Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Salad Buah Sederhana

Markas Resep – membagikan resep masak Salad Buah Sederhana agar sayuran juga dapat kita nikmati dengan rasa yang lebih memukau didalam mulut.

Haiii …. hai …. sahabat markas resep dimana pun berada, Musim liburan memang asiknya piknik ke tempat wisata yang asoy geboy.

Namun, bukan berarti melupakan urusan dapur di rumah ya. Urusan perut adalah salah satu hal yang ga bisa ditunda-tunda, harus selalu terisi dan selalu kenyang agar kuat dan tabah menghadapi tantangan dan kenyataan hidup.

Nah, Admin Vita kemarin piknik, terus ceritanya jajan kudapan berbahan dasar buah-buahan.

Tapi eh tapi, beli sauprit harganya fantastis, sahabat. Jiwa ane langsung menjerit, secara hobi masak sekalinya jajan kena pukul telak harga yang luar binasa.

Bukan karena balas dendam atau sakit hati, tapi karena murni jiwa memasak ane berontak, ane pun capcuz mengolah sendiri.

Baca juga resep lainnya :

Dalam mengolah bahan makanan memang terkadang muncul ide-ide yang brilian.

Oke, sahabat, berikut ini adalah resep Salad Buah Sederhana ala Admin Vita.

Bahan-bahan Salad Buah Sederhana :
  • Buah Semangka 1/4 bagian potong dadu
  • Buah Naga Merah 1 butir Kupas kulitnya dan potong dadu
  • Jeruk baby santang 5 7 butir tergantung ukuran
  • Lengkeng 100 gram kupas kulitnya
  • Anggur merah 100 gram cuci dan belah dua bagian
  • Plain Yoghurt sekitar 250 ml, jika suka agak asam bisa ditambahkan, sebaliknya jika tidak bisa dikurangi
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju Chedar parut secukupnya
Cara Pembuatan :Salad Buah Sederhana
  1. Taruh semua buahbuahan yang sudah dicuci dan dipotong pada wadah bersih
  2. Tuangkan plain yoghurt dan susu kental manis ke dalam wadah berisi buahbuahan
  3. Aduk pelanpelan agar buah dan plain yoghurt serta susu kental manis tercampur rata, jangan terlalu kencang mengaduknya agar buah tidak hancur atau rusak
  4. Terakhir beri keju parut diatas Salad Buah tersebut
  5. Bisa ditambah anggur merah dan jeruk Santang sebagai hiasan dan penarik penampilan
Note :
  • Untuk buahbuahan optional ya, karena kadang tergantung bagaimana musim juga, selain itu selera juga sangat mempengaruhi
  • Kombinasikan buahbuahan yang mempunyai rasa manis dan asam agar rasa Salad Buah seimbang
  • Jika ingin terlihat menarik, perhatikan warnawarni dari buahbuahan yang akan dipakai, terutama untuk anakanak pasti akan lebih senang jika buahbuahannya berwarna menarik

Demikianlah resep Salad Buah Sederhana dari ane, Admin cakep yang doyan makan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi, ya. Memasaklah dengan bahagia dan penuh cinta. Jika bisa memasak sendiri mengapa harus membeli. Lebih hemat, lezat dan higienis pastinya.

Cukup sekian dan terima

Bye …. bye ….

Baca juga resep masak yang ini :

Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia Resep Sambel

Ayam Geprek Rumahan

Markas Resep – membuat sebuah resep masak sederhana Ayam Geprek Rumahan dibuat lebih simple agar ibu rumah tangga dapat memasaknya dirumah.

Hola …. Apa kabar pecinta kuliner, masak apa hari ini?

Admin Vita hari ini rencananya masak yang lagi ngehits beberapa waktu kebelakang.

Ceritanya penasaran sama ketenarannya. Kelihatannya sih wah banget makanan ini, tapi sebenernya untuk skala rumahan, masakan ini tergolong simple.

Resep masakan rumahan seharihari kali ini adalah Ayam Geprek Rumahan.

Mungkin beberapa dari sahabat banyak yang menemukan jenis kuliner ini pada warung ataupun restoran.

Akan tetapi tidak salah juga jika sesekali kita membuat kuliner ini sendiri.

Baca juga resep lainnya :

Kalau makan di restoran itu 1 porsinya dijatah 1 potong ayam, kalau memasak sendiri bisa lebih puas makannya, selain itu bisa dicombine dengan bahan makanan yang lain seperti tahu dan tempe.

Wokeeyyy lah, tak perlu berpanjang lebar lagi. Kita masak sekarang juga, yes.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Ayam 1 kg potong sesuai selera ( bisa 68 bagian )
  • Bawang putih 10 siung
  • Merica bubuk 1 sendok makan full
  • Tepung bumbu serba guna
  • Tepung terigu 1/4 kg
  • Garam dan penyedap secukupnya
Bahan Pembuat Sambal Geprek :
  • Cabai rawit merah 1520 buah ( tergantung tingkat kepedasan yang diinginkan )
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 butir
  • Tomat 1 butir ukuran kecil saja
  • Garam, penyedap dan sedikit gula putih
Bahan Pelengkap :
  • Tahu
  • Tempe
  • Sayur buat lalapan ( timun dan selada bokor )
Cara Pembuatan :Ayam Geprek Rumahan
  1. Cuci bersih ayam lalu tiriskan sampai air tidak menetes.
  2. Lumuri ayam dengan sedikit garam, bawang putih halus serta merica bubuk secukupnya
  3. Diamkan beberapa saat agar bumbu terserap dalam ayam
  4. Siapkan wadah kering, beri tepung bumbu dengan terigu, aduk sampai keduanya tercampur rata, tambahkan sedikit merica dan penyedap jika dirasa kurang rasanya
  5. Siapkan wadah lain, beri 3 sendok campuran tepung lalu tambahan 1 gelas air putih, aduk sampai tepung larut
  6. Masukkan ayam ke dalam larutan tepung angkat dan masukkan ke dalam wadah berisi tepung, bolakbalik ayam dalam tepung, masukkan lagi ke dalam larutan tepung, angkat dan masukkan kembali dalam tepung, bolakbalik ayam sambil dicubitcubit agar tepung menempel pada ayam.
  7. Goreng ayam sampai seluruh bagian tercelup dalam minyak
  8. Usahakan api kecil agar ayam matang sempurna sampai ke dalam
  9. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan dan tepung kering
  10. Lakukan sampai semua ayam habis
  11. Sisihkan
Membuat Sambal Geprek :

Uleg semua bahan sambal dalam cobek sampai hancur kasar, lalu tambahan 3 sendok minyak goreng panas ke dalam sambal lalu Uleg lagi sampai sambal menyatu dengan minyak dan mengeluarkan aroma khasnya

Cara penyajian :

Masukkan ayam ke dalam sambal secukupnya, lalu geprek ayam di dalam sambal. Tambahkan tahu dan tempe goreng jika suka. Ayam geprek Rumahan siap dinikmati.

Mudah sekali bukan membuat Ayam Geprek Rumahan. Sahabat markas resep dan pecinta kuliner bisa membuat sendiri di rumah, tentunya lebih sehat dan lebih sesuai selera anggota keluarga kita ya.

Baca juga resep masak yang ini :

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa, memasaklah dengan bahagia. Sampai ketemu pada resep selanjutnya.

Bye … bye ….

Categories
Resep Cumi Resep Masak Indonesia

Cumi Tinta Hitam

Markas Resep – membagikan sebuah resep yang tak biasa yakni Cumi Tinta Hitam buat para pemula dalam memasak ini langsung dibaca dan dipraktekan ya.

Apa kabar Bunda-bunda dan Sista-sista semuanya, semoga di hari ini semuanya sehat bahagia selamanya.

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang tentunya akan menghadirkan resep masakan yang luar biasa nendang di lidah.

Untuk kali ini Admin Oya ingin memasak Cumi, siapa bilang yang hitam nggak di suka, biar hitam banyak yang menanti lho.

Ayo sekarang buruan cap cus untuk memasak cumi kesukaan keluarga ini.

Bahan untuk memasak Cumi Tinta Hitam adalah sebagai berikut;
  • 1 kg cumi
  • minyak goreng secukupnya
  • 2 ruas jari jahe (dicincang)
  • 6 siung bawang putih (iris-iris)
  • 8 siung bawang merah (iris-iris)
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas (memarkan)
  • 2 batang serei
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 100ml air
  • 1 batang daun bawang (iris-iris)
  • 3 buah cabe merah
  • 4 buah cabe cabe hijau
Cara memasak Cumi Tinta Hitam;Cumi Tinta Hitam
  1. Pertama, lumuri cumi dengan jeruk nipis dan diamkan 10 menit.
  2. Kemudian, pisahkan badan dan kepala cumi. Ingat, jangan sampai kantong tinta cumi pecah. Karena Tintanya bisa keluar.
  3. Selanjutnya tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hijau dengan minyak dan margarin.
  4. Tambahkan daun jeruk, daun salam, serei dan lengkuas yang sudah digeprek.
  5. Setelah bumbu harum, masukkan cumi dan air jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
  6. Aduk hingga mengental. Setelah matang, tes rasa, cumi tinta hitam siap disantap bersama nasi hangat, hmmm mantapnya.

Nah itu dia Resep Masak Indonesia terbaru, bagaimana mudah, bukan cara membuatnya.

Kalau gitu tunggu apalagi, ayo buruan masak hehehe. Sampai jumpa kembali di resep selanjutnya.

Tetap di Markas Resep, mari masak dengan bahagia. Salam hangat untuk semua keluarga di manapun berada bye … bye …

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Ubi

Klepon Ubi Ungu

Markas Resep – membagikan resep sederhana Klepon Ubi Ungu untuk semua kalangan pembaca khususnya para penduduk asli indonesia yang sangat suka dengan ubi.

Apa kabar Sahabat Markas Resep di Seluruh Nusantara, semoga di tahun baru yang sedang diguyur hujan ini, tetap dalam keadaan sehat dan bahagia tentunya.

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang akan mengajak sahabat Markas Resep semuanya untuk menikmati enaknya jajanan ndeso yang rasanya wah ini, apalagi kalau bukan Klepon Ubi ungu.

Ubi merupakan salah satu cemilan yang bisa diolah menjadi berbagai varian makanan, nah salah satunya ini, yuk kepoin gimana cara membuatnya.

Bahan untuk membuat Klepon Ubi Ungu;
  • Ubi ungu 250 gram, cuci bersih, kupas, kukus haluskan
  • Tepung kanji 200 gram
  • Gula merah 100 gram, disisir halus untuk isi
Taburan;
  • 1/2 butir kelapa sedang, parut memanjang
  • Dua lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
Cara membuat;Klepon Ubi Ungu
  1. Langkah pertama campur semua bahan jadi satu, lalu kukus lima belas menit, angkat
  2. Ke dua campur tepung kanji dan ubi ungu, aduk hingga adonan dapat dipulung
  3. Ke tiga ambil sedikit adonan, lalu isi dengan gula merah dan bentuk bulat-bulat kecil. Lakukan hingga adonan habis
  4. Ke lima rebus adonan ubi dslam air mendidih hingga matang dan terapung, tiriskan
  5. Ke enam gulingkan ubi dalam kelapa parut, hingga permukaannya rata, dan sajikan.

Oke jadi deh, gimana mudah bukan membuat klepon ubi. Sampai jumpa di resep selanjutnya. Salam hangat.

Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Sambel

Ikan Bakar Nasi Timbel

Markas Resep – mencoba membagikan sebuah resep masak sederhana Ikan Bakar Nasi Timbel kepada para pembaca setia website ini.

Hai sahabat dan para pecinta kuliner di seluruh penjuru dunia ….
Apa kabarnya, semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia selalu. Aamiin…

Admin Vita datang lagi nih, siap memasak penuh cinta untuk keluarga tersayang.

Berhubung barusan mengawali tahun yang baru, ane mau memasak kuliner khas tahun baruan, khas cara memasaknya. Apalagi kalau bukan serba bakarbakaran.

Kali ini ane mau bikin Ikan Bakar Nasi Timbel Ceria.

Dalam memasak kali ini, ane tidak spesifik menunjuk ikan apa yang akan di bakar, karena jenis ikan apapun selalu enak untuk dibakar.

Tak perlu berpanjang lebar, marilah kita mulai memasaknya, yuk ah.

Bahan-bahan :
  • Ikan 1 kg yang isi 2 ekor ( kali ini memakai ikan Nila )
  • Bawang putih 5 siung
  • Kunyit sepanjang jari telunjuk
  • Jahe sejempol
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Garam secukupnya
  • Beras putih 1/2 kg
  • Daun pisang
  • Kecap manis secukupnya
  • Mentega secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Bawang goreng
  • Lalapan ( timun, selada bokor, daun kemangi )
Cara pembuatan :Ikan Bakar Nasi Timbel
  • Siapkan beras dan tanak menjadi nasi yang pulen
  • Bersihkan ikan dari kotoran dan siangi sisiknya, belah melebar dan cuci bersih serta lumuri dengan air perasan jeruk nipis beberapa saat lalu cuci bersih lagi
  • Haluskan bawang putih, kunyit dan jahe sampai halus, tambahkan garam
  • Balur bumbu halus ke seluruh bagian ikan. Diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap.
  • Panaskan tempat pembakaran
  • Siapkan mentega yang telah dicampur dengan kecap manis sebagai olesan
  • Lumuri ikan dengan campuran kecap dan mentega, bakar diatas pembakaran, bolakbalik sampai matang sempurna
  • Taruh pada nampan / wadah taburi ikan dengan bawang goreng
Sambal Kecap :
  • Kecap manis
  • Cabai rawit merah 6 buah
  • Cabai rawit hijau 6 buah
  • Bawang merah 2 buah
  • Tomat 1 buah
  • Jahe 1 ruas jari kupas dan iris tipis
  • Potong semua bahan dan campur dengan kecap manis
Sambal Terasi :
  • Cabai rawit merah 15 buah
  • Bawang merah 1 buah
  • Bawang putih 1 siungTomat 1 buah
  • Terasi 1/2 sendok teh
  • Gula merah dan garam secukupnya
  • Goreng semua bahan sampai layu, angkat lalu Uleg
Cara penyajiannya :
  • Kepal nasi sekitar 1 mangkuk lalu bungkus dengan daun pisang
  • Siapkan ikan bakar, sambal kecap dan sambal terasi berserta lalapan.
  • Siap dinikmati bersama keluarga tercinta

Note : Jika ukuran ikan besar dan tidak dibelah, sebaiknya digoreng dahulu sebentar, dikarenakan seringkali ikan kurang matang sampai ke dalam jika dibakar. Dalam hal ini digoreng untuk mematangkan dagingnya saja. Hasilnya tetep enak.

Ikan bakar ini, enaknya dinikmati saat masih panas. Ditambah dengan sambal dan lalapan terasa lebih nikmat, apalagi makannya pakai alas daun pisang dari nasi timbel tersebut, plus minumnya air teh tawar hangat. Sungguh kenikmatan yang hakiki.

Bagaimana sahabat markas resep dan pecinta kuliner untuk resep masakan rumahan seharihari kali ini? Apakah berniat mencoba?

Semoga resep kali ini bermanfaat dan memberi inspirasi bagi kita semua. Terimakasih.

Bye … bye ….

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sambel Resep Tempe

Tempe Mendoan Sambal Kecap Bawang

 

Markas Resep – memberikan resep masak olahan indonesia Tempe Mendoan Sambal Kecap Bawang agar dapat dibuat oleh para kestaria dapur.

Hai … hai … Apa kabar keluarga Indonesia, di manapun berada, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang tentunya akan mengajak Bunda-bunda, sista-sista semuanya untuk menikmati makanan asli Indonesia, apalagi kalau bukan tempe.

Siapa sih yang nggak suka tempe? Karena tempe merupakan hidangan yang bisa dikatakan wajib untuk masyarakat Indonesia.

Berbagai olahan tempe banyak macamnya, ada keripik tempe, oreg tempe, opor tempe, kering tempe, besengek tempe, perkedel tempe, dan ini dia tempe mendoan.

Wah pas banget, hujan-hujan gini buat mendoan, dimakan bareng-bareng sama keluarga tercinta, dan ada sambal cocolnya yang pasti nampol banget deh, yuk buruan cap cus!

Bahan membuat Tempe Mendoan:
  • 1 papan tempe, iris lebar tipis 10×10 cm
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 200 g tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 125 ml air atau secukupnya
  • minyak goreng
Haluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
Cara membuat Tempe Mendoan Sambal Kecap Bawang:Tempe Mendoan Sambal Kecap Bawang
  1. Masukan tepung ke dalam wadah dengan bumbu halus, daun bawang, dan air hingga rata.
  2. Panaskan minyak goreng.
  3. Celupkan tiap potongan tempe dalam adonan tepung.
  4. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga adonan tepung membeku tetapi belum mengeras, matang tetapi tidak kuning atau kering. Angkat, tiriskan.
Sajikan hangat dengan sambal kecap sebagai berikut;
  • 10 cabe rawit
  • 4 cabe merah
  • 4 siung bawang putih
  • Goreng semua bahan di atas angkat, uleg kasar, taruh dalam
  • mangkuk tambahkan kecap secukupnya.

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, tempe mendoan dicocol sambal kecap bawang hmmmm, teman yang cocok di kala hujan.
Sudah dulu ya, sampai jumpa di resep selanjutnya, tetap di Markas Resep. Salam hangat untuk keluarga Indonesia.

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Soto

Soto Bandung

Markas Resep – kali ini membahas masakan indonesia yang super duper enak yaitu Soto Bandung untuk cara pembuatan dan bahanya mari kita simak ya.

Hai sahabat markas resep, bagaimana kabar hari ini, semuanya sehat kan …. Pastinya semua siap memasak hari ini untuk keluarga tercinta dan terkasih.

Okelah, langsung saja, Admin Vita hari ini mau masak yang segerseger. Apalagi kalau bukan sayur berkuah.

Nah, menu hari ini adalah Soto Bandung. Bedanya Soto Bandung dibandingkan dengan soto yang lain adalah kuahnya yang bening.

Namun meski bening, rasanya mantap banget. Soto ini sangat nikmat jika dimakan panas, dan jelas segarnya.

Pertama kali mencobanya mungkin agak beda dengan jenis soto pada umumnya, namun melihat bahan dan bumbu yang digunakan mirip dengan soto lain yang cenderung berkuah keruh.

Ga perlu berpanjang lebar keburu perut keroncong, marilah kita mulai eksekusi Soto Bandung.

Bahan-bahan :
  • Daging sandung lamur 1/4 kg
  • Lobak 3 buah ukuran sedang
  • Kacang kedelai 1 genggam
Bumbu-bumbu :
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Merica biji 1 sendok makan
  • Pala sedikit saja
  • Jahe 2 ruas
  • Lengkuas 2 ruas
  • Kunyit 1 ruas
  • Serai 1 batang
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Daun bawang 2 batang
  • Seledri 1 batang
  • Tomat 2 buah
  • Gula, garam dan penyedap secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Bawang goreng
  • Sambal
  • Kerupuk
Cara pembuatan :Soto Bandung
  1. Rebus daging, tiriskan dan potong sesuai seleraRendam kacang kedelai
  2. dalam air mendidih sampai mekar, tiriskan lalu goreng sampai kering
  3. Cuci bersih lobak, kupas dan potong, lalu rebus beberapa saat sampai layu dan tidak berbau, angkat dan tiriskan.
  4. Lobak jangan terlalu lunak ya, karena terkadang jika terlalu matang gampang basi
  5. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica dan sedikit pala
  6. Geprek jahe, lengkuas, kunyit dan serai
  7. Panaskan air sekitar 1,5 liter untuk kuah dan masukkan daging yang sudah dipotong, biarkan daging empuk dan mengeluarkan kaldunya
  8. Tumis bumbu halus, masukkan jahe, lengkuas, kunyit dan serai serta daun salam dan daun jeruk
  9. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan ke dalam kuah daging.
  10. Rebus bersama daging sampai bumbu menyatu
  11. Tambahkan gula, garam dan penyedap secukupnya
  12. Biarkan sampai daging benarbenar empuk dan kuah matang
  13. Tes rasa
  14. Beri irisan daun bawang, seledri dan tomat
  15. Soto Bandung siap untuk disajikan dan dinikmati
Cara penyajiannya :
  • Siapkan mangkuk kosong, beri lobak yang sudah direbus tadi, siram dengan daging beserta kuahnya
  • Beri taburan kacang kedelai goreng dan bawang goreng
  • Jangan lupa sambal dan kerupuk sebagai pelengkap
  • Soto Bandung siap dinikmati

Note : Daging pada Soto Bandung bisa diganti dengan ayam, disesuaikan dengan selera masingmasing individu ya.

Okelah, cukup sekian resep Soto Bandung dari Admin Vita, silakan mencoba dan selamat memasak, ya.

Jangan lupa memasaklah dengan penuh cinta dan bahagia.

Sampai jumpa pada resep-resep masakan rumahan sehari-hari selanjutnya dari kami, admin markas resep yang kece badai.

Bye …. bye ….

Categories
Resep Kikil Resep Masak Indonesia Resep Sup

Kikil Kuah Santan

Markas Resep – membagikan resep masak indonesia Kikil Kuah Santan yang pastinya digemari segala jenis umur khususnya para pecinta daging sapi.

Hallow … Apa kabar pecinta kuliner, jumpa lagi dengan Admin Vita. Awal tahun disambut dengan hujan yang lumayan lama nih, tapi bukan suatu masalah kalau urusan masak memasak.

Apapun cuacanya, memasak untuk keluarga tercinta adalah suatu kesenangan tersendiri.

Cuaca dingin enaknya makan yang berkuah, admin Vita mau masak kuah santan, berhubung mau ke pasar repot hujan belum reda, akhirnya masak seadanya di kulkas. Baiklah capcus eksekusi masak Kikil Kuah Santan.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kikil Kuah Santan :
  • Kikil sapi yang tipis 1/2 kg
  • Wortel 1 buah
  • Buncis 50 gram
Bumbu- bumbu :
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 3 buah
  • Kemiri sangrai 3 buah
  • Merica 1/2 sendok teh
  • Kunyit bakar 2 ruas jari
  • Lengkuas 2 ruas jari
  • Jahe 1 ruas jari
  • Kayu manis 1 batang
  • Daun salam 5 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 1 batang
  • Santan dari 1/2 butir kelapa
  • Gula dan garam secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Bawang goreng
  • Acar timun dan wortel
  • Kerupuk udang atau kerupuk bawang
  • Sambal jika suka
Cara pembuatan :Kikil Kuah Santan
  • Potongpotong kikil sesuai ukuran yang diinginkan
  • Rendam kikil dengan air mendidih beberapa saat lalu tiriskan
  • Cuci wortel dan buncis sampai bersih
  • Potong wortel ukuran dadu tidak terlalu kecil
  • Potong buncis sekitar 1 cm an
  • Sisihkan
Haluskan :
  • Bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit
  • Memarkan lengkuas, jahe dan serai
  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan jahe serta kayu manis
  • Osreng sampai layu
  • Beri air, tambahkan gula dan garam, aduk rata biarkan sampai mendidih
  • Tunggu air agak berkurang, masukkan wortel dan buncis
  • Setelah agak layu, masukkan kikil
  • Adukaduk sampai tercampur
  • Setelah air mendidih kembali, masukkan santan dan aduk agar santan tidak pecah
  • Usahakan mengaduk santan searah jarum jam
  • Aduk sampai rata dan tes rasa
  • Setelah matang, taburkan bawang goreng diatas kikil kuah santan

Kikil Kuah Santan ini lebih nikmat disajikan dengan lontong. Jika sahabat kesulitan membuat lontong sendiri bisa membeli lontong yang sudah jadi.
Siramkan kikil kuah santan diatas lontong yang sudah dipotong-potong, beri acar dan sambal. Jika suka boleh tambahkan kerupuk udang atau kerupuk bawang.

Note bahan pelengkap :
Pembuatan Acar:
  • 1 buah wortel potong dadu kecil
  • 3 buah timun buang bagian dalamnya
    lalu potong dadu kecil
  • Bawang merah 3 buah iris kecil
  • Cabai rawit merah 5 buah iris kecil
  • 1 sendok cuka masak
  • Gula dan garam secukupnya
  • Campur semua bahan dan aduk rata, tes rasa. Siap disajikan
Sambal :
  • Rebus : 10 buah cabai rawit merah dan 5 buah cabai merah besa
  • Haluskan bawang putih 1 siung, bawang merah 2 siung, tomat 2 butir serta cabai yang sudah direbus
  • Setelah diuleg, tumis dengan sedikit minyak, tambahan gula dan garam sesuai selera, beri air dan tunggu sampai air menyusut dan sambal matang

Demikianlah resep Kikil Kuah Santan dari Admin Vita, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Pindang Manis Bandeng

Markas Resep – memberikan sebuah resep masak sederhana Pindang Manis Bandeng dengan bahan baku yang sederhana dapat membuat citra rasa yang luar biasa.

Halo …. Para pecinta kuliner dan sahabat markas resep, jumpa lagi dengan admin Vita. Gimana nih kabarnya? Pastinya semua sehat ya dan jangan lupa agar selalu bahagia.

Pada kesempatan kali ini, ane mau masak Pindang Manis. Biasanya di daerah dekat Pantura dan sekitarnya, masakan pindang cenderung berkuah, ciri khasnya memakai belimbing wuluh dan rempahrempah untuk menambah citarasa segarnya.

Namun, di daerah tempat tinggal ane, kawasan Jawa Barat, ada sebuah kuliner yang disebut pindang tetapi tidak berkuah banyak. Citarasa dari pindang ini cenderung manis.

Pindang manis ini sangat enak sekali, apalagi dengan paduan bumbubumbu yang pas, menciptakan citarasa yang mantap. Kali ini, ane memakai ikan bandeng sebagai bahan utamanya.

Mengapa ikan bandeng? karena ikan bandeng dagingnya lebih tebal dari ikan yang lainnya, meski durinya juga lumayan banyak.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam ikan bandeng juga cukup tinggi dan lengkap untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kendala dalam memilih ikan bandeng adalah seringkali berbau tanah meski sudah dimasak dengan banyak rempahrempah.

Sehingga saat membelinya pastikan ikan bandeng dalam kondisi yang segar, dilihat dari sisiknya yang masih putih berkilau dan tebal, tekstur ikan saat ditekan masih agak keras dan tidak lembek.

Bahan-bahan untuk membuat Pindang Manis Bandeng  :
  • Ikan bandeng segar sebanyak 3 ekor ukuran sedang, bersihkan kotoran dan sisiknya pada air mengalir
  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Bawang merah sebanyak 6 butir
  • Cabai merah 6 buah buang bijinya
  • Cabai rawit merah 6 buah
  • Jahe 2 ruas
  • Kunyit 2 ruas bakar
  • Lengkuas 2 ruas memarkan
  • Serai 1 batang memarkan
  • Air asam jawa 2 sendok makan
  • Daun salam 5 lembar
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Jeruk nipis 1 butir
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Membuat Pindang Manis Bandeng :Pindang Manis Bandeng
  1. Ikan bandeng yang sudah bersih dipotong sesuai selera. Lumuri dengan garam dan jeruk nipis diamkan selama 15 menit. Cuci kembali dan tiriskan kemudian goreng sampai kering. Sisihkan
  2. Haluskan : bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit dan jahe.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan lengkuas dan serai yang sudah dimemarkan, serta daun salam.
  4. Adukaduk rata lalu masukkan air putih 2 gelas. Aduk lagi sampai semua bumbu tercampur.
  5. Tunggu sampai mendidih lalu masukkan gula, garam dan kecap manis.
  6. Aduk lagi sampai rata.
  7. Selanjutnya masukkan air asam jawa
  8. Masukkan pula cabai rawit merah utuh ke dalam masakan. Tunggu beberapa saat.
  9. Terakhir masukkan ikan yang sudah digoreng. Biarkan sampai bumbu meresap.
  10. Masak dengan api kecil agar bumbu menyatu dan daging ikan menjadi lunak
  11. Setelah air menyusut dan bumbu meresap matikan api.
    Sajikan. Pindang Bandeng Manis siap dinikmati.

Sahabat markas resep, dalam memasak Pindang Manis ini membutuhkan waktu yang agak lama agar bumbu meresap sempurna ke dalam ikan.

Oleh karena itu, pastikan api yang dipakai kecil. Jangan terlalu sering dibolakbalik ikannya agar daging ikan tidak hancur. Cukup sekali saja ya, Sahabat.

Cukup sekian resep masakan rumahan seharihari dari kami, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran Resep Sup

Sayur Asem Klentang

Markas Resep – mencoba memberikan variasi pada resep masak indonesia Sayur Asem Klentang agar tidak terlihat membosankan mari langsung disimak.

Para penggemar Markas Resep apa ada yang tahu klentang?

Klentang adalah buah dari tanaman kelor. Daun kelor sendiri juga bisa diolah menjadi sayur bening. Namun tidak pernah klentang dan kelor ini bertemu dalam satu kuali.

Klentang atau buah kelor ini berbentuk gilig, panjangnya sekitar 30cm. Klir berwarna hijau dan daging berwarna putih.

Sayur asem klentang ini biasanya dicampur jagung muda atau krai/sejenis mentimun

Bahan-bahan untuk membuat sayur asem klentang adalah
  • 5 batang klentang
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 biji kemiri
  • 5 cabai rawit
  • 1 biji cabe merah
  • 1 buah tomat
  • sedikit trasi
  • lengkuas geprek
  • 2 lbr daun salam
  • 2-3 buah asam jawa yang masih muda
  • garam & gula secukupnya
  • 1 lt air
Cara membuat sayur asem klentang sebagai berikut:Sayur Asem Klentang
  1. Kupas kulit kelentang tipis-tipis, lalu potong-potong seruas jari, belah dua atau tidak.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, trasi cabe rawit
  3. Rebus air, masukkan kelentang dan bumbu halus, masukkan lengkuas, irisan cabe merah dan asam jawa, daun salam, aduk rata
  4. Tambahkan gula garam secukupnya, masukkan irisan tomat.
  5. Masak hingga matang, siap disajikan

Sayur asem ini, dihidangkan panas ketika hujan atau dingin ketika cuaca panas sama-sama nikmat.

Ayo para pencinta markas resep, bisa dicoba loh. Oh ya saat makan kuah asam klentang ini jangan ketinggalan sambal dan kerupuknya ya, biar tambah puas makannya. Oke tetap jaga kesehatan, jangan lupa bahagia.

Salam kuliner