Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sambel

Sambel Teri Rumahan

Markas Resep – memberikan inovasi terbaru untuk Resep Masak Sambel Teri yang dituliskan langsung oleh ahlinya dalam membuat makanan yang disukai keluarga.

Hello Gaes, how are you today? Semoga se

Resep Masak Sambel Teri
Resep Masak Sambel Teri

muanya dalam keadaan sehat, aamiin.

Sekarang ini mulai memasuki musim penghujan bawaannya malas ngapa-ngapain.

Mau kemana-mana juga malas, tapi kalau urusan perut kayaknya ga ada ceritanya orang malas makan deh, ya. Apalagi cuaca dingin gini nih, bawaannya pengen makan melulu. Mulut ga bisa berhenti ngunyah.

Terkadang kita malas memasak karena ribet dan rempong ya, gaes. Tetapi sekarang udah ga jaman deh yang ribet-ribet gitu.

Memasak sesuatu yang praktis, simpel namun enak. Sambal adalah salah satu contohnya.

Sambal juga menjadi menu makanan yang enak dan untuk beberapa tempat menjadi menu wajib.

Bahkan sekarang ini, aneka jenis sambal banyak ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan toples kecil.

Harganya pun sebenarnya terjangkau meski dengan kemasan yang kecil.

Namun, jika bisa membuat sendiri, mengapa harus membeli, ye kan. Bagi ibu-ibu bekerja pun dapat membuat sambal ini untuk stok sehari-hari di rumah.

Aneka jenis bahan makanan bisa diolah menjadi sambal, asal diolah dengan tepat dan nyambung dengan bumbu sambal. Salah satu bahan yang bisa diolah menjadi sambal adalah ikan teri.

Ikan teri adalah salah satu jenis ikan air laut yang mempunyai segudang nilai gizi. Meskipun bentuknya mini, namun jangan salah Gaes, ikan teri mempunya manfaat yang sangat besar.

Berikut ini adalah manfaat kandungan ikan teri :

1. Kaya asam lemak omega 3 untuk kesehatan jantung dan fungsi otak
2. Sumber protein untuk otot dan jaringan tubuh
3. Mengandung kalsium untuk tulang
4. Rendah merkuri dibandingkan seafood lainnya

Ikan teri sangat tepat diolah menjadi sambal. Jika kita mengkonsumsinya, dapat double manfaat yaitu nilai gizi untuk tubuh dan enaknya dapat. Melihat segudang manfaat ikan teri, maka kali ini dibagikan Resep Masak Sambal Teri yang istimewa, rasa nampol dan nendang dilidah, dijamin bikin ketagihan.

Bahan Resep Masak Sambel Teri Rumahan :
  • Teri Medan kering 50 gram, cuci bersih
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 7 butir
  • Cabe merah keriting 10 buah
  • Cabe rawit merah 10 buah
  • Tomat 1 buah ukuran sedang
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Gula, garam dan penyedap secukupnya
Cara Membuat Resep Masak Sambel Teri Rumahan:

– Goreng Teri Medan sampai kering, jangan terlalu gosong. Sisihkan
– Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk
– Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan daun jeruk
– Tambahkan gula, garam dan penyedap ( jika suka )
– Beri air setengah gelas, masak sampai harum dan air menyusut. Tes rasa.
– Terakhir masukkan ikan teri, aduk-aduk sampai bumbu rata dan meresap pada ikan teri, tunggu sampai matang dan aroma sambal harum
– Sajikan

Jika Anda menyukai bahan makanan seperti petai, bisa ditambahkan pada sambal ini, sensasi rasanya semakin enak dan sedap.

Namun, sambal tidak bisa disimpan agak lama apabila ditambahkan petai. Sehingga untuk yang berniat menyimpan Sambal Teri ini disarankan tidak menambahkan petai.

Sambal Teri ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Dijamin bikin nambah nasi terus.

Jika Anda tidak langsung menghabiskan sambal ini sekaligus, masukkan ke dalam toples kaca atau wadah kedap udara. Pastikan tutup rapat dan disimpan dalam kulkas.

Resep Masak Sambal Teri ini bisa menghasilkan sambal teri yang dapat bertahan sampai 1 minggu jika penyimpanannya tepat.

Anda juga dapat membuat sambal ini dengan 2x resep untuk stok sehari-hari di rumah.

Baca juga Resep Masak Ayam :

Cukup sekian, resep masakan dari Admin, selamat mencoba dan berkreasi dengan bahan makanan. Semoga bermanfaat …

Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Serundeng Ala Bunda Oya

Markas Resep – kali ini membagikan sebuah resep masak Ayam Serundeng Ala Bunda Oya meskipun berstandar dapur rumah tangga dijamin disukai keluarga.

Hai … hai … bunda-bunda, Sista-sista di seluruh nusantara, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat, cerdas dan ceria tentunya.

Bunda Oya kembali hadir membawakan resep yang praktis dan mudah untuk dieksekusi.

Untuk yang baru belajar masak, yang emang hobby masak menu berikut ini pasti cocok buat yang lagi bingung, mau menghadirkan masakan hari ini.

Pilihan menu masakan hari ini jatuh pada “Ayam” siapa sih yang nggak suka ayam, dari anak kecil, remaja sampai orang tua semuanya hampir suka ayam, karena banyak sekali ragam masakan ayam, mulai dari opor ayam, semur ayam, ayam kecap, sate ayam, sup ayam, ayam goreng kriuks, ayam serundeng dan lain-lain.

Okey pilihan menu kali ini jatuh pada “Ayam Serundeng Ala Bunda Oya.” Berbicara masalah ayam semua udah pada tahu dong kandungan vitamin yang ada pada ayam. Ayam serundeng ini bisa tahan dua sampai tiga hari lho kalau cara masaknya bener tentunya. Bahan-bahan untuk membuat ayam serundeng ini juga mudah didapat, cukup ke pasar atau mall semua bahan sudah tersedia. Tunggu apa lagi ayo kita masak.

Bahan yang digunakan adalah sebagai berikut;

1. 1 kg ayam
2. 1 butir kelapa
3. 4 lembar daun salam
4. 3 ruas lengkuas parut
5. 1 sendok teh merica
6. 2 potong serai
7. 3 lembar daun jeruk purut
8. 2 ruas jahe
9. 1/5 sendok teh ketumbar
10. Garam, gula merah dan gula pasir secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

1. 12 siung bawang merah
2. 8 siung bawang putih
3. 3 ruasKunyit
4. 6 butir Kemiri
5. Merica, ketumbar dan garam

Ayam Serundeng Ala Bunda Oya
Ayam Serundeng Ala Bunda Oya
Cara membuat :

1. Siapkan bahan dan cuci bersih
2. Uleg bumbu halus
3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu hingga harum, masukan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk purut dan serai,ungkep ayam sampai bumbu meresap dan kuahnya tinggal sedikit
4. Angkat ayam sisihkan.
5. Goreng ayam sampai kuning kecoklatan
6. Panaskan minyak diwajan dan goreng kelapa hingga garing kecoklatan tiriskan untuk cara praktis, bisa juga sangrai kelapa sampai kuning kecoklatan, membutuhkan cukup waktu kurang lebih tiga puluh menit.
7. Masukan kelapa tadi kedalam sisa kuah beserta ayam dan tambahkan gula merah, aduk-aduk sampai kering, siap untuk dihidangkan.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat Ayam Serundeng Ala Bunda Oya.? Ayo buruan dicoba, anak-anak pasti suka. Sudah dulu ya, sampai jumpa di resep selanjutnya. Selamat mencoba!