Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Tahu Putih Kuah Santan

Markas Resep – membagikan kembali resep masakan sederhana yakni Tahu Putih Kuah Santan jangan lupa dibagikan kepada teman-temannya.
Hai … hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, apa kabarnya hari ini, semoga di hari ini tetap semangat bahagia selamanya.
Jumpa kembali dengan Admin Oya yang akan menghadirkan resep-resep sedap yang menggugah selera.
Baca Juga Resep Lainnya :
Untuk kali ini Admin Oya ingin menghadirkan resep kepada Sahabat Markas Resep yang masih bingung untuk menghadirkan menuasakan buat keluarga tercinta.
Resep kali ini adalah Tahu Putih Kuah Santan. Hmm gimana ya rasanya, penasaran? Yuk langsung cap cus untuk memasak Tahu Putih ini.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tahu Putih Kuah Santan Adalah Sebagai Berikut;
  • 6 buah tahu putih kotak
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/5 sendok teh ketumbar
  • 3 buah cabe merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 batang serai
  • 1 bungkus santan Kara ukuran kecil
  • Minyak goreng, garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Tahu Putih Kuah Santan adalah sebagai berikut;Tahu Putih Kuah Santan
  1. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri merica, ketumbar dan kunyit. Tumis sampai harum. Masukan lengkuas, daun salam dan serai.
  2. Tambahkan 200 mili air, masukan tahu, bolak-balik tunggu sampai mendidih.
  3. Tambahkan santan kara, gula pasir dan garam secukupnya.
  4. Tes rasa dan angkt, sajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng.
Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, Resep makan ini. Mau coba? Monggo, karena menu makanan ini banyak mengandung gizi, karena bahan utamanya adalah kedelai.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sekian dulu resep  kuliner Admin Oya kali ini, semoga suka ya, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, yang tentunya Mak nyus dan sedap dong, di mana lagi kalau bukan di Markas Resep, menu masakan keluarga tercinta. Bye … bye…
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran Resep Tahu

Oseng Pakcoy Tahu Saus Tiram

Markas Resep – memberikan kembali resep masakan indonesia yaitu Oseng Pakcoy Tahu Saus Tiram pastikan membacanya sampai habis ya.
Hai, sahabat markas resep, bagaimana kabarnya hari ini? Pastinya sehat dan bahagia selalu. Aamiin.
Sahabat semuanya pasti sudah tau yang namanya sayuran Pakcoy atau Pokcoy atau juga Bokcoy.
Sayuran hijau yang mirip dengan sawi hijau atau caisim ini, ternyata banyak mengandung nutrisi lho.
Sayuran yang juga sering disebut sawi sendok ini mempunyai bertekstur lembut jika sudah diolah.
Dalam 1 cangkir Pakcoy atau 70 gram pakcoy setara dengan 9 kalori, sehingga sayuran ini  sangat cocok untuk sahabat yang sedang diet.
Kandungan nutrisi di dalam sayuran ini antara lain, protein, serat, karbohidrat, kalium, vitamin A, vitamin C, kalsium, vitamin B6, magnesium dan zat besi.
Baca Juga Resep Lainnya :
Waw sangat banyak dan semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh baik tua maupun muda. Cocok sekali jika sayuran Pakcoy dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.
Melihat banyaknya nutrisi dan manfaat yang terkandung, Admin Vita memutuskan untuk memasak menggunakan bahan makanan ini.
Dengan dipadu padankan dengan bahan lain yang tentunya juga penuh nutrisi.
Menu masakan kita hari ini adalah Oseng Pakcoy tahu saus tiram. Terdengar menggoda dan lezat ya, sahabat. Baiklah tak perlu berlama-lama, kita cuzzz ke dapur dan mulai eksekusi, yuks ….
Bahan-bahan :
  • Pakcoy 2 ikat
  • Tahu 2 buah ukuran sedang ( boleh kuning atau putih )
  • Bawang merah 3 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai merah 1 buah
  • Cabai rawit sesuai selera jika ingin rasa lebih pedas
  • Lada bubuk setengah sendok teh
  • Saus Tiram 1 sendok makan
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Oseng Pakcoy Tahu Saus Tiram
  1. Cuci bersih Pakcoy, buang bonggolnya, potong-potong agak besar
  2. Potong dadu tahu, sisihkan
  3. Iris halus bawang merah, bawang putih, Cabai merah, cabai rawit
  4. Tumis bumbu iris sampai harum
  5. Tambahkan lada bubuk, gula dan garam
  6. Aduk-aduk hingga merata
  7. Masukkan tahu yang sudah dipotong, aduk lagi biarkan tahu setengah matang
  8. Tambahan air secukupnya, biarkan sampai mendidih dan tahu matang
  9. Tambahkan saus tiram, aduk lagi dengan hati-hati agar tahu tidak hancur
  10. Jangan lupa tes rasa
  11. Sesudah air mulai menyusut, masukkan Pakcoy yang sudah dipotong tadi, aduk merata
  12. Biarkan sampai matang, bumbu meresap dan air menyusut
  13. Angkat dan sajikan
  14. Oseng Pakcoy siap dinikmati sebagai teman nasi, baik untuk sarapan ataupun makan siang
  15. Hmmmmm enakkk ….
Bagaimana sahabat dan para pecinta kuliner, sangat mudah dan praktis bukan resep kita kali ini. Bahan yang mudah didapat dan bumbu yang sederhana sangat cocok untuk kita yang tidak punya banyak waktu untuk memasak.
Memasak berbahan dasar yang mudah didapat di sekitar kita, namun mengandung nilai gizi yang tinggi. So, tidak ada alasan untuk malas memasak lagi dong, ya. Karena memasak sendiri jauh lebih sehat, higienis dan ekonomis pastinya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian resep kita kali ini, selalu tunggu resep-resep menarik dan mudah dari markas resep, gudangnya resep masakan sehari-hari untuk sahabat.
Selamat mencoba dan semoga menginspirasi. Terimakasih ….
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Perkedel Tahu

Markas Resep – hadir lagi dengan resep masakan sederhana dengan inovasi baru yaitu Perkedel Tahu semoga suka dan jangan lupa komen dan dishare ya.

Salam kasih sayang untuk semua, apa kabar, Februari masih berteman basah dan dingin ya. Kalau dingin begini akan selalu merasa lapar dan inginnya ngemil terus. He he he

Apa kawan-kawan sedang berpikir tentang sesuatu ya yang sekiranya bisa untuk kudapan juga bisa buat lauk teman nasi saat makan?

Baca Juga Resep Lainnya :

Nah admin alizazet akna mengajak kawan Markas Resep untuk membuat sesuatu ini yang sangat sederhana dan mudah. Perkedel Tahu, sudah pernah membuat? Oke bagi yang belum pernah, ayo memasak bersama saya. Mari kita mulai.

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat perkedel tahu adalah
  • 2 kotak tahu putih
  • Segenggam bayam cincang halus
  • 2 batang daun bawang
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dwngan sedikit air.
  • 1 butir telur kocok lepas (bisa skip ya, admin tidak memakai karena membuat minyak berbusa saat menggoreng)
Cara membuat Perkedel Tahu sebagai berikutPerkedel Tahu
  1. Hancurkan tahu dengan menggunakan garpu atau ulegkan.
  2. Tambahkan, garam, merica dan bawang yang sudah dihaluskan, aduk rata
  3. Masukkan rajangan bayam dan dan bawang, aduk rata
  4. Tambahkan larutan maizena dan kocokan telur. Aduk rata
  5. Panaskan minyak, lalu goreng sesendok demi sesendok sampai habis.

Mudah bukan kawan, cara membuat Perkedel Tahu ala saya.
Kalau kawan Markas Resep ada yang ingin mengukusnya terlebih dahulu, boleh saja. Setelah dikukus, baru digoreng. Semoga tahu tidak tersiksa ya he he he.

Kawan-kawan juga bisa menambahkan bahan lain, seperti daging sapi atau daging ayam, sayuran juga bisa diganti dengan lainnya.
Sesuka kawan Markas Resep campuran untuk olahan satu ini.

Yang penting saus tomat dan saus sambal jangan ketinggalan ya.

Baca juga Resep Masak Yang Ini :

Nikmati waktu santai anda dengan menikmati perkedel tahu.
Jangan lupa selalu tersenyum dan penuh cinta ya.

Karena hanya dengan rasa gembira masakan semakin tambah lezat. Salam Kuliner untuk Anda

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Botok Simbukan

Markas Resep – kesempatan ini membagikan resep masak sederhana yakni Botok Simbukan buat yang sedang mencari resep ini langsung dibaca ya.
Nah orang Jawa Timur kesukaannya masakan ini untuk teman makan nasi atau digado begitu saja,  bagaimana dengan daerah lain?  Apa namanya?
Olahan makanan ini dibungkus daun pisang loh kalau tidak dibungkus daun pisang disebut oblok-oblok.
Untuk membuat botok ini tidak sulit.
Baca Juga Resep Lainnya :
Nah tentang simbukan ini apa? Simbukan ini tanaman yang menjalar,  termasuk juga sebagai tanaman obat-obatan,  jaman dulu bila bayi kembung maka perutnya ditempeli dengan daun simbukan yang sudah diberi minyak kayu putih pada permukaannya.
Simbukan hanya enak diolah menjadi botok,  tentu bisa juga dicampur dengan bahan lainnya. Ayo langsung saja ya
Bahan untuk membuat Botok Simbukan
  • 50 gram daun simbukan
  • 1 kotak tahu putih
  • 250 gram kelapa muda parut
Bumbu  Halus
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 buah cabe merah besar
  • 1 cm kencur
  • 1/2 cm kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • Garam,  gula halus secukupnya
  • 5 cabe rawit
Bahan lain
  • Tomat
  • Beberapa lembar daun pisang
  • Tusuk gigi
Cara Membuat Botok Simbukan sebagai berikutBotok Simbukan
  1. Haluskan semua bahan bumbu halus, boleh diuleg bisa juga diblender. Untuk cabe bisa rajang juga bisa dihaluskan.
  2. Campurkan kelapa muda parut dengan bumbu
  3. Rajang halus daun simbukan setelah disiangi,  campurkan pada bumbu halus
  4. Hancurkan tahu putih dengan garpu atau ulegkan,  juga campurkan dalam bumbu
  5. Aduk semua sampai tercampur rata
  6. Siapkan daun pisang yang sudah dipotong
  7. Ambil 2-3 sendok makan campuran botok,  letakkan pada daun pisang,  bungkus dan sematkan dengan tusuk  gigi.  Lakukan hingga bahan habis.
  8. Siapkan kukusan,  bila sudah panas airnya,  masukkan tata botok dalam kukusan.  Masak hingga matang
Nah pecinta kuliner yang berbahagia terutama sahabat Markas Resep, makan yuk dengan masakan Indonesia tentunya.
Ingat bangsa Indonesia mempunyai beribu masakan khas di tiap daerah.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Kenalkan pada generasi milenia. Bahwa makanan khas ini sangat lezat. Untuk acara ngopi bersama pun bisa loh.
Ayo kembali ke masakan kita,  masakan Indonesia.
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia Resep Tahu Resep Telur

Orak-Arik Tahu Ayam dan Telur

Markas Resep – memberikan resep masak sederhana yaitu Orak-Arik Tahu Ayam dan Telur dan semoga suka ya dengan resep ini.
Hai … hallo Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara, apa kabarnya hari ini? Tetap semangat dong. Iya ‘kan, Ya ‘kan … Kalau ada yang lagi mggak semangat masak, karena capek, lelah, letih bahkan lesu, jangan khawatir deh pokoknya.
Kali ini Admin Oya hadir dengan membawakan resep yang super kilat masaknya.
Sahabat Markas Resep nghak perlu lama-lama di dapur, cukup 30 menit masakan selesai dapur dijamin bersih kembali seperti semula. Masak apa ya? Ayo tebak. Taraaaa ini dia Orak-arik tahu ayam dan telur.
Baca Juga Resep Lainnya :
Dijamin deh mudah membuatnya dan hmmm Yummy rasanya. Masakan ini direkomendasikan untuk  sahabat Markas Resep yang lagi sibuk dan keburu-buru.
Jadi masih tetap dapat memasak dalam keadaan sesibuk apapun. Bahan-bahannya juga mudah apalagi bumbunya mudah banget, bahkan tanpa mengulek.
Bahkan biasanya bahan masak ini selalu ada di kulkas, tinggal keluarkan dan eksekusi deh.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Orak arik tahu ayam dan telur adalah sebagai berikut;
  • 2 potong tahu kotak
  • 1 potong dada ayam
  • 1 butir telur
  • 2 siung  bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 batang daun bawang
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sendok makan margarin
  • Garam, minyak, kecap dan gula pasir secukupnya
Cara membuatnya adalah sebagai berikut;

Orak-Arik Tahu Ayam dan Telur

  1. Rebus ayam kurang lebih 10 menit
  2. Angkat dan tiriskan.
  3. Potong tahu berbentuk dadu kecil
  4. Iris kasar daun bawang
  5. Iris tipis bawang merah bawang putih
  6. Panaskan wajan tambahkan minyak dan margarin untuk menumis bumbu yang sudah diiris tadi dan juga daun bawang sampai harum,
  7. Masukan ayam orak-arik, kemudian tambahkan tahu orak-arik dan tambahkan kembali telur diamkan sebentar lalu orak-arik kembali.
  8. Tambahkan kecap, garam dan gula pasir secukupnya. Tes rasa angakat deh.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Jadi nggak perlu stress kalau lagi nggak cukup waktu untuk masak.
Karena Admin Oya telah membawakan resep yang praktis buat pecinta kuliner semuanya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tetap di Markas Resep, salam hangat untuk keluarga tercinta di manapun berada, bye …bye….
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Tahu Bubuk Istimewa

Markas Resep – kali ini membahas tentang resep masakan tahu yaitu Tahu Bubuk Istimewa pastikan para pembaca tidak melewati semuanya ya.
Aloha …. Sahabat markas resep dan pecinta kuliner, sudah masak apa hari ini? Masak yang praktis, sederhana namun enak dan lezat.
Sahabat, pasti sudah sangat familiar dengan Tahu, bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sangat mudah ditemui di segala penjuru.
Selain harganya yang murah, mengolahnya pun mudah dan tentunya mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi, terutama protein.
Sehingga sangat cocok jika Tahu menjadi bahan makanan yang selalu tersedia di rumah kita.
Tahu, bisa jadi alternatif lauk untuk sarapan keluarga kita. Saat pagi, semua orang disibukkan dengan urusan domestik masing-masing.
Baca Juga Resep Lainnya :
Ada yang hendak berangkat kerja, sekolah ataupun aktivitas lainnya. Padatnya aktivitas di pagi, menuntut kita untuk menyiapkan sarapan yang simpel dan cepat.
Pada kesempatan kali ini, Admin Vita mau berbagi resep masakan yang mudah sebagai lauk untuk sarapan keluarga anda.
Resep kali ini juga cocok untuk bekal makan siang keluarga. Oke, ayo kita mulai mengeksekusinya. Resep kita kali ini adalah Tahu Bubuk Istimewa . Simak bahan dan cara pembuatan, ya.
Bahan-bahan Tahu Bubuk Istimewa :
  • Tahu kuning 4 buah ukuran sedang
  • Telur ayam 1 butir
  • Wortel 1 buah iris kecil panjang seperti korek api
  • Bawang merah 3 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai merah keriting 1 buah
  • Cabai rawit 3 buah ( atau disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan )
  • Daun Bawang 1 batang
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam dan gula putih secukupnya
Cara Pembuatan Tahu Bubuk Istimewa:Tahu Bubuk Istimewa
  1. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabai merah plus cabe rawit
  2. Tumis bumbu tersebut dalam sedikit minyak sampai harum
  3. Masukkan wortel yang sudah diiris panjang dan tipis ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga merata
  4. Tunggu sampai wortel layu
  5. Lalu masukkan tahu dengan cara diremas hingga menjadi bubuk
  6. Aduk rata tahu dengan wortel dan bumbu
  7. Tambahkan gula, garam dan lada bubuk, aduk rata lagi
  8. Jangan lupa tes rasa
  9. Masukkan daun bawang yang sudah diiris tipis-tipis
  10. Terakhir masukkan telur ke dalam tumisan tahu, aduk merata dan biarkan sampai matang
  11. Setelah matang siap dan sajikan
Wah sangat mudah dan bahan-bahannya pun sudah pasti ada di dapur kita semua. Bagi yang kurang menyukai rasa pedas, pemakaian cabai rawit bisa dihilangkan.
Masakan ini cukup populer dikalangan ibu-ibu. Bahkan ada beberapa orang yang menamakan masakan ini sebagai tahu siksa atau tahu bejek.
Mungkin karena dalam mengolahnya tahu di hancurkan, diremas-remas dan dibejek-bejek hingga menjadi bubuk.
Cukup sadis memang dalam menamakannya, namun jika sudah mencicipi rasanya, pasti bakal ketagihan terus deh.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sahabat dan pecinta kuliner, demikianlah resep masakan rumahan untuk hari ini.
Jika anda penasaran, silakan mencoba dijamin mudah dan praktis.
Semoga resep ini menginspirasi sahabat dalam membuat menu sarapan di rumah. Akhir kata selamat mencoba, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran Resep Tahu

Gehu Pedas

Markas Resep – membagikan resep spesial indonesia yakni Gehu Pedas jangan lupa untuk tetap membaca semua artikel memasak lainya.
Hola, sahabat markas lagi sibuk apa nih? Apapun kesibukannya semoga dijalani dengan senang hati dan bahagia.
Sahabat, terkadang saat lagi sibuk kita seringkali telat makan, bahkan sampai lupa makan.
Efeknya datang belakangan, kena sakit magh atau asam lambung mendadak meningkat.
Oleh karena itu, usahakan untuk makan teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
Namun, saat menunggu jam makan kadangkala kita sudah merasa lapar, perut keroncong ingin segera diisi.
Saat seperti ini memang cocoknya ngemil, mengisi sedikit perut dengan makanan ringan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Tapi sesekali bolehlah kita makan cemilan yang agak berat. Untuk itulah, Admin Vita datang membawa resep cemilan berat. Resep kita kali ini adalah Gehu Pedas.
Bagi sahabat yang berasal dari kota Bandung dan sekitarnya pasti hafal dengan kuliner satu ini. Gehu atau Toge Tahu adalah tahu yang diberi isian sayuran berupa tauge dan wortel, lalu di balut tepung dan digoreng.
Di daerah lain biasa disebut Tahu isi. Kalau untuk pedas adalah cita rasa yang disajikan adalah pedas.
Gehu Pedas sekarang ini bervariasi isiannya, yang semula hanya tauge dan wortel, sekarang ditambahkan bahan seperti bakso, sosis, bahkan ayam pun ada, tergantung selera masing-masing.
Namun kali ini Admin Vita hendak membuat Gehu Pedas original. Ayo, simak resepnya dibawah ini.
Bahan-bahan untuk tahu :
  • Tahu ( boleh memakai tahu kuning/putih, boleh juga tahu yang berkulit coklat ) 8 buah ukuran sedang
  • Tepung terigu 200 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Bawang putih 2 siung
  • Lada bubuk 1 sendok
  • Ketumbar setengah sendok teh
  • Daun bawang 2 batang iris tipis
  • Garam secukupnya
Bahan untuk isian :
  • Tauge 50 gram, buang akarnya lalu cuci bersih
  • Wortel 1 batang, cuci lalu serut/iris panjang tipis
  • Bawang merah 2 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Lada sejumput saja
  • Cabai rawit 6 buah ( boleh disesuaikan jumlahnya sesuai tingkat pedas yang diinginkan )
  • Garam dan gula putih secukupnya
Cara Pembuatan isi :
  1. Haluskan semua bumbu lalu, tumis dengan sedikit minyak, masukkan sayuran, gula dan garam
  2. Jangan terlalu matang, hanya sampai sayuran layu saja
  3. Angkat dan biarkan dingin
  4. Sesudah dingin isikan ke dalam tahu yang sudah disobek pada satu sisi
  5. Lakukan sampai seluruh tahu terisi
Cara Pembuatan Gehu :Gehu Pedas
  1. Haluskan bumbu lalu campur dengan kedua tepung, beri air secukupnya
  2. Tambahkan garam
  3. Tambahkan pula irisan daun bawang
  4. Aduk rata
  5. Diamkan beberapa saat
  6. Celup tahu yang sudah diisi dengan isian ke dalam larutan tepung. Lalu goreng dalam minyak panas
  7. Jangan lupa tiriskan sesudah matang agar minyak tidak menetes
  8. Gehu Pedas siap disantap, hangat-hangat.
Duh, nikmatnya makan Gehu Pedas ditemani segelas teh hangat atau secangkir kopi. Menyantap gorengan ini tidak perlu dengan cabai rawit hijau ya, karena isian di dalam gehu sudah pedas.
Jika sahabat hendak memvariasikan isian dengan bahan makanan lain seperti ayam yang sudah disuwir, bakso sapi atauapun bahan lainnya, boleh saja tinggal disesuaikan dengan kesukaan masing-masing.
Kita memang bisa berkreasi dengan berbagai macam bahan makanan dalam memasak.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Resep Gehu Pedas ini adalah resep gorengan yang simpel, sahabat bisa membuatnya kapan saja, bahan-bahan yang dipakai pun gampang dicari.
Akhir kata, semoga resep ini menginspirasi sahabat dan pecinta kuliner di manapun berada. Selamat mencoba. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sambel Resep Tahu

Sambal Goreng Tahu

Markas Resep – membagikan resep masak sederhana Sambal Goreng Tahu semoga berguna untuk para pembaca setia website ini ya.
Hai …hai … Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga hari ini selalu ceria dan tetap semangat.
Jumpa kembali dengan Admin Oya yang akan menghadirkan resep yang tentunya mudah dieksekusi.
Baca Juga Resep Lainnya :
Masih tetap menggunakan bahan dasar tahu, kita akan membuat sambal goreng, yang tentunya yummy buat temen lauk makan nasi, tidak itu saja sambal tahu ini juga cocok menjadi teman lontong maupun ketupat kuah.
Bagaimana Sahabat Markas Resep udah siap belum buat sambal goreng tahu? Ayo buruan cap cus keburu perut jadi laper nih.
Bahan-bahan untuk membuat Sambal Goreng Tahu adalah sebagai berikut;
  • 6 buah tahu putih
  • 3 buah wortel
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 4 buah cabe merah
  • 1/2 sendok teh mrica bubuk
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 batang serai
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam, gula merah, gula pasir secukupnya
Cara membuat Sambal Goreng Tahu Adalah sebagai berikut;

Sambal Goreng Tahu

  1. Iris tahu berbentuk dadu kecil-kecil
  2. Goreng dalam minyak yang panas sampai kecoklatan, kemudian angkat tiriskan.
  3. Goreng bumbu yang sudah diulek, seperti, bawang merah, bawang putih, cabe dan kemiri
  4. Tumis sampai harum masukan salam, lenkuas, serai kemudian tambahkan air secukupnya, masukan gula merah dan gula pasir secukupnya.
  5. Masukan wortel yang telah diiris dadu.
  6. Aduk-aduk sampai meresap bumbunya, tes rasa dan angkat. Siap untuk disajikan sebagai hidangan keluarga.
Nah itu dia, menu yang sangat mudah untuk membuatnya tapi kaya akan vitamin.  Bagaimana tertarik untuk membuatnya?
Sampai di sini untuk resep kali Ini, mudah-mudahan, Sahabat Markas Resep suka dengan apa yang Admin Oya bawakan untuk hari ini, selamat memasak, jangan lupa untuk selalu bahagia.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa … Salam hangat  untuk sahabat Markas Resep di mana saja berada … Bye …  Bye …
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu Resep Udang

Tahu Gimbal Udang Rebon

Markas Resep – memberikan resep masak indonesia yang rasanya enak sekali yaitu Tahu Gimbal Udang Rebon buat pembaca yang penasaran mari disimak.
Apa kabarnya hari ini?  Untuk semua Sahabat Markas Resep dimanapun berada, semoga masih tetap semangat luar biasa.
Bingung mau masak apa hari ini? Lagi tidak napsu makan? Jangan khawatir, kali ini Admin Oya akan mengajak sahabat Markas Resep untuk mengeksekusi, Tahu Gimbal Udang Rebon.
Baca Juga Resep Lainnya :
Menu kali ini cocok banget buat orang yang lagi males makan nasi.
Berisi tahu, lontong, sayuran, dan gimbal udang, dijamin makan satu piring langsung kenyang.
Buruan merapat buat yang lagi pada malas makan, yuk buruan cap cus ke dapur siapkan bahan dan alatnya.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tahu Gimbal Udang Rebon adalah Sebagai berikut;
  • 6 potong tahu putih
  • 40 gr tauge
  • 2 lembar kol
  • Lontong
  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan Gimbal Udang Rebon;
  • 100 gr udang rebon
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung bumbu saya menggunakan tepung bumbu sasa
  •  Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak kemasan untuk menggoreng
Bahan Bumbu Kacang adalah sebagai berikut;
  • 200 gr kacang tanah
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • Gula pasir, garam dan gula merah secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng kacang.
Langkah membuat Tahu Gimbal Udang Rebon adalah sebagai berikut;Tahu Gimbal Udang Rebon
  1. Goreng tahu dalam minyak panas sampai kecoklatan, angkat.
  2. Campur semua bahan gimbal udang rebon, goreng sedikit demi sedikit, sampai habis.
  3. Buat sambal kacang, jangan lupa tambahkan air secukupnya.
  4. Iris tipis kool, rendam tauge di air panas kurang lebih lima menit, tiriskan.
  5. Tata dalam piring, lontong, tahu, gimbal, kool dan tauge, siram dengan sambal kacang kemudian tambahkan kecap taburi bawang goreng. Sebagai pelengkap tambahkan kerupuk vina.
Bagaimana Sahabat Markas Resep, mudah bukan cara membuatnya. Hayuk buruan dicoba tunggu apa lagi.
Bahanya mudah didapat begitupun dengan cara membuatnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sudah dulu ya resep kali ini, semoga Sahabat Resep di manapun berada suka dengan resep kali ini. Sampai jumpa di resep selanjutnya yang tentunya bikin nyam … nyam …. deh. Salam hangat!
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Tahu Resep Tempe

Kotokan Tongkol Tahu Tempe

Markas Resep – membagikan resep masak spesial yaitu Kotokan Tongkol Tahu Tempe bagi yang belum tau apa itu kotokan mari disimak bersama.
Kotokan,  teman teman sudah pada kenal kan dengan masakan yang satu ini?
Masakan yang bersantan kental dan mengundang selera,  bisa pedasnya sedang bisa sangat pedas.
Dalam olahan kotokan ini  perlu diingat ada penggunaan santan kani atau yang kental itu dan santan yang encer.
Baca Juga Resep Lainnya :
Lalu bila masyarakat milenial ada pertanyaan, bagaimana kalau menggunakan santan instan? Jawabannya sama, bagi dua santan encer dan santan kental. Kekentalannya ini meningkatkan cita rasa.
Bila ada yang bertanya lagi,  kalau  bahannya bukan ikan tongkol,  apa bisa?  jawabnya boleh bakai ikan Pe,  atau tanpa ikan boleh.
Ayo kita masak Kotokan Tongkol Tahu Tempe bahan bahan sebagai berikut
  • 5 iris ikan tongkol, digoreng
  • 1 papan tahu putih  potong dadu, dogoreng
  • Secukupnya tempe,  potong dadu
  • 1 cabe hijau iris 1/2 cm
  • 5 cabe rawit utuhkan, beri keratan sedikit.
  • 1 tomat hijau iris
  • 1 tomat hijah iris
Dihaluskan:
  • 1 ruas lengkuas
  • Seiris jahe
  • Seiris kencur
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1/2 sdt bubuk ketumbar
  • 1/4 sdt bubuk merica
  • 3 butir kemiri
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Gula dan garam secukupnya
  • Daun salam dqn daun jeruk  purut utuhkan
  • 5 biji pete iris-iris
  • Santan dari 1/2 butir kelapa, pisahkan yang kental dengan yang encer
Cara membuat Kotokan Tongkol Tahu Tempe yaitu:Kotokan Tongkol Tahu Tempe
  1. Ulek atau blender bahan bumbu halus, sisihkan
  2. Peras santan menjadi dua bagian yang kental atau kani dan yang encer
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  4. Masukkan tongkol,  tahu dan tempe,  aduk rata
  5. Tuang santan encer, masak sampai mendidih
  6. Masukkan daun salam dan daun jeruk purut
  7. Masukkan irisan cabe,  tomat dan pete
  8. Tuang santan kani.  Masak sambil diaduk hingga mendidih, segera matikan api.
  9. Kitokan 3T sudah jadi,  siap untuk disajikan. Selamat menikmati kawan Markas Resep
Selalu bersama kami ya,  akan ada banyak resep masakan Indonesia untuk anda.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai bertemu lagi  di resep selanjutnya ya. Salam hangat untuk semua.