Categories
Resep Bakso Resep Masak Indonesia Resep Mie

Mie Kenyol Bakso Sayur

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana yakni Mie Kenyol Bakso Sayur semoga para pembaca tetap semangat memasak.
Hai … Hello Sahabat Markas Resep, punya kabar apa ya hari ini? Wah semoga tetap semangat, bahagia selamanya, itu yang diharapkan.
Jumpa kembali dengan Admin Oya,  yang akan menghadirkan kuliner yang sederhana, tapi rasanya nendang banget di lidah. Bikin makan nggak mau berhenti, wah gawat dong!
Berbicara soal mie, ternyata di Indonesia ini banyak sekali macamnya mie, mulai dari Mie goreng, mie kuah, mie kering, soto mie, indome, mie sedap, mie burung dara, mie urai, mie telor, wah ternyata nggak akan habis kalau kita kulik satu persatu.
Baca Juga Resep Lainnya :
Untuk kali ini Admin Oya ingin menghadirkan kuliner berbahan dasar mie, yaitu mie Kenyol. Mie kenyol bakso sayur.
Aneh ya namanya mie kenyol? Emang mue ini bertekstur kenyal gitu deh, pokoknya sedikit berbeda dari mie-mie yang lain.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Mie kenyol bakso sayur adalah sebagai berikut;
  • 1/4 kg mie kenyol
  • 4 lembar sayur chesin
  • 2 bungkus bakso sayur
  • 2 batang daun bawang dan seledri iris kasar
  • 2 sendok makan kecap
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • bumbu yang dihaluskan adalah sebagai berikut;
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe hijau
  • 6 buah cabe rawit tergantung selera pedas atau tidaknya.
  • 3 butir kemiri
  • Garam, merica, gula pasir dan minyak goreng secukupnya.
Langkah untuk membuat Mie Kenyol Anti Kenyol adalah sebagai berikut;Mie Kenyol Bakso Sayur
  1. Beli mie kenyol yang siap masak
  2. Haluskan bumbu
  3. Siangi sayuran
  4. Goreng bakso sampai kering
  5. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan sayur aduk-aduk biar bumbu merata, tambahkan sedikit air, kemudian masukkan mie, aduk sebentar, masukan bakso goreng.
  6. Campur semua bahan jadi satu, tes rasa dan angkat.
Taraaaa mudah bukan cara membuatnya, gimana mau langsung dieksekusi. Silakan. Okey sampai jumpa di resep Admin Oya selanjutnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Pastinya tetap di Markas Resep. Salam hangat untuk keluarga tercinta.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Mie

Mie goreng Hot

Markas Resep – memberikan Resep Mie goreng Hot sebagai pilihan untuk para pembaca setia website ini, semoga bermanfaat dan dapat dicoba ya.
Hai … hai … Hallo apa kabar Bunda, Sista Sahabat Resep di seluruh Nusantara. Semoga hari ini tetap semangat dan selalu bahagia luar biasa. Aamiin.
Jumpa kembali dengan Admin Oya yang akan membawakan resep-resep yang pastinya bisa menjadi referensi masak hari ini, jadi nggak perlu bingung lagi kalau mau masak tinggal klik Markas Resep maka Bunda and Sista semuanya bebas pilihan dalam menghidangkan makanan untuk keluarga tercinta.
Baca Juga Resep Lainnya :
Untuk resep kali ini, masih melengkapi deretan menu di musim hujan, yaitu kesukaaan anak muda banget, apalagi anak muda yang lagi nge-kost. Hihihi.
Apalagi kalau bukan Mie. Ya namanya Mie goreng Hot.
Udah kebayang belum gimana Hot- nya ini mie, ayo buruan cap cus deh!
Bahan Untuk membuat mie Goreng Hot adalah sebagai berikut;
  • 1 bungkus mie goreng telur
  • 2 sdm minyak
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 2 ruas jahe segar cincang halus
  • 4 buah cabe merah iris tipis
  • 6 buah cabe rawit iris tipis
  • 1 siung bawang bombay iris tipis
  • 150 gram buncis iris halus
  • 1 buah paprika iris halus
  • 1 sdm kecap asin,
  • 1 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
Cara membuat Mie goreng Hot;Mie goreng Hot
  1. Panaskan wajan tuangi minyak hingga panas
  2. Masukan bawang putih, bawang Bombay dan jahe aduk-aduk hingga harum
  3. Tambahkan cabe aduk-aduk, hingga harum
  4. Tambahkan paprika aduk-aduk kemudian masukan mie yang sudah direndam air panas, tambahkan garam, kecap, dan gula pasir aduk rata, kemudian tes rasa dan angkat.
Taraaaa Mie goreng Hot udah jadi, gimana mudah bukan cara membuatnya, ayo buruan buat biar keluarga makin sayang. Sekian resep dari Bunda Oya, sampai jumpa di resep selanjutnya, bye … bye …
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Mie

Mie Pangsit Istimewa

Markas Resep – membagikan resep masak indonesia Mie Pangsit Istimewa dengan bahan dasar dan juga cara pemasakan yang simple namun mengugah selera.

Hai para mama, bunda dan penyuka kuliner yang berbahagia. Apakah hari ini sudah terencana akan membuat masakan apa?

Weekend adalah waktu yang tepat untuk selalu membuaat masakan cinta untuk keluarga. Admin Aliz akan mengajak penggemar masak untuk memilih mie pangsit sebagai suguhan di sore yang dingin berteman rinai gerimis.

Ternyata membuat mie pangsit ini mudah, semua pasti bisa. Admin Aliz tidak sempat ke pasar membeli mie khusus untung mie pangsit, jadi mie kering yang ada pun ternyata bisa loh, dan rasa boleh juga ahaaa.

Ayo kita ke dapur ya, menyiapkan untuk membuat mie pangsit istimewa.

Bahan Membuat Mie Pangsit Istimewa :
  • 5 gulung mie pangsit yang sudah jadi. Bila tidak ada mie kering kenduri, kita pakai setengah dari satu pak
  • 1/4 kg daging ayam
  • 100 gr kulit daging ayam
  • bawang merah goreng
  • 2 siung bawang putih
  • Daun bawang rajang halus
  • Lada, garam, penyedap rasa
  • Kerupuk pangsit
  • 1/4 liter minyak goreng
  • 2000 ml air untuk kaldu, 1000 ml air untuk merebus mie
  • Sawi hijau yang sudah direbus
  • Cabe rawit hijau, irisan mentimun
Cara membuat mie pangsit istimewa ada beberapa tahap ya, simak baik baik

Resep Mie Pangsit Istimewa

  1. Membuat minyak ayam
    Tuang minyak dalam wajan, panaskan, masukkan kulit daging ayam, setelah agak kecoklatan, masukkan irisan bawang putih, goreng hingga bawang dan kulit matang. Matikan api, saring kulit dan bawang.Tuang minyak pada sebuah wadah, minyak ini yang disebut minyak ayam.
  2. Tambahkan merica, garam dan penyedap rasa, aduk rata dan sisihkan.
  3. Rebus daging ayam dalam 2 liter air, beri irisan bawang putih, masak hingga daging ayam matang.
  4. Angkat daging ayam, setelah dingin rajang halus hingga
  5. hancur,Siapkan penggorengan, beri sedikit miyak sayur, oseng-oseng daging ayam dengan menambahkan lada serta garam hingga kesat. Lalu angkat bila aroma telah harum. Sisihkan.
  6. Beri sedikit itisan daun bawang air rebusan tadi untuk kuah, sisihkan juga.
  7. Rebus mie pangsit atau mie kering, dengan 1000 ml air hingga matang, ingat jangan terlalu matang ya.
  8. Saat mie direbus, siapkan.mangkok-mangkok tuangkan minyak ayam masing-masing 2 sdm ke tiap mangkok. Admin Aliz menyiapkan 5 mangkok.
  9. Mie yang sudah matang bagi rata ke dalam 5 mangkok yang sudah diberi minyak ayam. Aduk cepat menggunakan sumpit. Tambahkan sayur sawi.

Untuk toping, taburi irisan ayam, bawang goreng, irisan daun bawang, irisan mentimun, cabe rawit hijau dan kerupuk pangsit.

Sajikan dengan atau tanpa kuah, sama-sama yummy. Nah siap disantap bersama keluarga.

Bagaimana penggemar kuliner yang berbahagia? Mudah bukan? Leskooo memasak bersama markas resep memasak. Selamat mencoba.

Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia Resep Mie

Mie tek-tek Tulang Ayam

Markas Resep – memberikan resep masak sederhana Mie tek-tek Tulang Ayam pastinya enak dan bisa diolah oleh orang yang belum mahir dalam memasak sekalipun.

Hai … hai …. Sahabat markas resep, para pecinta kuliner dimanapun berada, bagaimana kabarnya hari ini? Tentunya dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Aamiin.

Hari ini Admin Vita lagi males makan, tapi lapar. Pengen makan yang bikin kenyang tapi enak dan menantang. Daripada ribet capcus bikin Mie Tektek Tulang Ayam.

Selain kandungan karbohidrat dalam mie yang bikin cepat kenyang, ada tantangan tersendiri saat makanin tulangnya, eh lebih tepatnya nyesepin daging yang nyempil di antara tulang tersebut. Ada gemesgemesnya gitu deh.

Meski mie termasuk makanan berkarbohidrat tinggi, jangan kuatir kurang nilai gizinya ya, sahabat, karena disini ane tambahin aneka sayuran agar nilai gizinya seimbang.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Mie tek-tek Tulang Ayam:
  • Tulang ayam ( bisa dibeli di tukang ayam, biasanya tulang dari daging tebal yang difillet, jadi masih banyak daging yang menempel
  • Mie basah yang biasa ada di tukang mie ayam 250 gram
  • Telur ayam 1 butir
  • Baso sapi 5 butir iris tipis
  • Sawi hijau 1 ikat
  • Kol 5 lembar
  • Daun bawang 1 batang
  • Seledri 1 batang
  • Tomat 1 buah
Bumbu Untuk Membuat Mie tek-tek Tulang Ayam :
  • Bawang putih 4 siung
  • Merica bubuk 1/2 sachet
  • Cabai rawit merah optional, jika tidak suka pedas bisa di skip, jika suka boleh sesuka hati jumlahnya
  • Kecap manis
  • Daun salam 5 lembar
  • Serai 1 batang geprek
Bahan Pelengkap :
  • Bawang goreng
  • Acar timun
  • Kerupuk
Cara Pembuatan Mie tek-tek Tulang Ayam :Mie tek-tek Tulang Ayam
  1. Rebus tulang ayam dengan daun salam dan serai sampai empuk, tiriskan
  2. Rebus air dalam panci, setelah mendidih masukkan mie basah ke dalamnya beberapa saat sampai mie matang dan kenyal
  3. Cuci bersih semua sayuran dan bawang putih, tiriskan agar tidak banyak kandungan air
  4. Iris sawi hijau, kol dan tomat
  5. Iris agak lebar daun bawang dan seledri
  6. Iris baso sapi
  7. Cincang halus bawang putih
  8. Tumis bawang putih cincang sampai harum, lalu masukkan merica bubukMasukkan sawi putih, kol dan baso
  9. Beri air untuk mematangkan
  10. Beri garam dan gula
  11. Jika suka pedas bisa ditambahkan cabai rawit merah yang sudah dihaluskan
  12. Osreng sampai sayuran layu
    Masukkan telur ke dalam sayuran, aduk rata
  13. Setelah telur mulai menggumpal matang masukkan mie basah, adukaduk
  14. Lalu masukkan tulang rebus tadi
  15. Tambahkan kecap manis
  16. Aduk lagi dan tes rasa
  17. Boleh ditambahkan gula atau garam jika dirasa kurang
  18. Terakhir masukkan daun bawang, seledri dan tomat
  19. Tunggu sampai bumbu menyatu dan meresap ke dalam mie dan tulangAngkat dan sajikan
  20. Jangan lupa taburi bawang goreng
  21. Mie Tektek Tulang Ayam siap dinikmati

Makan Mie Tektek ini paling enak jika ditemani dengan acar timun dan kerupuk. Sahabat markas resep bisa menambahkan 2 bahan pelengkap ini.

Note : Jika sahabat kesulitan mendapatkan mie basahnya bisa diganti dengan mie telor kering yang ada dipasaran.

Resep kali ini cukup simple ya. Admin Vita mohon diri, sampai bertemu dengan resepresep yang asoy geboy dari kami selanjutnya. Ingatlah satu hal, jika memasak itu menyenangkan.