Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Plecing Kangkung

Markas Resep – membagikan resep masak sayuran yaitu Plecing Kangkung pastikan para pembaca membeli bahan sebelum melakukan eksekusi ya.
Hai hai,  kita memasak lagi hari ini, mmm ada kangkung nah, kita masak yuk,  oh ya admin mau bercerita dulu ya sebelum mulai masak, jangan parno ya kawan dengan kangkung,  karena berita dari luar sana yang begini dan begitu  tentang sesuatu yang berasal dari mengkonsumsi kangkung ini.
Buang kekhawatiran  yang tidak beralasan dengan kecerdasan ketika mengolah sebuah bahan sebelum dimasak.
Jadi jaman dulu orang tua mengajari menyiangi sayur kangkung itu dengan dibelah batangnya,  lalu diremdam sebentar dengan menggunakan air garam.
Baca Juga Resep Lainnya :
Fungsinya agar segala bakteri jamur dan Sesuatu yang menempel di kangkung terlepas. Lalu bilas di air mengalir.
Sekarang kita ke plecing, admin tahunya plecing ini dari sahabat lama yang berasal dari Lombok juga sahabat baru dari Bali.
Ternyata bila di Jawa istilah nya kulub-an apa spesialnya?  Uwoouww ternyata di sambal tomatnya (dari sumber orang Bali asli) hadeeuuhh pasti lezat yaaa.
Nah sama ternyata,  orang Jawa paling senang kulub-an ini, ada yang dicocol sambal tomat ada yang sambal terasi, bagaimana dengan daerah lain?
Ayo diintip bahan apa saja yang duperlukan untuk  membuat Pelecing Kangkung ini
  • 3 ikat kangkung, siangi
  • Bahan sambal Tomat
  • 2 siung  bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 5 cabe rawit (ini sesuai selera ya,  bila ada yang suka pedas kaya setan silahkan ditambah, yang takut pedas dikurangi saja)
  • 3 buah tomat ukuran sedang
  • 1/2 sendok teh terasi
  • Jeruk limau
  • Gula dan garam secukupnya
Cara  membuat Plecing kangkungPlecing Kangkung
  1. Setelah kangkung disiangi dicuci bersih,  lalu rebus  beberapa menit hingga layu, tapi jangan terlalu matang ya, tiriskan.  Sisihkan
  2. Buat sambalnya,  haluskan semua bahan, terakhir jeruk limau
  3. Tumis sambal, setelah aroma sedap telah menguar,  angkat
  4. Penyajian sambal bisa diletakkan pada mangkok atau piring, bisa juga disiramkan di atas kangkung
Waahhh sedapnya ini bisa ditemani dengan ayam betutu loh aw aw berasa di pulau Lombok atau Bali saja makan masakan ini.
Eh lebih sedap lagi  bila makannya rame-rame ya,  ayo makan bersama
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Untuk kesehatan pencernaan sayur kangkung ini sangat bagus ya,  jadi tak perlu takut mengkonsumsi sayur ini, ayo makan yang sehat dengan sayuran setiap hari.
Sahabat Markas Resep sampai jumpa di resep selanjutnya ya. Salam Sayang untuk Anda.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Labu Siam

Markas Resep – membagikan resep masakan indonesia yaitu Sayur Labu Siam meskipun terkesan sangat sederhana tapi rasa yang akan dihasilkan wuenak loh.
Labu siam ini ada yang menyebutnya manisa.
Kalau di asalku lahir suka menyebut jangan siem nah,  jangan he he,  entah segala sayur disebut jangan,  dari jangan asem,  jangan tewel, jangan itu kan tidak boleh ya.  Ini sebutan daerah untuk masakan yang berkuah.
Labu siam atau manisa ini,  sebelum mengolah harus dihilangkan dulu getahnya orang jawa timur bilang dadak.
Baca Juga Resep Lainnya :
Caranya iris di bagian tempat tangkai buah sedikit, lalu gesek-gesek secara melingkar hingga keluar getahnya.
Getahnya ini membekas ditangan, bila mengupas tangan saya bungkus dengan plastik.  Dengan membuang getahnya lebih dulu akan mempermudah pengupasan,  tidak licin di tangan.
Jaman sekarang untuk memasak labu siam/manisa ini sudah ada yang dijual dalam bentuk irisan, jadi tinggal mengolah saja.
Ayo kita lihat bahan apa saja uang diperlukan untuk membuat Sayur Labu Siam
  • 250 gram labu siam yang sudah diiris
  • 5 biji pete diiris tipis
  • 1 sdm ebi kering yang kecil (gremut)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar jeruk purut
Bumbu halus
  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 1 buah cabe merah
  • 5 buah kemiri
  • Seiris kunyit
  • Bahan pelengkap
  • 5 cabe rawit utuh
  • Seiris lengkuas geprek
  • 1 bungkus santan instan yang kecil
  • 1 liter air
Cara membuat Sayur Labu Siam

Sayur Labu Siam

  1. Cuci lqbu siam dengan air tambahkan garam,  bilas dan rebus dengan air
  2. Bahan bumbu halus diuleg atau diblender.
  3. Tumis bumbu halus,  masukkan daun jeruk purut,  daun salam,  lengkuas
  4. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan labu siam/ manisa,  aduk rata, tambahkan, pete, cabe dan ebi kering
  5. Terakhir tuang santan,  masak hingga matang
Sayur labu siam ini biasanya selalu ada ketika hari raya menemani opor ayam, dimakan dengan lontong atau ketupat, waduh sedapnya.
Berarti ini juga masakan spesial ya,  nah boleh kog masak setiap hari sayur labu siamnya tidak harus menunggu lebaran
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Ayo segera ke dapur sahabat Markas Resep untuk menyajikan masakan yang lezat untuk keluarga.
Sampai jumpa dengan masakan berikutnya bersama kami, Markas Resep untuk anda.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Pete Resep Sayuran

Tumis Kacang Panjang Campur Pete

Markas Resep – memberikan resep masak sederhana yakni Tumis Kacang Panjang Campur Pete yuk langsung kita simak resepnya dibawah ini.
Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga senantiasa sehat dan semangat terus ya. Semangat untuk menghadirkan menu masakan yang menarik buat keluarga tercinta.
Masih bingung mau masak apa hari ini? Apa bingung karena uang di dompet menipis? Tapi pingin menghadirkan menu masakan yang bergizi.
Baca Juga Resep Lainnya :
Jangan khawatir, hari ini Admin Oya akan membawakan resep yang nggak bikin kantong bolong tapi tetap penuh gizi.Yaitu Tumis Kacang Panjang Campur Pete.
Lho-lho kok ada campuran Petenya? Biar sedep dong, mau tahu apa manfaat dari pete? Sini tak bisikin ternyata pete itu banyak sekali manfaatnya di antara manfaat pete antara lain;
  • Mengobati penyakit diabetes / gula darah.
  • Mengurangi Kolesterol.
  • Sebagai Obat Sakit Jantung.
  • Meredakan Depresi.
  • Mencegah Gangguan PMS.
  • Mencegah Penyakit Anemia.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.
  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif.
  • Sedangkan manfaat kacang panjang adalah sebagai berikut;
  • Menyehatkan mata.
  • Menurunkan risiko nyeri sendi.
  • Menangkal radikal bebas.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Menyehatkan janin.
Wow luar biasa bukan manfaat dari kacang panjang dan pete? Masak ini nggak habis sepuluh ribu lho sahabat Markas Resep, beneran.
Apalagi di tempat Admin Oya, bahan untuk memasak tergolong murah, satu papan pete sekao aja harganya sekitar seribu lima ratus sampai dua ribu. Kacang panjang seiket sedang lima ribu.
Untuk membuat tumis kacang panjang campur pete adalah sebagai berikut;
  • 1 ikat kacang panjang
  • 1 papan pete
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 4 buah Cabe hijau
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas geprek
  • Garam, gula pasir, gula merah dan minyak goreng secukupnya
Cara memasak Tumis Kacang Campur Pete adalah sebagai berikut;Tumis Kacang Panjang Campur Pete
  1. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan lengkuas dan daun salam dan merica bubuk
  2. Masukan kacang yang sudah dipotong-potong kecil, beserta cabe hijau yang sudah diiris kasar.
  3. Tambahkan air secukupnya, kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya.
  4. Masukan pete yang sudah dikupas, aduk-aduk tunggu sampai kacang matang. Tes rasa angkat.
Nah sudah jadi deh tumisnya, gimana sahabat Markas Resep, mudah bukan cara membuatnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep selanjutnya. Salam hangat untuk keluarga tercinta.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Bening Oyong

Markas Resep – kembali memberikan resep masak sayur yang begitu enak yaitu Sayur Bening Oyong langsung kita bareng simak yuk.
Hai …. Hai….  Apa kabar sahabat markas resep dan pecinta kuliner, pastinya semua sehat dan sudah siap memasak untuk keluarga tercinta.
Sahabat, penambahan umur adalah hal yang mutlak dialami oleh setiap orang.
Dengan penambahan usia, banyak sekali makanan yang dipantang dengan alasan kesehatan kondisi badan masing-masing individu.
Oleh karena itu, tiap individu harus paham dengan kondisi dan selalu menjaga kesehatan.
Pemilihan bahan makanan pun harus lebih selektif, bukan berarti ada bahan makanan yang buruk buat kesehatan, namun lebih pada melihat kondisi tiap-tiap individu yang berbeda.
Nah, kali ini Admin Vita mau memasak dengan bahan utama Oyong.
Baca Juga Resep Lainnya :
Oyong atau Gambas adalah sayuran berwarna hijau dan bentuknya memanjang.
Kandungan dalam Oyong antara lain, vitamin, mineral, anti oksidan dan nutrisi lipid.
Manfaat sayuran Oyong juga banyak diantara adalah mencegah penyakit mata, mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, nyeri otot dan baik untuk kulit.
Oyong juga baik dikonsumsi oleh orang yang mempunyai tingkat asam urat tinggi.
Lengkapnya kandungan nutrisi dalam sayuran Oyong sangat cocok dikonsumsi oleh kita, baik orang tua, dewasa maupun anak-anak.
Tunggu apa lagi, ayo kita ke dapur memulai eksekusi Oyong ini, yuks.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Oyong yang muda 1 batang atau sekitar 100 gram
  • Daging ayam bagian dada 150 gram, potong dadu
  • Wortel 1 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 5 buah
  • Lada bubuk sejumput saja
  • Daun bawang 1 batang
  • Daun seledri
  • Tomat 1 buah
  • Gula dan garam secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Bawang goreng
Cara Pembuatan :Sayur Bening Oyong
  1. Rebus daging ayam yang sudah dipotong dadu dalam 1 panci air
  2. Bersihkan oyong bag luarnya, cuci bersih lalu potong-potong
  3. Cuci wortel dan potong
  4. Rajang tipis bawang merah dan bawang putih lalu masukkan ke dalam panci yang berisi daging ayam
  5. Tunggu sampai mendidih dan daging matang, lalu masukkan oyong dan wortel
  6. Tambahkan lada bubuk, gula dan garam
  7. Biarkan mendidih dan sayuran matang
  8. Jangan lupa tes rasa
  9. Sesudah sayura dan ayam matang, masukkan daun bawang dan seledri serta tomat yang sudah diiris
  10. Biarkan matang sempurna, lalu angkat dan taburi dengan bawang goreng
  11. Sayur Bening Oyong siap dinikmati
Sangat mudah dan praktis. Hidangan ini sangat cocok dikonsumsi saat siang hari, segar dan menggugah selera.
Untuk yang mempunyai anak balita, Sayur Bening Oyong sangat direkomendasikan, karena kandungan gizi dari sayuran Oyong dan Wortel ditambah adanya protein hewani dari ayam, menunjang pemenuhan kebutuhan nutrisi sehari-hari anak.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian resep masakan rumahan sehari-hari kali ini. Selamat mencoba dan semoga memberikan inspirasi bagi sahabat markas resep semuanya.
Terimakasih
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Asem Bayam

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yaitu Sayur Asem Bayam jangan lupa terus membaca resep dari situs kami ya.
Cuaca yang panas hati juga panas?  Oh jangan. Walau suasana serasa asem tapi hati harus adem ya.  Yang asem cukup biar sayur asam saja yang menanggungnya.
Jadi nikmati semua dengan menciptakan sendiri kebahagiaan,  bahagia saat memasak tentunya, untuk makan siang enaknya yang segar ya dan berkuah.
Nah Markas Resep akan menawarkan pada sahabat pembaca untuk  sajian makan siang.
Sayur Asam Bayam,  belum pernah kan?  Selama ini pasti yang sering dipakai untuk membuat  sayur asam adalah kacang panjang ya.  Nah bayam juga bisa para sahabat.
Baca Juga Resep Lainnya :
Namun  perlu diketahui untuk mengolah bayam ini tidak boleh terlalu matang karena kandungan  zat besinya bisa hilang,  juga harus  sekali masak. Tidak bisa dipanasi lagi. Karena akan menjadi  racun.
Asam,  nah asam ini  sekarang sepertinya langka ya,  jaman dahulu sangat mudah mendapatkannya, bila kesulitan maka sahabat markas resep bisa mengganti dengan belimbing  wuluh. Ayo dicona memasak sayur asam yang satu ini
Langsung kita menuju bahan yang harus disiapkan untuk membuat Sayur Asem Bayam :
  • 200 gram daging tetelan,  bila tidak suka bisa diskip saja
  • 2 liter air
  • 250 gram bayam, cuci bersih dan siangi
  • 2 buah jagung manis,  potong-potong
  • 1 sdm asam jawa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas,  memarkan
  • 2 buah tomat, potong potong
Bumbu halus untuk membuat Sayur Asam Bayam:
  • 5 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 buah cabe merah/besar
  • Garam dan gula secukupnya
Cara membuat Sayur Asem Bayam sebagai berikut:Sayur Asem Bayam
  1. Rebus daging tetelan dan air hingga lunak, ( bila tidak menggunakan daging,  maka rebus jagung  terlebih dahulu)
  2. Tambahkan daun salam dan lengkuas
  3. Larutkan asam jawa di mangkok kecil dg sedikit air,  ambil airnya dan tuang dalam tetelan. Masak hingga mendidih
  4. Masukkan jagung  manis,  kemudian bayam. Masak hingga matang
  5. Terakhir tambahkan irisan tomat sebagai pelengkap
Siap disajikan untuk makan siang ya,  jangan lupa tetap semangat dan selalu bahagia.  Apapun masakan anda pasti lezat bila dimasak dengan cinta. Jangan lupa berdoa sebelum makan.
Bila anda gunda ketika ingin memasak,  santuy saja,  markas resep selalu menemani anda menyajikan masakan Indonesia yang anda suka.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai bertemu lagi dengan resep  berikutnya,  salam.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Terancam

Markas Resep – memberikan sebuah resep masakan indonesia yang cukup unik yaitu Terancam pastikan kalian mengikuti resepnya dengan benar.
Jumpa lagi sahabat Markas Resep, bagaimana kabarnya?  Tetap sehat dan semangat ya,  jangan lupa selalu hepi.
Bila sahabat ingin membuat masakan khas Indonesia maka sahabat tidak salah.  Disini tempat berbagi resep masakan Indonesia.
Hari ini admin aliz akan mengajak sahabat membuat olahan makanan yang disebut terancam.
Pasti pada kaget yang bukan orang Jawa. Kog bisa ada makanan terancam,  apakah mengandung sesuatu yang membahayakan manusia? He he tentu tidak.
Baca Juga Resep Lainnya :
Admin sendiri belum tahu pasti sejarah menamakan nama olahan makanan ini dengan sebutan Terancam. Yang jelas makanan ini enak menemani nasi jagung dan ikan asin.
Bagi pecinta terancam,  apa bila ada nasi kotak dengan menu Jawa yang ada terancamnya,  pasti itu yang dihabiskan lebih bukan?
Makanan ini terdiri dari tiga hingga empat bahan yang dicampur menjadi satu, dan disajikan mentah atau segar.
Bagi penyuka masakan khas Jawa,  ini pasti menu yang harus ada pada saat selamatan atau hajatan.
Ayo kita lihat cara membuat nya.
Bahan bahan yang diperlukan untuk  membuat Terancam adalah:
  • 3 buah mentimun
  • 2 sendok makan lamtoro
  • 200 gram kelapa muda parut memanjang
  • 50 gram taoge kecil
  • 5 utas kacang panjang,  rajang halus
  • Daun kemangi secukupnya
Bumbu halus:
  • 2 buah cabe merah biang bijinya
  • 2 siung bawang putih
  • 1 rias jari kencur
  • Sedikit twrasi
  • 2 lembar jeruk purut
  • Gula dan garam secukupnya
Cara membuat  Terancam sebagai berikut:Terancam
  1. Haluskan semua bumbu
  2. Campurkan jelapa parut dengan bumbu halus
  3. Kukus kelapa parut yaang sudah bercampur bumbu halus, tunggu beberapa menit
  4. Kupas mentimun dan potong dadu kecil-kecil
  5. Urap jadi satu, mentimun,  kacang panjang,  taoge, daun kemangi
  6. Campurkan parutan kelapa kukus pada campuaran bahan 5
  7. Setelah tercampur rata,  siap dihidangkan
Mudah bukan? Terancamnya sudah jadi sahabat Markas Resep. Siapkan nasi jagung dan ikan asinnya. Waow lezat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Pecinta terancam selamat menikmati,  sahabat Markas resep sampai jumpa di resep masakan Indonesia berikutnya.  Da daaa
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Nangka Sederhana

Markas Resep – Memberikan Resep Masak Indonesia yaitu Sayur Nangka Sederhana semoga para pembaca tetap setia membaca disitus ini ya.
Hallo …. Selamat datang kembali di markas resep. Sahabat markas resep dan pecinta kuliner apakah sudah memikirkan menu makanan untuk esok hari?
Nah Admin Vita datang bawa resep masakan berbahan dasar nangka muda. Bisa jadi inspirasi untuk memasak esok hari.
Sahabat, nangka tergolong dalam buah-buahan tropis, namun jika buah nangka masih muda bisa dibuat menjadi hidangan yang menggugah selera.
Di beberapa daerah, nangka muda atau nangka yang bisa dibuat sayur dikenal dengan sebutan gori. Gori ini enaknya dimasak dengan santan.
Sebut saja gudeg, lodeh nangka dan gulai nangka. Olahan nangka muda yang sudah terkenal dimana-mana.
Baca Juga Resep Lainnya :
Nangka muda sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan rendah lemaknya sangat baik untuk orang yang menjalani diet lemak. Selain itu nangka muda juga mengandung vitamin A dan C.
Dan yang tak kalah penting juga adalah kandungan mineral dalam nangka yang dibutuhkan dalam pertumbuhan.
Melihat banyaknya manfaat nangka muda, ga ada salahnya kita membuat menu masakan dengan bahan utama nangka muda.
Tak perlu berlama-lama, resep kita kali ini adalah Sayur Nangka Sederhana. Ayo kita mulai memasak.
Bahan-bahan Untuk Membuat Sayur Nangka Sederhana :
  • Nangka muda 300 gram
  • Ayam 250 gram ( boleh bagian sayap atau paha )
  • Bawang merah 8 biji
  • Bawang putih 5 siung
  • Kemiri sangrai 3 buah
  • Kunyit bakar 1 ruas
  • Cabai merah besar buang bijinya 1 buah
  • Ketumbar bubuk setengah sendok teh
  • Jahe 2 ruas
  • Lengkuas 2 ruas
  • Daun salam 3 lembar
  • Serai 1 batang dan geprek
  • Gula merah dan garam secukupnya
  • Santan kental 1 gelas
Bahan tambahan :
  • Bawang goreng
Cara Pembuatan Sayur Nangka Sederhana :Sayur Nangka Sederhana
  1. Pertama cuci bersih nangka lalu rebus dalam panci sampai layu, angkat dan tiriskan
  2. Cuci bersih ayam, buang bagian lemaknya
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri sangrai, ketumbar dan kunyit bakar
  4. Siapkan panci untuk memasak
  5. Masukkan 3 lembar daun salam, jahe dan lengkuas serta serai ke dalam panci
  6. Susun ayam yang sudah bersih tadi diatas daun salam dan bahan tadi
  7. Masukkan nangka yang sudah direbus ke dalam panci, diatas ayam
  8. Bagian atas nangka masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi
  9. Tambahkan garam dan gula merah yang sudah disisir
  10. Tambahkan 1 gelas air
  11. Tutup panci dan masak sampai mendidih dan bumbu matang dengan api kecil
  12. Jangan buka tutup panci ya, sahabat
  13. Sesudah tercium aroma harum, buka tutup panci
  14. Aduk-aduk nangka agar bumbu semakin rata dan ayam di bagian bawah tidak gosong
  15. Ayam akan terlihat matang
  16. Masukkan 1 gelas santan ke dalam panci, aduk-aduk lagi sampai santan mendidih dan rata
  17. Hati-hati dalam mengaduk agar santan tidak pecah dan ayam tidak hancur
  18. Ingat masak dengan api kecil
  19. Jika sudah mendidih tutup panci sampai matang, sesekali saja dibuka untuk mengaduk
  20. Tunggu sampai nangka empuk, matang. Ayam sudah pasti matang dan bumbu meresap
  21. – Angkat dan sajikan dengan taburan
  22. bawang goreng
  23. – Sayur nangka sederhana siap dinikmati dengan sambal bawang nan segar
Bagaimana resep kali ini, mudah bukan? Hanya saja butuh waktu agak lama untuk  memasaknya. Tapi tidak apa-apa jika hasilnya sebanding dan enak di lidah.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian resep kali ini. Selamat mencoba ! Terima kasih….
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran Resep Sup

Sayur Blonceng Kuah Rawon

Markas Resep – kembali memberikan resep masakan legenda indonesia yaitu Sayur Blonceng Kuah Rawon jangan sampai ketinggalan ya.
Rawon,  sahabat  Markas Resep pasti mengenal rawon makanan khas jawa timur yang kuahnya berwarna hitam dari buah kluwek.  Biasanya dan umumnya rawon ini berisi daging.
Rawon merupakan suguhan istimewa dari jaman dahulu hingga sekarang katika diadakan sebuah hajatan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Kali ini admin alizazet akan mengolah blonceng atau labu putih saja tanpa daging dengan kuah rawon, enak tidak?
Sahabat Markas resep bila ingin tahu dicoba saja,  bagi penikmat vegetarian, rawon tanpa dagingpun masih bisa dinikmati dan ternyata enak juga.Ayo langsung kita buat ya
Bahan untuk membuat sayur blonceng kuah rawon sebagai berikut
  • 300 gram blonceng atau labu putih,  kupas dan potong dadu
  • 500 ml air
Bumbu yang di haluskan:
  • 5 biji keluwak/keluwek, buang kulitnya
  • 7 butir bawang merah
  • 4 butir gram bawang putih
  • 1/2 jempol jahe
  • 1/2 jempol lengkuas/laos
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 ruas kunyit (bisa diganti kunyit bubuk)1/2 sdt merica halus
Bumbu tambahan:
  • 1 batang serai, geprek
  • 1/2 ruas jahe, geprek
  • 1/2 ruas lengkuas/laos, geprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 100 ml minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Daun bawang rajang
  • Kaldu sapi bubuk secukupnya
Cara membuat Sayur Blonceng Kuah Rawon:Sayur Blonceng Kuah Rawon
  1. Setelah bumbu  dihaluskan. Tumis hingga harum
  2. Masukkan bumbu tambahan, aduk rata
  3. Masukkan potongan blonceng/labu putih,  masukkan bumbu tambahan, aduk sebentar
  4. Tuang air, biarkan mendidih dan matang.
Sayur  blonceng kuah rawon, siap dinikmati, bersama taburan kecambah atau taoge kecil, sambal terasi, telor asin dan kerupuk udang.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Jika memang masih penasaran dengan sayur tersebut para pembaca bisa berselancar ria dia mbah google cari dan pastinya kalian dapat mengetahui sesungguhnya khasiat dari makanan ini.
Selain baik bagi kesehatan juga sangat baik untuk metabolisme tubuh, jadi selain membuat perut kita kenyang juga dapat menjaga kesehatan tubuh.
Sampai jumpa di resep selanjutnya,  see you
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran Resep Tahu

Gehu Pedas

Markas Resep – membagikan resep spesial indonesia yakni Gehu Pedas jangan lupa untuk tetap membaca semua artikel memasak lainya.
Hola, sahabat markas lagi sibuk apa nih? Apapun kesibukannya semoga dijalani dengan senang hati dan bahagia.
Sahabat, terkadang saat lagi sibuk kita seringkali telat makan, bahkan sampai lupa makan.
Efeknya datang belakangan, kena sakit magh atau asam lambung mendadak meningkat.
Oleh karena itu, usahakan untuk makan teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
Namun, saat menunggu jam makan kadangkala kita sudah merasa lapar, perut keroncong ingin segera diisi.
Saat seperti ini memang cocoknya ngemil, mengisi sedikit perut dengan makanan ringan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Tapi sesekali bolehlah kita makan cemilan yang agak berat. Untuk itulah, Admin Vita datang membawa resep cemilan berat. Resep kita kali ini adalah Gehu Pedas.
Bagi sahabat yang berasal dari kota Bandung dan sekitarnya pasti hafal dengan kuliner satu ini. Gehu atau Toge Tahu adalah tahu yang diberi isian sayuran berupa tauge dan wortel, lalu di balut tepung dan digoreng.
Di daerah lain biasa disebut Tahu isi. Kalau untuk pedas adalah cita rasa yang disajikan adalah pedas.
Gehu Pedas sekarang ini bervariasi isiannya, yang semula hanya tauge dan wortel, sekarang ditambahkan bahan seperti bakso, sosis, bahkan ayam pun ada, tergantung selera masing-masing.
Namun kali ini Admin Vita hendak membuat Gehu Pedas original. Ayo, simak resepnya dibawah ini.
Bahan-bahan untuk tahu :
  • Tahu ( boleh memakai tahu kuning/putih, boleh juga tahu yang berkulit coklat ) 8 buah ukuran sedang
  • Tepung terigu 200 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Bawang putih 2 siung
  • Lada bubuk 1 sendok
  • Ketumbar setengah sendok teh
  • Daun bawang 2 batang iris tipis
  • Garam secukupnya
Bahan untuk isian :
  • Tauge 50 gram, buang akarnya lalu cuci bersih
  • Wortel 1 batang, cuci lalu serut/iris panjang tipis
  • Bawang merah 2 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Lada sejumput saja
  • Cabai rawit 6 buah ( boleh disesuaikan jumlahnya sesuai tingkat pedas yang diinginkan )
  • Garam dan gula putih secukupnya
Cara Pembuatan isi :
  1. Haluskan semua bumbu lalu, tumis dengan sedikit minyak, masukkan sayuran, gula dan garam
  2. Jangan terlalu matang, hanya sampai sayuran layu saja
  3. Angkat dan biarkan dingin
  4. Sesudah dingin isikan ke dalam tahu yang sudah disobek pada satu sisi
  5. Lakukan sampai seluruh tahu terisi
Cara Pembuatan Gehu :Gehu Pedas
  1. Haluskan bumbu lalu campur dengan kedua tepung, beri air secukupnya
  2. Tambahkan garam
  3. Tambahkan pula irisan daun bawang
  4. Aduk rata
  5. Diamkan beberapa saat
  6. Celup tahu yang sudah diisi dengan isian ke dalam larutan tepung. Lalu goreng dalam minyak panas
  7. Jangan lupa tiriskan sesudah matang agar minyak tidak menetes
  8. Gehu Pedas siap disantap, hangat-hangat.
Duh, nikmatnya makan Gehu Pedas ditemani segelas teh hangat atau secangkir kopi. Menyantap gorengan ini tidak perlu dengan cabai rawit hijau ya, karena isian di dalam gehu sudah pedas.
Jika sahabat hendak memvariasikan isian dengan bahan makanan lain seperti ayam yang sudah disuwir, bakso sapi atauapun bahan lainnya, boleh saja tinggal disesuaikan dengan kesukaan masing-masing.
Kita memang bisa berkreasi dengan berbagai macam bahan makanan dalam memasak.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Resep Gehu Pedas ini adalah resep gorengan yang simpel, sahabat bisa membuatnya kapan saja, bahan-bahan yang dipakai pun gampang dicari.
Akhir kata, semoga resep ini menginspirasi sahabat dan pecinta kuliner di manapun berada. Selamat mencoba. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Tumis Jantung Pisang

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yaitu Tumis Jantung Pisang belum tau apa sudah tau mari kita simak bersama langsung.
Hallo Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara, gimana punya kabar? Semoga senantiasa sehat dan berkah bahagia tentunya.
Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang akan mengajak Sahabat Markas Resep mengeksekusi kuliner yang Ndeso banget. Apalagi kalau bukan Tumis Jantung Pisang. Kenapa dibilang Ndeso? Karena yang menanam pohon pisang biasanya di desa.
Baca Juga Resep Lainnya :
Ternyata oh ternyata jantung pisang itu banyak sekali manfaatnya.
Berikut ini manfaat jantung pisang antara lain sebagai berikut;
  1. Mencegah infeksi
  2. Menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dan menyusui
  3. Mengatasi masalah menstruasi dan penurunan berat badan
  4. Meningkatkan mood dan mengatasi kecemasan
  5. Mencegah gangguan saraf
Udah tahu manfaatnya, yuk buruan cap cus buat masak.
Bahan Yang diperlukan untuk membuat Tumis Jantung pisang adalah sebagai berikut;
  • 1 buah jantung pisang kepok/sobo
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/5 sdt merica bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 batang serai
  • Garam, gula, dan minyak goreng secukupnya
Cara membuat Tumis Jantung Pisang adalah sebagai berikut;Tumis Jantung Pisang
  1. Jantung pisang buang kulit warna merahnya, kemudian cuci bersih, belah jadi dua.
  2. Rebus jantung pisang sampai empuk, angkat tiriskan.
  3. Cincang kasar jantung pisang yang sudah matang.
  4. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, lengkuas dan serai.
  5. Masukan jantung pisang aduk-aduk tambahkan air sedikit. Kemudian tambahkan garam, gula merah dan gula pasir secukupnya.
  6. Tes rasa dan angkat.
Taraaaa tumis jantung pisangnya sudah matang, gimana mudah bukan cara membuatnya, udah tahu manfaatnya, ayo buruan eksekusi.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep Admin Oya selanjutnya, semoga suka ya? Salam hangat untuk seluruh keluarga.