Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Mujaer Siram Saus Sambal

Markas Resep – kali ini menyuguhkan resep masakan sederhana yaitu Mujaer Siram Saus Sambal semoga tetap semangat membacanya ya.
Wah dapat ikan beneran kawan ya inilah iwak sesungguhnya he he, terus terang saya tidak pernah mau membersihkan ikan bila ada yang memberi dalam kondisi segar dan utuh,  tetangga memberi sudah siap masak loh. Alangkah senangnya, pengertian sekali.
Katanya ikan mujaer ini hasil dari memancing, entah mancing dimana.
Sempat bingung mau dimasak bagaimana.  Kuah acar atau digireng biasa. Ternyata keputusan ada ditangan oara pentuka ikan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Requesnya paling enak digoreng kering biasa saja. Tapi mujaer ini rasanya sangat tawar.  Jadi bumbu harus yang sedap supaya tidak hambar di lidah.
Kalau begitu ayo kita menggoreng mujaer ini,  admin akan membuat Mujaer Siram Saus Sambal, wah sedap dan pedas tentunya biar nikmat menyantap.
Bahan yang disiapkan untuk membuat Mujaer Siram Saus Sambal adalah
  • 1 ekor ikan Mujaer
  • 2 siung bawang putih, rajang halus
  • 1/4 bawang bombay, rajang halus
  • Garam,  merica secukupnya
  • Satu sendok teh maizena,  larutkan dengan sedikit air
  • Minyak untuk menggoreng
  • 2 sendok makan Saus sambal dan
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 100 ml air
  • Cuka
Cara membuat Mujaer Siram Saus SambalMujaer Siram Saus Sambal
  1. Bersihkan dan cuci mujaer
  2. Larutkan maizena dengan sedikit air,  campurkan bawang putih, bawang merah,  garam dan merica
  3. Siramkan di atas mujaer,  dan diamkan sejenak agar bumbu meresap
  4. Panaskan minyak, goreng  ikan mujaer hingga kering dan matang
  5. Buat sausnya,  campurkan 100 ml air dengan saus sambal dan saus tomat aduk rata, tambahkan garam,  bubuk merica, bubuk ketunbar,  masak di atas api kecil, tuangkan larutan maizena,  aduk rata,  beri sedikit cuka.
  6. Setelah matang siramkan saus diatas ikan mujaer yang sudah digoreng
Selesai, ikan mujaer siram saus tomat siap dihidangkan. Selamat menikmati. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu ya.
Tiada hari tanpa memasak, karena hidup harus bergerak,  agar semangat tetaplah mengkonsumsi makanan yang sehat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Tetap gembira dan jaga kesehatan sahabat Markas Resep semua. Sampai jumpa lagi pada resep selanjutnya, salam.
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Balado ikan asin

Markas Resep – membagikan resep masakan sederhana yaikni Balado ikan asin meskipun resep ini ala kadarnya tapi dapat menambah nafsu makan.
Hai …. sahabat markas resep, jumpa dengan Admin Vita, bagaimana kabar hari ini, tentunya semua dalam kondisi yang sehat dan bahagia selalu. Ohya, sudah masak apa hari ini untuk orang-orang tercinta?
Sahabat, hampir sebagian orang menyukai ikan asin. Mau dimasak apapun kalau judulnya ikan asin sepertinya selalu menggugah selera makan kita.
Ikan asin ada beberapa macam. Ada ikan asin teri, ikan asin jambal, ikan asin peda dan ikan asin lainnya.
Berbagai jenis masakan bisa diolah dengan menggunakan bahan dasar ikan asin.
Yang utamanya adalah dipadukan dengan sambal. Pasti sangat nikmat sekali dong ya.
Baca Juga Resep Lainnya :
Meskipun tergolong makanan kampung, namun ikan asin jika diolah dengan bumbu yang tepat dan enak bisa jadi hidangan berkelas.
Untuk itulah kali ini Admin Vita mengajak sahabat markas resep untuk mengolah ikan asin menjadi hidangan yang nikmat dan lezat pastinya.
Ikan asin yang digunakan kali ini adalah ikan asin tawar yang tipis dan kecil, biasanya kalau di pasar ada beberapa pedagang yang menyebutnya ikan asin kerupuk.
Karena saat digoreng, teksturnya yang tipis menjadi sangat renyah dan garing seperti makan kerupuk. Wah pastinya enak dan lezat.
Oke ayo kita mulai memasaknya. Resep kita kali ini adalah Balado Ikan Asin. Yuks ke dapur ….
Bahan-bahan yang diperlukan Untuk Membuat Balado ikan asin :
  • Ikan asin tawar yang tipis dan kering 200 gram atau ikan asin kerupuk
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah besar 3 buah
  • Cabai merah keriting 7 buah
  • Cabai rawit merah sesuai selera tingkat kepedasan
  • Tomat 1 butir
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Gula putih dan garam secukupnya
Cara Pembuatan Balado ikan asin :Balado Ikan Asin
  1. Cuci hingga bersih ikan asin, lalu tiriskan dan biarkan agak kering
  2. Goreng kering ikan asin dan tiriskan sampai minyaknya tidak menetes. Hati-hati ya sahabat jangan sampai gosong, nanti mempengaruhi citarasa dan tekstur renyahnya
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit serta tomat
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun jeruk, aduk merata
  5. Masukkan gula dan garam secukupnya
  6. Tambahkan sedikit air untuk mematangkan bumbu, aduk merata dan biarkan sampai matang
  7. Tes rasa untuk memastikan asin dan manisnya
  8. Masukkan ikan asin yang sudah digoreng tadi ke dalam bumbu, aduk-aduk sampai bumbu meresap dan merata ke seluruh bagian ikan asin
  9. Biarkan sampai matang sempurna dan bumbu mengering pada ikan asin
  10. Angkat dan sajikan
  11. Usahakan menyimpan hidangan ini pada wadah kedap udara, agar tekstur renyah dari ikan asin tersebut tetap terjaga
  12. Balado ikan asin siap disantap dengan sepiring nasi hangat
Sangat mudah untuk mengolah hidangan ini. Pasti sahabat markas resep dan pecinta kuliner bisa mengolahnya.
Sebenarnya berbagai jenis ikan asin bisa diolah dengan resep ini.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Namun, Admin Vita sengaja memakai ikan asin kerupuk agar lebih renyah dan gurih sehingga jika dipadukan dengan bumbu balado sangat cocok sekali. Gurih, renyah, pedas adalah citarasa yang didapat.
Sahabat markas, selamat mencoba resep kali ini. Sampai jumpa pada resep masakan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Salam …. Terimakasih
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Ikan Bawal Bumbu Acar

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yaitu Ikan Bawal Bumbu Acar untuk lebih lengkapnya mari kita simak semuanya dibawah ini.
Hai … Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga hari ini tetap dalam keadaan sehat, ceria bahagia selamanya.
Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang selalu akan menghadirkan resep-resep yang sangat mudah untuk dieksekusi.
Karena mudah juga mencari bahan-bahannya. Kita semua tahu, manfaat dari ikan, di mana ikan banyak mengandung Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak.
Baca Juga Resep Lainnya :
Kali ini Admin Oya akan mengolah makanan berbahan dasar ikan. Nah ikan yang akan digunakan adalah ikan bawal. Karena ikan ini banyak dijual di pasar.
Kuliner  Ikan bawal  ini banyak macamnya, mulai dari bawal goreng, bawal sambal matah, bawal bakar madu, bawal bakar kecap dan kali ini admin Oya ingin menghadirkan resep ini.Okey baiklah kita capcus untuk mengeksekusinya.
Bahan yang digunakan untuk membuat Ikan Bawal Bumbu acar adalah sebagai berikut;
  • 500 gram ikan bawal
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2  buah kentimun
  • 1 buah wortel ukuran besar
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 buah jeruk nipis
  • 10 buah cabe rawit.
  • Minyak goreng, garam dan gula secukupnya.
Cara membuat Ikan Bawal Bumbu Acar adalah sebagai berikut;Ikan Bawal Bumbu Acar
  1. Cuci bersih bawal, buang kotorannya.
  2. ( Tips Memilih ikan bawal yang segar,atanua bening, kulit cemerlang, dagingnya kenyal tak berbau)
  3. Sebelum digoreng bawal direndam dalam bumbu ketumbar, bawang putih dan garam, dan juga jeruk nipis biar tidak bau amis.
  4. Goreng bawal sampai kering angkat.
  5. Iris timun dan wortel sepanjang korek api.
  6. Goreng bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiiri, garam gula pasir) tambahkan sedikit air.
  7. Masukkan bawal goreng, ketimun, wortel dan cabe rawit yang telah dibuang tangkainya sebentar. Tes rasa angkat.
Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, ayo buruan eksekusi.
Anak-anak pasti suka. Demikian resep Ikan Bawal Bumbu Acar, semoga suka.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep selanjutnya, tetap bersama admin-admin di Markas Resep, salam hangat untuk keluarga tercinta. Ayo makan ikan. Bye … bye …
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Pecak Panggang Cabe Setan

Markas Resep – membagikan resep masak indonesia yang sangat pedas yaitu Pecak Panggang Cabe Setan penasaran langsung di baca aja ya.
Hai … hallo … Apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada. Semoga hari ini tetap semangat, bahagia selamanya.
Ngomong-ngomong tentang kuliner yang satu ini, udah kebayang untuk diet besok-besok lagi, karena saking sedapnya, perpaduan bumbu goreng dengan cabe yang pedas dan ikan layang yang gurih, napsu makan jadi bertambah.
Oh wow! Sensasi pedas dari Pecak panggang ini kerasa banget di lidah. Untuk penggemar pedas buruan merapat.
Meskipun seperti itu para penggemar pedas juga harus tetap makan pada porsi sehat ataupun yang tidak terlalu over.
Baca Juga Resep Lainnya :
Jika kita lihat belakangan waktu banyak sekali youtuber yang mencoba melakukan hal diluar nalar seperti makan sesuatu yang sangat pedas diluar kemampuan si pemakan.
Hal tersebut akan membuat kerugian baik diri sendiri dan juga para penontonnya, nah untuk itu jangan di tiru ya.
Kali ini Admin Oya akan membawakan resep yang membuat mata kita melek lebar, buruan cap cus untuk mengeksekusi Panggang Pecak Cabe Setan
Bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut;
  • 10 ikan layang sedang, beli yang sudah dipanggang.
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 10 cabe rawit setan
  • 5 cabe keriting
  • 2 buah tomat (Ini sesuai tingkat kepedasan aja)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula merah, gula pasir dan garam secukupnya.
Cara membuat Pecak Panggang Cabe Setan adalah sebagai berikut;Pecak Panggang Cabe Setan
  1. Goreng ikan layang panggang
  2. Goreng bumbu-bumbu di atas
  3. Uleg bumbu-bumbu tadi tambahkan gula merah, gula pasir kemudian taruh ikan layang di atas piring, tambahkan sambal tadi, penyet-penyet.
Ya dah jadi, mudah bukan cara membuatnya, makan dengan nasi hangat dan sayur bening, waw mantap dah pokoknya. Kalau untuk yang tidak suka pedas kurangi penggunaan cabe.
Bagaimana tertarik untuk membuatnya? Kalau tertarik boleh dicoba.
Okey deh buruan coba. Udah dulu ya … Sampai di sini Resep Panggang layang Cabe Setan, sampai jumpa di resep selanjutnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Semoga selalu suka dengan resep yang Admin oya sampaikan. Salam hangat untuk keluarga tercinta.
Tetap semangat masak hari ini, esok dan lusa. Terima kasih.
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Pete

Nasi Liwet Teri Pete

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yakni Nasi Liwet Teri Pete pastikan pembaca menyimak semuanya dengan baik.
Hai Sahabat markas resep, pernahkan mendengar kata Nasi liwet? Apa yang sahabat dan Pecinta kuliner pikirkan saat bertemu dengan kata nasi liwet? Enak, gurih, mantap, nikmat dan sedaaaappp.
Jenis makanan satu ini sering kita jumpai pada rumah makan bernuansa tradisional dengan sajian khas makanan jadul.
Daerah yang terkenal dengan makanan ini adalah Solo dan Bandung. Itulah sebabnya jika kita bertandang ke dua daerah ini, kita akan mudah menemukan kuliner nasi liwet.
Namun sekarang seiring dengan berkembangnya jaman, nasi liwet mulai banyak ditemukan di daerah lainnya.
Nasi liwet seringkali dimasak saat acara kumpul keluarga, saudara dan teman. Memang paling enak jika dimakan ramerame, dengan aneka lauk sederhana dan sambal serta lalapan yang menggugah selera.
Khasnya dimasak dalam sebuah panci berbentuk bulat, ada yang menyebutnya kastel dan memasak diatas tungku kayu bakar.
Baca Juga Resep Lainnya :
Namun seiring majunya teknologi, memasak nasi liwet diatas kompor gas maupun memakai magic com pun jadi. Yang penting praktis dan tetap lezat.
Dalam mengolah nasi liwet banyak sekali varian untuk campurannya. Ada yang memakai ikan asin peda, ikan asin teri, potongan ayam, bahkan pete dan jengkol pun bisa dipakai untuk campurannya.
Namun, kali ini Admin Vita akan memakai ikan asin teri plus pete. Memasaknya pun memakai magic com di rumah. Sangat praktis bukan? Ayo tunggu apa lagi kita langsung eksekusi.
Bahan-bahan Nasi Liwet Teri Pete:
  • Beras putih 1/2 kg cuci bersih
  • Ikan asin teri 50 gram, rendam beberapa saat dalam air mendidih lalu tiriskan
  • Pete 10 biji kupas dan belah dua lalu cuci bersih
  • Bawang merah 2 buah iris tipis
  • Bawang putih 1 buah iris tipis
  • Cabai merah besar 2 buah buang bijinya iris tipis
  • Serai 1 batang cuci bersih lalu geprek
  • Daun salam 4 lembar cuci bersih
  • Garam secukupnya
  • Bawang goreng 1 sendok makan
Cara Pembuatan Nasi Liwet Teri Pete :Nasi Liwet Teri Pete
  1. Cuci bersih beras, lalu tambahkan air secukupnya untuk menanak nasi
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih dan cabai merah besar yang sudah diiris tipistipis
  3. Tambahkan pula daun salam dan serai geprek
  4. Masukkan ikan teri asin yang sudah di rendam air mendidih sebelumnya
  5. Masukkan Pete yang sudah dibelah menjadi dua
  6. Terakhir tambahkan garam agar nasi bercitarasa gurih
  7. Aduk semua bahan yang sudah dimasukkan ke dalam magic com
  8. Lalu tekan tombol cook
  9. Tunggu sampai nasi matang
  10. Saat pertama kali tombol cook naik, aduk nasi agar Tanak, lalu tekan lagi tombol cook
  11. Sesudah matang angkat nasi dari wadah magic com lalu taburi bawang goreng diatasnya
  12. Nasi Liwet Teri Pete siap dinikmati bersama dengan sambal dan lalapan, hmmmm nikmat
Nah sahabat markas resep, sangat mudah dan praktis membuat nasi liwet ini, dijamin makan jadi nambah terus.
Jika tidak ada ikan asin di rumah, sahabat bisa memakai potongan ayam atau ayam suwir untuk campurannya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Untuk yang tidak suka dengan aroma pete yang khas, juga bisa di skip. Memasaklah sesuai dengan selera kita masing-masing.
Resep masakan rumahan seharihari kali ini cukup sekian, nantikan resep menarik dan mudah lainnya dari para Admin di markas resep. Selamat mencoba di rumah dan semoga menginspirasi. Terimakasih.
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Tempe

Tempe Kering Teri Kacang

Markas Resep – memberikan resep masak sederhana Tempe Kering Teri Kacang jangan lupa untuk selalu mensupport website ini ya.
Hallo …. Sahabat dan para pecinta kuliner gimana kabarnya? tentu semuanya sehat dan selalu penuh berkah. Aamiin ….
Sahabat, kalau lagi sibuk nih pengennya serba cepat dan praktis, termasuk dalam hal menyiapkan makanan juga. Terutama sarapan, pengen menyiapkan sarapan yang bergizi dan bernutrisi untuk keluarga, namun ga punya banyak waktu. Terkadang hal gini bikin galau  buat para ibu-ibu.
Baca Juga Resep Lainnya :
Melihat hal itu, kali ini admin Vita mau memberi inspirasi memasak lauk yang praktis namun bergizi dan lezat. Resep kita kali ini adalah Tempe Kering Teri Kacang.
Makanan ini dalam sekali memasak bisa menjadi banyak sehingga bisa untuk stok sehari-hari di rumah. Asal dalam menyimpannya harus tepat.  Mari kita mulai eksekusi memasak hidangan ini :
Bahan-bahan untuk membuat Tempe Kering Teri Kacang :
  • Kacang tanah kupas 1 ganggang, cuci bersih lalu goreng sampai matang kecoklatan
  • Teri Medan kering 50 gram, cuci dengan air panas, tiriskan lalu goreng kering
  • Tempe 1 papan, iris kecil memanjang, goreng sampai kecoklatan, tiriskan
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah besar 3 buah buang bijinya
  • Serai 1 batang
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 1 ruas ibu jari
  • Gula merah sisir 1 gundu
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Pembuatan Tempe Kering Teri Kacang :Tempe Kering Teri Kacang
  1. Siapkan kacang tanah yang sudah digoreng, teri medan yang sudah digoreng dan tempe yang sudah digoreng
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabai merah besar
  3. Tumis bumbu yang sudah diiris tersebut sampai harum
  4. Masukkan daun salam, langkuas dan serai yang sudah diiris tipistipis
  5. Aduk-aduk hingga merata
  6. Masukkan gula merah sisir dan gula pasir, aduk lagi hingga tercampur dan gula larut
  7. Hatihati dalam mengaduk, agar gula dan bumbu tidak gosong
  8. Tambahan sedikit garam untuk penyeimbang rasa
  9. Tes rasa
  10. Setelah rasa pas sesuai yang diharapkan, masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk lagi hingga tercampur dengan bumbu
  11. Tunggu sampai bumbu meresap dalam tempe
  12. Selanjutnya masukkan teri medan, aduk lagi hingga rata
  13. Tunggu lagi hingga tempe dan teri matang
  14. Terakhir masukkan kacang tanah goreng, adukaduk lagi sebentar
  15. Angkat dan siap disajikan
Note :
  • Ohya, saat memasukkan Kacang tanah goreng paling akhirnya dan jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan kacang menjadi gosong
  • Jika ingin menyimpan hidangan ini, sebaiknya tiriskan dahulu agar kadar minyaknya benarbenar berkurang. Karena akan mempengaruhi kerenyahan hasilnya
  •  Jika menggunakan ikan teri yang sudah asin, kurangi pemakaian garam, meski ikan sudah direndam dalam air panas, rasa asinnya masih ada dalam kadar tertentu
Sangat menggoda lidah banget hidangan ini. Citarasa dari hidangan ini adalah manis dan gurih. Namun manisnya tidak berlebihan sehingga nampol di lidah.
Tempe Kering Teri Kacang sangat enak jika dimakan dengan sayur bening bayam lho. Jika sahabat hendak mencoba, siapsiap ketagihan deh.
Makanan ini bisa juga dibawa untuk bekal teman makan nasi saat piknik. Untuk bekal makan siang juga sangat cocok.
Selain mudah membuatnya, praktis, sederhana dan hasilnya tahan lama, jika disimpan dalam wadah tertutup kedap udara.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Resep untuk kali ini cukup sekian, silahkan sahabat dan para pecinta kuliner mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi yaaa ….
Terimakasih
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Jambal Roti Cabe Ijo

Markas Resep – membagikan resep masak indonesia yakni Jambal Roti Cabe Ijo bagi yang penasaran dengan olahan dan resepnya mari disimak.
Hai …. hai …. Sahabat, jumpa kembali dengan Chef Vita, eits salah Admin Vita. Sedikit berkhayal boleh dong ya, sapa tau jadi chef beneran. Aamiin.
Sahabat, pastinya tahu dan familiar dengan ikan asin Jambal Roti. Ikan asin yang tergolong mahal diantara para ikan asin lainnya.
Kali ini, kita akan memasak ikan asin tersebut. Namun sebelumnya, ada sedikit informasi mengenai si Jambal Roti ini.
Jambal Roti termasuk ikan yang berukuran besar dan dagingnya tebal. Jika sahabat membeli jenis ikan asin ini, pastikan teliti dan cermat dalam memilihnya.
Baca Juga Resep Lainnya :
Pilihlah ikan asin Jambal Roti yang tidak mengandung formalin dan pemutih serta bahan pengawet yang berbahaya, cirinya adalah ikan tidak berwarna pucat dan berbau, sahabat pasti sudah hafal dengan bau khas ikan asin.
Selain itu, ikan asin yang dihinggapi lalat cenderung tidak mengandung formalin.
Agak ekstrim ya, tapi jangan khawatir, dalam mengolah ikan asin, ada trik tersendiri agar benar-benar memakai ikan asin yang higienis.
Tak perlu berpanjang lebar, resep kali ini adalah Jambal Roti Cabe Ijo.
Bahan-bahan Untuk Membuat Jambal Roti Cabe Ijo :
  • Ikan asin jambal roti 150 gram
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabe ijo besar 4 buah
  • Cabe ijo keriting 5 buah
  • Cabe rawit merah besar sesuai selera, boleh 5-10 sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan
  • Tomat ijo 2 buah
  • Lengkuas 1 ruas ibu jari
  • Serai 1 batang geprek
  • Daun salam 3 lembar
  • Gula merah 2 gundu iris tipis
  • Garam sedikit saja, untuk penyeimbang rasa dan penyedap secukupnya
Cara Pembuatan Jambal Roti Cabe Ijo :Jambal Roti Cabe Ijo
  1. Cuci bersih ikan asin jambal roti pada air yang mengalir, lalu potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.
  2. Selanjut rendam minimal selama 10 menit dalam air mendidih. Sesudah itu tiriskan dan siap diolah sesuai selera
  3. Goreng jambal roti pada minyak panas, tiriskan
  4. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabe ijo besar, cabe ijo keriting dan cabe rawit
  5. Tumis bumbu yang sudah diiris tersebut sampai harum
  6. Setelah harum, masukkan lengkuas, serai, daun salam
  7. Masukkan pula tomat hijau yang sudah diiris
  8. Aduk merata
  9. Tambahkan sedikit garam dan gula merah iris, boleh tambahkan penyedap,  aduk lagi
  10. Setelah semua layu dan mendekati matang, tambahkan air sedikit saja
  11. Tes rasa
  12. Sesudah air mendidih masukkan ikan asin jambal roti
  13. Aduk rata hingga bumbu tercampur
  14. Tunggu sampai bumbu meresap ke dalam ikan asin jambal roti dan air berkurang
  15. Setelah matang, angkat dan sajikan
Sangat mudah dan praktis. Citarasa yang didapat dari hidangan ini adalah segar, pedas dan asam dari tomat hijau.

Note :

  • jika ingin menghilangkan rasa asin yang berlebihan pada ikan asin, sahabat bisa rendam ikan asin dalam air hangat yang sudah dibubuhi garam dapur.
  • Jangan khawatir malah bertambah asin ya, karena sifat asin dari garam dapur mengikat kandungan garam pada ikan asin.
  • Dengan catatan konsentrasi garam pada larutan lebih rendah daripada garam pada ikan asin.
  • Biasanya perbandingan yang digunakan adalah untuk 1 kg ikan asin, garam yang dipakai adalah 1 SDM untuk 2 liter air.
Sahabat, hidangan ini sangat cocok jika disantap dengan nasi liwet. Lain waktu kita akan bahas tentang serba-serbi resep nasi liwet lezat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Selamat mencoba resep ini, semoga bermanfaat dan berkenan ya. Semangat selalu untuk memasak, yes ….
Terimakasih
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia Resep Tahu Resep Tempe

Kotokan Tongkol Tahu Tempe

Markas Resep – membagikan resep masak spesial yaitu Kotokan Tongkol Tahu Tempe bagi yang belum tau apa itu kotokan mari disimak bersama.
Kotokan,  teman teman sudah pada kenal kan dengan masakan yang satu ini?
Masakan yang bersantan kental dan mengundang selera,  bisa pedasnya sedang bisa sangat pedas.
Dalam olahan kotokan ini  perlu diingat ada penggunaan santan kani atau yang kental itu dan santan yang encer.
Baca Juga Resep Lainnya :
Lalu bila masyarakat milenial ada pertanyaan, bagaimana kalau menggunakan santan instan? Jawabannya sama, bagi dua santan encer dan santan kental. Kekentalannya ini meningkatkan cita rasa.
Bila ada yang bertanya lagi,  kalau  bahannya bukan ikan tongkol,  apa bisa?  jawabnya boleh bakai ikan Pe,  atau tanpa ikan boleh.
Ayo kita masak Kotokan Tongkol Tahu Tempe bahan bahan sebagai berikut
  • 5 iris ikan tongkol, digoreng
  • 1 papan tahu putih  potong dadu, dogoreng
  • Secukupnya tempe,  potong dadu
  • 1 cabe hijau iris 1/2 cm
  • 5 cabe rawit utuhkan, beri keratan sedikit.
  • 1 tomat hijau iris
  • 1 tomat hijah iris
Dihaluskan:
  • 1 ruas lengkuas
  • Seiris jahe
  • Seiris kencur
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1/2 sdt bubuk ketumbar
  • 1/4 sdt bubuk merica
  • 3 butir kemiri
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Gula dan garam secukupnya
  • Daun salam dqn daun jeruk  purut utuhkan
  • 5 biji pete iris-iris
  • Santan dari 1/2 butir kelapa, pisahkan yang kental dengan yang encer
Cara membuat Kotokan Tongkol Tahu Tempe yaitu:Kotokan Tongkol Tahu Tempe
  1. Ulek atau blender bahan bumbu halus, sisihkan
  2. Peras santan menjadi dua bagian yang kental atau kani dan yang encer
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  4. Masukkan tongkol,  tahu dan tempe,  aduk rata
  5. Tuang santan encer, masak sampai mendidih
  6. Masukkan daun salam dan daun jeruk purut
  7. Masukkan irisan cabe,  tomat dan pete
  8. Tuang santan kani.  Masak sambil diaduk hingga mendidih, segera matikan api.
  9. Kitokan 3T sudah jadi,  siap untuk disajikan. Selamat menikmati kawan Markas Resep
Selalu bersama kami ya,  akan ada banyak resep masakan Indonesia untuk anda.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai bertemu lagi  di resep selanjutnya ya. Salam hangat untuk semua.
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Bawal Bakar Madu

Markas Resep – memberikan resep masak spesial Bawal Bakar Madu untuk para pembaca setia pastinya bahan baku yang mudah didapat yang kita pilih.

Hai apa kabar Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara? Semoga di hari yang mendungmendung manja ini, karena sebentar lagi mungkin saja hujan mulai turun kembali, Sahabat Markas Resep dalam keadaan luar biasa sehat, ceria selamanya.

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang kali ini akan menghadirkan resep berbahan dasar ikan. Siapa sih yang nggak suka ikan, pastilah semua suka ikan.

Kata mantan Menteri Perikanan Ibu Susi yang nggak makan ikan akan ditenggelamkan. Berbagai olahan ikan dapat kita ciptakan.

Faktanya, ikan dan keluarga besarnya mengandung nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, protein, selenium, besi, zinc (seng) yang dapat menguatkan kuku dan tulang.

Manfaat makan ikan secara rutin bagi ibu hamil mampu turunkan risiko kelahiran premature dan berat lahir bayi yang rendah.

Sayangnya, banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih untuk makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam.

Baca juga resep lainnya :

Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam . Nah kali ini Admin Oya akan mbuat menu masakan Bawal Bakar Madu

Bahan Yang Digunakan Bawal Bakar Madu:
  • 500 gram ikan bawal segar (kulit bersih, mata tidak merah)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 sendok makan margarin
  • 1 buah jeruk nipis ukuran kecil
  • 2 sendok makan kecap
  • 2 sendok makan madu
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara membuat Bawal Bakar Madu;Bawal Bakar Madu
  1. Cuci bersih bersih ikan bawal, buang isinya.
  2. Haluskan garam, bawang putih, dan ketumbar.
  3. Lumuri ikan dengan bumbu halus, tambahkan perasan jeruk nipis, tunggu kurang lebih 15 menit
  4. Goreng ikan kemudian olesi margarin
  5. Bakar menggunakan grill pan, atau arang sesukanya, olesi madu dan kecap.
  6. Bakar sampai kecoklatan.
  7. Siap deh untuk di sajikan.
  8. Tambahkan sambal matah atau sambal tomat sesuai selera. Dengan lalapan daun kemangi, ketimun, pete
    Hmmm pasti rasanya endesss.

Sekian dulu resep Bawal Bakar Madu sampai jumpa di resep selanjutnya, salam hangat, bye … bye…

Baca juga resep masak yang ini :

Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Pindang Serani

Markas Resep – kembali memberikan resep masakan indonesia Pindang Serani dan semoga para pembaca tetap setia membaca di situs kami ya.
Hai … hai apa kabar Bunda-bunda, Sista-sista sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara, semoga hari ini tetap cerah ceria, bahagia selamanya.
Bingung mau masak hari ini? Nggak usah bingung Admin Oya siap dengan resep yang tentunya menggugah selera, makan jadi pengen nambah lagi dan nambah lagi eh jadi lupa diet deh.
Baca juga resep lainnya :
Bahan yang diperlukan  Untuk Membuat Olahan Pindang Serani Adalah Sebagai Berikut
  • Ikan bandeng 500 gram, buang insangnya sampai bersih, potong menjadi 3 bagian
  • Satu buah jeruk nipis ambil airnya saja, belah serong supaya lebih banyak airnya.
  • Satu batang serai geprek
  • Lengkuas 2 cm geprek, dua lembar daun salam
  • Kunyit 3 cm bakar geprek
  • Bawang merah lima siung iris tipis
  • Tomat satu buah potong-potong
  • Belimbing wuluh 6 buah potong-potong
  • Air 600 ml
  • Garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Olahan Pindang Serani adalah sebagai berikut;Pindang Serani
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, tunggu 15 menit biar bumbu meresap.
  2. Rebus air bersama bahan kecuali ikan bandeng, masak hingga mendidih.
  3. Masukan ikan, masak dengan api kecil hingga matang
  4. Tes rasa, angkat sajikan selagi hangat
Bagaimana sahabat markas resep, mudah bukan cara membuatnya.
Udah gitu kandungan protein dalam ikan luar biasa banget deh.
Baca juga resep masak yang ini :
Makanya buruan buat, pokoknya mantaps deh. Sampai jumpa di resep selanjutnya, salam hangat.