan minyak tidak menetes
  19. Lumpia isi bihun sederhana siap disantap dengan cocolan saus sambal ataupun cabai rawit hijau
Sahabat, membuat cemilan sederhana seperti Lumpia Isi Bihun ini, dapat juga dijadikan sajian saat acara keluarga seperti arisan lho, rasanya yang enak dan kulitnya yang gurih menambah nikmat menyantapnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sangat cocok sebagai teman minum teh di rumah. Sahabat, selamat mencoba resep ini, semoga menginspirasi dan tetap bahagia dan sehat, ya. Terimakasih
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tempe

Tempe Bacem

Markas Resep – kembali membahas resep masakan indonesia yang paling digemari yaitu Tempe Bacem apa ini favorit juga untuk kalian.
Halo sahabat Markas Resep Hari ini admin dibelikan tempe banyak sekali,  waduh. Bukannya seneng tapi bingung,  kalau tahu disimpen lama di kulkas masih mending. Tapi tempe dalam dua hari saja sudah berubah aroma dan rasa.
Biasanya admin buat mendol atau kuah lodeh bisa juga kotokan,  tapi karena sudah sering nanti jadi bosan ya. Nah sebaiknya dibuat bacem saja.  Ini tempe bacem ala saya ya sahabat Markas Resep.
Baca Juga Resep Lainnya :
Mengapa disebut bacem ya?  Ternyata biasanya sebelum dimasak direndam dulu supaya bumbu meresap dalam tempe.
Oh iya,  bahan untuk memvuat bacem tidak harus tempe ya sahabat, tahu boleh,  daging sapi atau ayam bisa.  Tapi umumnya memang tahu sama tempe.
Bahan untuk membuat Tempe Bacem adalah
  • Sepapan tempe, potong sesuai selera
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 ruas lengkuas memarkan
  • Sedikit merica bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan kecap
  • 25 gram gula jawa
  • 600 ml air
Cara membuat Tempe Bacem sebagai berikutTempe Bacem
  1. 1. Masukkan tempe ke dalam panci
  2. Masukkan semua bahan lain
  3. Rebus,  setelah mendidih kecilkan api
  4. Rebus hingga air habis,  ingat jangan sampai gosong
  5. Matikan api dan diamkan
  6. Tempe siap digoreng
  7. Goreng pada teflon dengan sedikit minyak dan api yang kecil. Hingga matang.
Nah selesai,  mengapa saat menggoreng api harus yang kecil? Agar tempe tidak cepat gosong.
Kedelai bacem ini enak sekali teman makan gudeg ya biasanya. Aduh gudeg,  jadi rindu Yogya saja.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Semoga bisa langsung dibuat dan dibeli bahan dasarnya agar dapat langsung dieksekusi ya untuk para pembaca.
Selamat mencoba sahabat markas Resep. Sampai berjumpa di resep berikutnya yang tak kalah menarik. See you
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Pesmol Ikan Nila

Markas Resep – mengulik kembali resep masak indonesia yaitu Pesmol Ikan Nila jangan cuma dibaca langsung dimasak biar bisa jadi menu keluarga.
Hallo …. Sahabat markas resep, sudah masak apa hari ini? Masak yang menjadi favorit keluarga pastinya dong, ya.
Sahabat, dalam memasak seringkali kita bingung untuk menentukan menu.
Pengennya masak yang disukai semua anggota keluarga, namun yang menjadi masalah adalah tiap anggota keluarga mempunyai makanan favorit masing-masing.
Ngomongin soal makanan favorit, kali ini Admin Vita hendak memasak makanan favorit keluarga. Makanan favorit kami adalah Ikan Nila. Apapun jenis masakannya, jika yang dimasak adalah ikan nila pasti semua suka.
Ikan Nila adalah jenis ikan air tawar yang mudah sekali hidup diperairan, baik di kolam maupun danau. Ikan nila masih satu kerabat dengan ikan mujair, yang menjadi pembeda adalah bentuk tubuhnya.
Baca Juga Resep Lainnya :
Ikan Nila terlihat lebih lebar dan bulat dari mujair, dan pada bagian sisik dan ekor terdapat garis-garis yang memotong tulang ekor.
Sedangkan ikan mujair tubuhnya lebih kecil dan terdapat totol-totol pada tubuhnya.
Kandungan gizi dalam ikan nila sangat banyak, antara lain protein, kalsium, vitamin A, vitamin D, Vitamin B12 dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.  Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung, sangat cocok jika ikan nila menjadi salah satu bahan makanan favorit untuk keluarga kita.
Ayo, kita mulai mengeksekusinya. Resep kita kali ini adalah Pesmol Ikan Nila.
Bahan-bahan yang digunakan :
  • Ikan Nila 1/2 kg, biasanya isi 2 ekor bersihkan kotoran, insang dan sisiknya
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Lada bubuk 1 sendok makan
  • Kemiri 3 buah
  • Kunyit 2 ruas
  • Jahe 2 ruas
  • Cabai merah besar 3 buah, iris serong
  • Cabai rawit merah utuh 6 buah
  • Daun bawang 2 batang potong serong
  • Tomat 1 buah ukuran besar
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Lengkuas 2 ruas
  • Serai 1 batang geprek
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Air asam jawa 1 sendok makan
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Pesmol Ikan Nila
  1. Bersihkan ikan, lalu lumur dengan jeruk nipis, diamkan beberapa saat lalu cuci kembali dan marinasi dengan lada bubuk dan garam, diamkan
  2. Goreng Ikan Nila sampai setengah kering, tiriskan
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai geprek dan Laos, aduk hingga merata
  5. Masukkan segelas air matang, tambahkan sejumput lada bubuk, gula, garam dan air asam. Aduk merata dan biarkan sampai air mendidih
  6. Setelah bumbu matang, tes rasa
  7. Masukkan ikan nila yang sudah digoreng tadi, cabai merah iris dan cabai rawit utuh
  8. Biarkan sampai bumbu meresap ke dalam ikan
  9. Balik ikan, lalu masukkan tomat yang sudah diiris dan daun bawang
  10. Tunggu sampai air menyusut, angkat dan sajikan
Bagaimana resep kali ini? Sangat menarik dan terlihat mudah ya. Jika sahabat hendak mencoba resep ini, pastikan memilih ikan nila yang segar, alangkah lebih baik jika membeli ikan nila dalam keadaan hidup.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sekian resep dari kami kali ini, semoga menginspirasi dan bermanfaat. Terimakasih.
Categories
Resep Bakso Resep Masak Indonesia Resep Mie

Mie Kenyol Bakso Sayur

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana yakni Mie Kenyol Bakso Sayur semoga para pembaca tetap semangat memasak.
Hai … Hello Sahabat Markas Resep, punya kabar apa ya hari ini? Wah semoga tetap semangat, bahagia selamanya, itu yang diharapkan.
Jumpa kembali dengan Admin Oya,  yang akan menghadirkan kuliner yang sederhana, tapi rasanya nendang banget di lidah. Bikin makan nggak mau berhenti, wah gawat dong!
Berbicara soal mie, ternyata di Indonesia ini banyak sekali macamnya mie, mulai dari Mie goreng, mie kuah, mie kering, soto mie, indome, mie sedap, mie burung dara, mie urai, mie telor, wah ternyata nggak akan habis kalau kita kulik satu persatu.
Baca Juga Resep Lainnya :
Untuk kali ini Admin Oya ingin menghadirkan kuliner berbahan dasar mie, yaitu mie Kenyol. Mie kenyol bakso sayur.
Aneh ya namanya mie kenyol? Emang mue ini bertekstur kenyal gitu deh, pokoknya sedikit berbeda dari mie-mie yang lain.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Mie kenyol bakso sayur adalah sebagai berikut;
  • 1/4 kg mie kenyol
  • 4 lembar sayur chesin
  • 2 bungkus bakso sayur
  • 2 batang daun bawang dan seledri iris kasar
  • 2 sendok makan kecap
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • bumbu yang dihaluskan adalah sebagai berikut;
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe hijau
  • 6 buah cabe rawit tergantung selera pedas atau tidaknya.
  • 3 butir kemiri
  • Garam, merica, gula pasir dan minyak goreng secukupnya.
Langkah untuk membuat Mie Kenyol Anti Kenyol adalah sebagai berikut;Mie Kenyol Bakso Sayur
  1. Beli mie kenyol yang siap masak
  2. Haluskan bumbu
  3. Siangi sayuran
  4. Goreng bakso sampai kering
  5. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan sayur aduk-aduk biar bumbu merata, tambahkan sedikit air, kemudian masukkan mie, aduk sebentar, masukan bakso goreng.
  6. Campur semua bahan jadi satu, tes rasa dan angkat.
Taraaaa mudah bukan cara membuatnya, gimana mau langsung dieksekusi. Silakan. Okey sampai jumpa di resep Admin Oya selanjutnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Pastinya tetap di Markas Resep. Salam hangat untuk keluarga tercinta.
Categories
Resep Ati Ampla Resep Masak Indonesia

Oseng Sayuran Ati Ampela

Markas Resep – kembali menghadirkan resep masakan indonesia yaitu Oseng Sayuran Ati Ampela bagi yang penasaran langsung dibaca yuk.
Hola …. Sahabat markas resep dan pecinta kuliner, pasti sering memasak sayuran, baik dimasak berkuah ataupun ditumis.
Sayuran apapun sangat enak dimasak dan dikonsumsi. Namun, sayangnya ada beberapa orang yang kurang menyukai sayuran.
Padahal nutrisi dan mineral yang terkandung didalam sayuran sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh.
Untuk menyiasatinya agar selera makan sayur meningkat, ada baiknya saat memasak sayuran kita kombinasikan dengan bahan makanan lain dari protein hewani. Boleh daging, ikan ataupun telur.
Selain memperkaya citarasa, kombinasi sayuran dan protein hewani juga memperlengkap kandungan nilai gizinya.
Protein hewani banyak macamnya, kali ini Admin Vita mau masak dengan menggunakan ati ampela ayam. Mungkin banyak diantara sahabat yang enggan memakan ati ampela, dengan berbagai alasan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Namun, bahan makanan yang termasuk dalam kelompok jeroan ini banyak mengandung nilai gizi juga, diantaranya adalah protein, zat besi, vitamin A dan B12 serta masih banyak kandungan nutrisi lainnya.
Meskipun demikian, ati ampela kurang cocok dikonsumsi oleh orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu dan orang yang berumur lanjut.
Poin paling penting dalam mengkonsumsi ati ampela adalah jumlah yang dimakan secukupnya dan tidak berlebih-lebihan, dijamin aman dan tetap sehat.
Resep kali ini adalah Oseng Sayuran Ati Ampela. Yuks kita mulai memasak.
Bahan-bahan :
  • Ati Ampela ayam 2 pasang, cuci bersih dan rebus dengan 5 lembar daun salam dan sedikit garam
  • Kembang kol 1 rumpun
  • Wortel 1 batang
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 buah
  • Cabai merah besar 1 batang buang bijinya
  • Daun bawang 1 batang
  • Seledri 1 batang
  • Tomat 1 buah
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Saus tiram 1 sendok makan
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Oseng Sayuran Ati Ampela
  1. Iris-iris ati ampela yang sudah direbus, terlebih dahulu ditiriskan agar tidak terlalu basah
  2. Potong-potong kembang kol, lalu rendam sebentar dalam air yang dibubuhi garam, lalu cuci kembali
  3. Kupas wortel lalu cuci dan potong-potong
  4. Iris halus bawang putih, bawang merah dan cabai merah
  5. Tumis bumbu yang sudah diiris halus dalam sedikit minyak
  6. Setelah harum tambahkan lada bubuk, aduk rata tambahkan sedikit air
  7. Setelah air mendidih masukkan wortel, aduk merata dan biarkan sampai wortel setengah matang
  8. Tambahkan gula dan garam
  9. Tambahkan pula saus tiram, lalu aduk kembali
  10. Jangan lupa tes rasa
  11. Selanjutnya masukkan kembang kol dan ati ampela rebus, aduk merata
  12. Biarkan sampai air menyusut dan bumbu meresap ke dalam sayuran dan ati ampela
  13. Terakhir masukkan daun bawang, daun seledri dan tomat
  14. Aduk kembali dan biarkan sampai matang
  15. Angkat dan sajikan
Resep ini sangat cocok dikonsumsi oleh
anak-anak, kombinasi antara protein nabati dan hewani sangat baik untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Apakah sahabat berniat mencoba resep ini? Jangan lupa pilih ati ampela yang fresh dan bagus. Selamat mencoba. Terimakasih
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Mujaer Siram Saus Sambal

Markas Resep – kali ini menyuguhkan resep masakan sederhana yaitu Mujaer Siram Saus Sambal semoga tetap semangat membacanya ya.
Wah dapat ikan beneran kawan ya inilah iwak sesungguhnya he he, terus terang saya tidak pernah mau membersihkan ikan bila ada yang memberi dalam kondisi segar dan utuh,  tetangga memberi sudah siap masak loh. Alangkah senangnya, pengertian sekali.
Katanya ikan mujaer ini hasil dari memancing, entah mancing dimana.
Sempat bingung mau dimasak bagaimana.  Kuah acar atau digireng biasa. Ternyata keputusan ada ditangan oara pentuka ikan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Requesnya paling enak digoreng kering biasa saja. Tapi mujaer ini rasanya sangat tawar.  Jadi bumbu harus yang sedap supaya tidak hambar di lidah.
Kalau begitu ayo kita menggoreng mujaer ini,  admin akan membuat Mujaer Siram Saus Sambal, wah sedap dan pedas tentunya biar nikmat menyantap.
Bahan yang disiapkan untuk membuat Mujaer Siram Saus Sambal adalah
  • 1 ekor ikan Mujaer
  • 2 siung bawang putih, rajang halus
  • 1/4 bawang bombay, rajang halus
  • Garam,  merica secukupnya
  • Satu sendok teh maizena,  larutkan dengan sedikit air
  • Minyak untuk menggoreng
  • 2 sendok makan Saus sambal dan
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 100 ml air
  • Cuka
Cara membuat Mujaer Siram Saus SambalMujaer Siram Saus Sambal
  1. Bersihkan dan cuci mujaer
  2. Larutkan maizena dengan sedikit air,  campurkan bawang putih, bawang merah,  garam dan merica
  3. Siramkan di atas mujaer,  dan diamkan sejenak agar bumbu meresap
  4. Panaskan minyak, goreng  ikan mujaer hingga kering dan matang
  5. Buat sausnya,  campurkan 100 ml air dengan saus sambal dan saus tomat aduk rata, tambahkan garam,  bubuk merica, bubuk ketunbar,  masak di atas api kecil, tuangkan larutan maizena,  aduk rata,  beri sedikit cuka.
  6. Setelah matang siramkan saus diatas ikan mujaer yang sudah digoreng
Selesai, ikan mujaer siram saus tomat siap dihidangkan. Selamat menikmati. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu ya.
Tiada hari tanpa memasak, karena hidup harus bergerak,  agar semangat tetaplah mengkonsumsi makanan yang sehat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Tetap gembira dan jaga kesehatan sahabat Markas Resep semua. Sampai jumpa lagi pada resep selanjutnya, salam.