Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Geprek Sambal Matah

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yaitu Ayam Geprek Sambal Matah bagi yang penasaran cara pembuatannya langsung yuk dibaca.
Hallo … Hai apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga tetap sehat, semangat luar biasa.
 
Bagaimana masih suka dengan kuliner ayam? Kalau jawabannya masih berarti samaan dong kita.
Karena hari ini Admin Oya ingin berbagi resep dengan bahan utama ayam, apalagi kalau bukan Ayam Geprek yang diberi sambal khusus kali ini..
Baca Juga Resep Lainnya :
Wow dah kerasa deh gimana pedasnya. Tentu sangat menggugah selera banget nih.
 
Kenapa Admin Oya memilih sambal matah karena biar lebih sedep aja Sahabat Markas Resep. Makan dengan nasi anget ditambah berbagai lalapan wah tentunya menggoda banget.
 
Bagaimana kalau kita langsung ke dapur aja, buat mengeksekusi resep yang kita bahas satu ini yang tentunya endes gila, segera cap cus!
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Geprek Sambal Matah adalah Sebagai Berikut:
  • 500 gram ayam cuci bersih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/5 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1/5 Ons cabe hijau
  • Minyak, garam dan gula secukupnya
Cara membuat Ayam Geprek Sambal Matah adalah sebagai berikut:Ayam Geprek Sambal Matah
  1. Ungkep sebentar ayam dengan bumbu halus.
  2. Goreng Ayam sampai kuning kecoklatan
  3. Cuci bersih cabe, kemudian buat sambalnya dengan menambahkan garam secukupnya dan gula pasir secukupnya.
  4. Tambahkan dua siung bawang putih. Ulek kemudian tambahkan minyak goreng panas yang untuk menggoreng ayam satu sendok makan.
  5. Geprek ayam di atas bumbu sambal matah, tes rasa dan siap untuk dihidangkan.
Nah! Itulah resep masakan rumahan kali ini, yang bisa Sahabat Markas Resep buat sendiri di rumah, mudah cara membuatnya, dan hasilnya juga sangat istimewa sedap tiada terkira. Tunggu apalagi boleh langsung dicoba kok.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tentunya masih dengan Admin Oya dan Admin yang lainnya tetap du Markas Resep kita tercinta. Jangan lupa untuk selalu bahagia, bye … bye….
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Kecap Manis Pedas

Markas Resep – memberikan kembali resep masakan indonesia yaitu Ayam Kecap Manis Pedas semoga saja tidak bosan dan selalu support situs ini ya.
Apa kabar pecinta kuliner di Markas Resep? Saya akan menawarkan olahan ayam kuah kecap manis pedas.  Selain bisa untuk lauk makan bersama keluarga juga bisa untuk bekal sekolah atau ke kantor.
Bagi pecinta olahan ayam,  pasti masakan ini tidak asing lagi, sangat enak bukan?  Sedap pedas manis menjadi satu.
Kelezatan didapat dari bumbu-bunbu yang digunakan,  sangat lengkap.  Kata orang Jawa bumbu pepek.
Baca Juga Resep Lainnya :
Sebelum memasak olahan daging ayam,  para pecinta kuliner pasti sudah tahu kan,  untuk  memilih ayam yang segar. Bila yang kita konsumsi bagus dan bersih,  maka akan menyehatkan.
Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk memvuat Ayam Kecap Manis Pedas sebagai berikut, 
  • 600 gram daging ayam,  potong sesuai selera
Bumbu tambahan :
  • 1 potong lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 2  lembar jeruk purut
  • 2 Serai memarkan
  • 1 potong jahe
  • 1 tomat iris kecil-kecil
Bumbu halus :
  • 4 butir Bawang merah
  • 3 butir Bawang putih
  • 3 butir cabe merah
  • 5 butir cabe rawit, opsional
  • secukupnya Kecap
  • 5 buah kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 cabe merah besar buang isinya
  • secukupnya Saus tiram
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • sedikit gula merah
  • 200 ml air
Cara membuat Ayam Kecap Manis Pedas sebagai berikutAyam Kecap Manis Pedas
  1. Goreng ayam setengah matang, tiriskan dan sisihkan
  2. Haluskan bumbu, lalu tumis hingga harum
  3. Masukkan bumbu tambahan,
  4. Tambahkan air,  aduk rata hingga mendidih
  5. Masukkan daging ayam, masak hingga bumbu meresap
  6. Tambahkan saus tiram dan kecap manis,  aduk rata
  7. Matikan api bila bumbu sudah meresap dan air kuah menyusut. Laku beri irisan tomat.
  8. Siap disajikan, boleh ditaburi wijen atau bawang goreng
Selamat menikmati Ayam Kecap Manis Pedas ini bagi para pecinta olahan ayam, biasanya untuk yang sangat suka pedas,  ditambahkan cabe rawit utuh  atau dirajang, menambah rasa pedasnya yang begitu hot.
Jangan lupa jaga kesehatan dan cuci tangan sebelum makan.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Salam kuliner untuk anda,  selalu tetap bersama Markas Resep di sini. Sampai bertemu di resep selanjutnya.
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Usus Ayam Krispi

Markas Resep – hadir dengan resep masakan indonesia yaitu Usus Ayam Krispi yang pastinya digemari oleh semua kalangan khususnya anak-anak.
Hai … hai … Jumpa lagi sama Admin Vita, kali ini kembali datang memberikan resep seputar cemilan yang sederhana dan sering dijumpai di pinggir jalan.
Daripada membeli yang tak tahu kehigienisannya, lebih baik bikin sendiri.
Sahabat, pasti hafal dengan bahan makanan usus ayam. Kedengarannya agak ekstrim, karena termasuk dalam golongan makanan jeroan.
Bentuknya yang panjang dan bergelombang terlihat menyeramkan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Tetapi jangan salah sahabat, dibalik tampilan fisiknya yang seperti itu, ada rasa lezat dan nikmat di dalamnya.
Untuk mengolah usus ayam, harus extra hati-hati dan teliti, agar didapat usus ayam yang bersih, higienis dan siap diolah.
Usus ayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi dan beberapa vitamin. Rasa gurih dan lezat yang ada pada usus, memang membuat ketagihan.
Namun, kita harus ingat juga apapun jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif untuk tubuh. Oleh karena itu, batasi memakan bahan makanan jeroan.
Bahan makanan ini, dapat diolah dengan berbagai jenis, seperti di goreng, ditumis, disate, ataupun di pepes. Semuanya enak dan lezat jika dipadukan dengan aneka bumbu.
Namun untuk kali ini, Admin Vita hendak membuat Usus Ayam Krispi. Hhmmmm … terdengar lezat dan renyah ya, ayo kita mulai eksekusi ….
Bahan-bahan :
  • Usus ayam yang sudah dibersihkan, dan di rebus 250 gram
  • Tepung bumbu 1 bungkus
  • Tepung terigu 100 gram
  • Bawang putih cincang 2 siung
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Daun salam 5 lembar
  • Serai 1 batang, geprek
  • Garam secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • Saus sambal atau saus tomat sebagai cocolan
  • Bumbu tabur siap saji
Cara Pembuatan :Usus Ayam Krispi
  1. Cuci kembali usus yang ada dengan air mengalir, lalu potong-potong dengan ukuran 10 cm agar mudah diolah
  2. Rebus kembali usus tadi dengan ditambahkan 5 lembar daun salam dan serai
  3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan
  4. Marinasi usus dengan bawang putih cincang, lada bubuk dan garam, Biarkan beberapa saat
  5. Siapkan wadah kering, masukkan tepung bumbu ke dalam wadah dan tambahkan tepung terigu, beri sejumput lada bubuk dan garam, aduk merata
  6. Ambil 1 sendok tepung masukkan pada mangkuk dan beri 4 sendok air matang, aduk hingga tepung larut
  7. Ambil segenggam usus masukkan ke dalam larutan tepung, lalu masukkan ke dalam adonan tepung kering, aduk sambil diremas di dalam tepung kering
  8. Ulangi langkah ini untuk mendapatkan tepung yang lebih tebal dan lebih krispi
  9. Siapkan wajan berisi minyak untuk menggoreng
  10. Goreng usus yang sudah dilumuri tepung tadi ke dalam minyak panas, namun dengan api kecil agar usus matang sempurna
  11. Usahakan usus tercelup semua ke dalam minyak
  12. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Alasi dengan tisu agar minyak terserap
  13. Lakukan hingga usus habis
Sajikan usus ayam krispi dengan cocolan saus tomat atau saus sambal. Enak juga jika ditaburi dengan bumbu tabur.
Sangat mudah membuat usus ayam krispi. Hanya butuh kesabaran saat menggorengnya, tapi jika hasilnya memuaskan semuanya akan terbayar deh.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Nah, bagaimana resep kita hari ini? Berniat mencoba kan, semoga resep ini menginspirasi sahabat untuk berkreasi dalam mengolah bahan makanan yang tidak biasa.Terimakasih
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Goreng Kriuk

Markas Resep – kembali memberikan resep masakan indonesia yaitu Ayam Goreng Kriuk semoga tidak bosan dan selalu support situs ini ya.
Hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu ceria sepanjang masa. Sudah masak apa hari ini?
Oh, belum masak, masih bingung untuk menghadirkan masakan buat keluarga? Nggak usah bingung lagi deh, karena Admin Oya, selalu menghadirkan resep-resep Okey buat sahabat Markas Resep.
Untuk kali ini Admin Oya kembali menghadirkan kuliner berbahan dasar Ayam, emang ya Auam itu nggak akan ada habisnya kalau dikupas.
Baca Juga Resep Lainnya :
Mungkin saja ada ratusan menu olahan dari ayam, tapi tahukah Sahabat Markas Resep, ada satu kesukaan anak-anak banget, yaitu Ayam Goreng Kriuk.
Penasaran gimana cara membuatnya? Nggak perlu khawatir deh, pantengin terus Markas Resep ya
Kali ini Admin Oya akan menghadirkan menu Ayam Gorey Kriuk, bagaimana tertarik untuk membuatnya, kalau gitu kita langsung cap cus ke dapur. Untuk mengeksekusi ayam kriuk kesukaan kita semua.
Untuk membuat Ayam goreng kriuk bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut;
  • 1 butir putih telur
  • 1/5 kg ayam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 100 gr tepung
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 bungkui kecil Tepung bumbu, biasanya saya memakai tepung bumbu sasa
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuatnya adalah sebagai berikut;
  1. Cuci bersih ayam
  2. Rendam dalam bumbu bawang putih, garam dan merica yang telah dihaluskan.
  3. Diamkan 30 menit/ taruh dalam kulkas
  4. Gulingkan pada tepung yang sudah dicairkan kental dengan air es
  5. Gulingkan kembali pada tepung bumbu sambil di remas-remas, kemudian goreng sampai kecoklatan dalam minyak panas yang cukup banyak sampai ayam tenggelam angkat dan tiriskan.
  6. Nikmati bersama nasi hangat dan caos sambal. Wah nggak kalah deh sama ayam goreng di luaran sana
Gimana berani coba? Kenapa enggak. Mudah bukan cara membuatnya? Nah tunggu apalagi, ayo buruan coba.
Itu dulu resep dari Admin Oya, senoga suka ya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Jangan lupa jumpa lagi di resep selanjutnya. Salam hangat untuk keluarga tercinta. Bye …bye…
Categories
Resep Ayam Resep Jagung Resep Masak Indonesia Resep Sup

Sup Ayam Jagung Brokoli

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana yaitu Sup Ayam Jagung Brokoli dan semoga para pembaca bisa langsung membuatnya ya.
Hujan masih menemani kawan Markas Resep, atau hari ini  labgit terang benderang?
Semoga sehat selalu ya,  mari memasak yang sangat disukai keluarga, tentunya bila di musim hujan harus memasak yang menumbuhkan selera.
Oh ya pasti virus flu sedang menyebar di musim hujan begini,  agar badan tetap fit, asupan makanan harus yang bisa menjaga daya tahan tubuh.
Baca Juga Resep Lainnya :
Sediakan selalu olahan sayur di rumah anda  selain buah buahan. Olahan sayur tersebut yang mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.
Kali ini admin  Markas Resep akan mengajak sahabat memasak sup yang lezat.
Bahan yang duperlukan untuk memvuat Sup Ayam Jagung Brokoli adalah
  • 1/2 ekor ayam,  potong sesuai selera
  • 2 buah jagung manis pipil
  • 1 buah brokoli potong kuntum
  • 1 buah daun bawang, potong 1cm
  • 1 batang seledri, ikat simpul
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 750 cc kaldu ayam
  • 1 sdm mentega
  • 1/2 buah bawang bombai cincang
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Merica 1/4 sendok teh
  • Seiris pala
  • 2 siung bawang putih,  geprek
Cara membuat Sup Ayam Jagung Brokoli  adalahSup Ayam Jagung Brokoli
  1. Panaskan mentega
  2. Tumjs bawang putih,  bawang bombay hingga harum
  3. Masukkan garam,  pala,  merica dan minyak wijen, masak sebentar
  4. Masukkan ayam yang sudah dicuci  bersih,  masak hingga ayam berubah  warna
  5. Tuang kaldu ayam, brokoli, jagung, masak sebentar
  6. Tuang kocokan telur,  juga masukkan daun bawang, masak hingga telur matang
  7. Matikan api dan siap dihidangkan
Bagaimana sahabat Markas Resep? Memasak sup lezat ini sangat mudah.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Seluruh keluarga pasti menyukainya. Dan pastinya akan membuat nafsu makan lebih besar.
Jangan lupa memasaklah dengan bahagia dan penuh cinta, dan selalu bersama kami ya, di Markas Resep dengan sajian masakan kesukaan anda. Salam hangat dari saya untuk anda
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia Resep Tahu Resep Telur

Orak-Arik Tahu Ayam dan Telur

Markas Resep – memberikan resep masak sederhana yaitu Orak-Arik Tahu Ayam dan Telur dan semoga suka ya dengan resep ini.
Hai … hallo Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara, apa kabarnya hari ini? Tetap semangat dong. Iya ‘kan, Ya ‘kan … Kalau ada yang lagi mggak semangat masak, karena capek, lelah, letih bahkan lesu, jangan khawatir deh pokoknya.
Kali ini Admin Oya hadir dengan membawakan resep yang super kilat masaknya.
Sahabat Markas Resep nghak perlu lama-lama di dapur, cukup 30 menit masakan selesai dapur dijamin bersih kembali seperti semula. Masak apa ya? Ayo tebak. Taraaaa ini dia Orak-arik tahu ayam dan telur.
Baca Juga Resep Lainnya :
Dijamin deh mudah membuatnya dan hmmm Yummy rasanya. Masakan ini direkomendasikan untuk  sahabat Markas Resep yang lagi sibuk dan keburu-buru.
Jadi masih tetap dapat memasak dalam keadaan sesibuk apapun. Bahan-bahannya juga mudah apalagi bumbunya mudah banget, bahkan tanpa mengulek.
Bahkan biasanya bahan masak ini selalu ada di kulkas, tinggal keluarkan dan eksekusi deh.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Orak arik tahu ayam dan telur adalah sebagai berikut;
  • 2 potong tahu kotak
  • 1 potong dada ayam
  • 1 butir telur
  • 2 siung  bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 batang daun bawang
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sendok makan margarin
  • Garam, minyak, kecap dan gula pasir secukupnya
Cara membuatnya adalah sebagai berikut;

Orak-Arik Tahu Ayam dan Telur

  1. Rebus ayam kurang lebih 10 menit
  2. Angkat dan tiriskan.
  3. Potong tahu berbentuk dadu kecil
  4. Iris kasar daun bawang
  5. Iris tipis bawang merah bawang putih
  6. Panaskan wajan tambahkan minyak dan margarin untuk menumis bumbu yang sudah diiris tadi dan juga daun bawang sampai harum,
  7. Masukan ayam orak-arik, kemudian tambahkan tahu orak-arik dan tambahkan kembali telur diamkan sebentar lalu orak-arik kembali.
  8. Tambahkan kecap, garam dan gula pasir secukupnya. Tes rasa angakat deh.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Jadi nggak perlu stress kalau lagi nggak cukup waktu untuk masak.
Karena Admin Oya telah membawakan resep yang praktis buat pecinta kuliner semuanya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tetap di Markas Resep, salam hangat untuk keluarga tercinta di manapun berada, bye …bye….
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Kemangi

Markas Resep – kali ini membagikan resep masak Ayam Kemangi yang pastinya akan sangat menggugah selera yuk disimak langsung kajiannya.
Hai …. Sahabat markas resep, pernahkah denger kata-kata “ayam lagi, ayam lagi” ? Mungkin kata-kata ini biasa dilontarkan oleh salah satu anggota keluarga kita.
Yang kurang menyukai atau bosan mengkonsumsi ayam sebagai lauk pauk sehari-hari. Padahal kenyataannya, ayam adalah salah satu sumber makanan yang mudah diperoleh, mudah diolah dan mengandung nilai gizi yang tinggi.
Mungkin kata-kata ini muncul saat kita mengolah ayam dengan cara itu-itu saja.
Nah, sekarang nih banyak sekali inovasi dalam mengolah ayam.
Baca Juga Resep Lainnya :
Tidak hanya dengan diungkep lalu digoreng begitu saja. Banyak olahan ayam yang bercita rasa luar biasa dan menggugah selera.
Oleh sebab itu, kita harus pandai menyiasati dan meracik bumbu agar ayam yang kita olah tidak terlihat membosankan sehingga malas menyantapnya.
Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, Admin Vita hendak memberikan resep memasak ayam yang tidak seperti biasanya. Resep kita kali ini adalah Ayam Kemangi.
Memasak berbahan dasar ayam dengan tambahan daun kemangi untuk mempertajam rasa dan lebih enak pastinya.
Ayo kita persiapkan bahan-bahannya dan langsung eksekusi. Let’s go ….
Bahan-bahan membuat Ayam Kemangi :
  • Ayam 500 gram, cuci bersih dan buang lemak-lemaknya
  • Daun salam 5 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Lengkuas 1 ruas
  • Jahe 2 ruas
  • Serai 2 batang dan geprek
  • Garam secukupnya
  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Kemiri sangrai 3 buah
  • Merica biji 1 sendok teh
  • Kunyit bakar 2 ruas jari
  • Cabai merah besar 3 buah buang bijinya
  • Cabai rawit merah / cabai rawit setan 8 buah, buang batangnya lalu cuci
  • Daun kemangi 1 ikat ambil daunnya saja lalu cuci bersih
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan  Ayam Kemangi :Ayam Kemangi
  1. Ungkep ayam dengan bumbu daun salam 3 lembar, jahe geprek, serai 1 batang dan sedikit garam
  2. Setelah empuk angkat dan tiriskan
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, merica, kunyit dan cabai merah besar.
  4. Tumis bumbu halus sampai harum
  5. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai
  6. Masukkan gula dan garam secukupnya
  7. Aduk merata sampai matang
  8. Masukkan ayam yang sudah diungkep tadi, aduk-aduk lagi sampai bumbu rata melumuri seluruh bagian ayam
  9. Setelah itu tambahkan air secukupnya
  10. Tunggu sampai mendidih
  11. Aduk lagi agar bumbu tidak mengendap atau gosong pada bagian bawahnya
  12. Masukkan cabai rawit merah utuh ke dalam masakan
  13. Aduk lagi dan jangan lupa tes rasa
  14. Setelah air mulai menyusut, masukkan daun kemangi tadi ke dalam masakan
  15. Biarkan ayam matang dan bumbu meresap sempurna
  16. Tanda matang adalah dengan air yang menyatu dengan bumbu dan menyusut
  17. Ayam Kemangi siap dihidangkan
Note : dalam masakan kali ini, cabai rawit sengaja dibiarkan utuh, karena tidak semua anggota keluarga menyukai rasa pedas. Untuk yang suka tinggal gigit aja cabai rawitnya, tetap enak, maknyus dan pedas. 
Ayam Kemangi adalah kreasi masakan berbahan dasar ayam. Agar tidak bosan dan bervariasi tentunya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Bagaimana sahabat dan pecinta kuliner, kayaknya wajib mencoba memasak olahan ini. Wanginya kemangi menambah nikmat menyantap masakan ini.
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia Resep Pete Resep Sambel

Ayam Geprek Pete

Markas Resep – kembali memberikan resep masak indonesia yang sedang viral yaitu Ayam Geprek Pete Semoga suka dan jangan lupa dibagikan ya.
Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di mana pun berada, semoga di hari yang masih di landa hujan deras ini kita tetap sehat, tetap semangat menjalani hidup.
Bagaimana kangen ‘kan dengan Admin Oya? Tentu saja kangen dengan resepnya, cie …
Karena semua resep Admin Oya itu mudah didapat bahan-bahannya. Harganya pun terjangkau.
Nah untuk kali ini, Admin Oya ingin menampilkan menu masakan dengan masih menggunakan bahan dasar ayam, karena sejujurnya olahan ayam itu sampai nggak keitung jumlahnya, bener lho.
Baca Juga Resep Lainnya :

Menu kali ini adalah Ayam Geprek Pete. Kok ada petenya? Karena pete lagi musim di sini.

Harganya murah banget Sahabat resep, seribu aja udah dapat satu papan. Oke deh, buruan cap cus buat masak Ayam Geprek Pete.

Bahan yang digunakan untuk membuat Ayam Geprek Pete adalah sebagai berikut;
  • 500 gram ayam, cuci bersih, rebus lima menit buang airnya.
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 papan petai, goreng sebentar.
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Ayam Geprek Pete;Ayam Geprek Pete
  1. Uleg bumbu halus, bawang merah, bawang putih, kemiri, tambahkan merica, garam dan gula.
  2. Ungkep ayam bersama bumbu halus tambahkan daun salam, lengkuas, jahe, dan serai. Tambahkan daun jeruk dan air nyemek-nyemek. Ungkep kurang lebih lima belas menit biar bumbu meresap.
  3. Angkat.
  4. Goreng dalam minyak sampai kecoklatan angkat.
Untuk membuat sambal;
  • 12 cabe rawit
  • 4 cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam dan gula pasir secukupnya
Uleg kasar bahan tersebut, jangan lupa tambahkan minyak goreng bekas menggoreng ikan yang masih panas kedalam sambal.
Geprek ayam dan tambahkan pete yang sudah digoreng setengah matang.
Sajikan bersama nasi hangat, hmmm sedapnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Mudah bukan cara membuatnya, lauk sedap deh. Jadi pengen nambah lagi dan nambah lagi. Lupa diet deh.
Sudah dulu ya resep kali ini, sampai jumpa di resep selanjutnya. Salam hangat, bye … Bye …
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Markas Resep – lagi dan lagi memberikan resep masak Ayam Panggang Bumbu Rujak semoga para pembaca dapat membuatnya dan langsung menikmati rasanya.
Hai pecinta kuliner dan markas resep,  saya datang lagi dengan resep mmm apa yaa yang sederhana dan lezat tentunya,  masih seputar olahan ayam.
Tentang ayam potong dan olahannya ini saya jadi teringat sama ibu mertua yang dulu penjual ayam potong dan menerima pesanan olahan ayam.
Dini hari sudah riweh dengan memotong ayam dan sebelum subuh sudah berangkat ke pasar. Siang istirahat,  dilanjutkan berjualan lagi di sore hari.
Baca Juga Resep Lainnya :
Melihat sendiri proses memotong ayam menjual bahkan memasaknya, bila ada pesanan. Waow almh metua wonder woman. Dibantu pegawai, bapak mertua dan anak-anaknya.
Yang paling aku suka ketika beliau memasak ayam panggang, serta usus dan jeroan bumbu rujak. Mau tahu? Ayo disimak.
Bahan Untuk Membuat Ayam Panggang Rujak  Sebagai Berikut:
  • 1 ekor Ayam, bersihkan, potong-potong sesuai selera
  • 2 batang Sereh, keprek
  • 3 lembar Daun salam
  • 1 ruas Lengkuas, iris tipis/memarkan
  • 1 sendok makan Air asam, kental
  • Garam dan Gula jawa/gula pasir secukupnya
  • 4 siung Bawang putih
  • 8 siung Bawang merah
  • 6 buah Cabe merah, buang biji
  • 10 butir Kemiri, sangrai
  • 500 ml air
Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak Seperti Berikut:Ayam Panggang Bumbu Rujak
  1. Potong-potong ayam dwngan ukuran sesuai selera,  lalu cuci bersih rebus ayam sampai matang lalu tiriskan, siaihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri.
  3. Tumis bumbu,  masukkan sereh, daun salam, lengkuas dan garam serta gula jawa, bisa ditambahkan gula pasir.
  4. Tuang kaldu pada bumbu, serta ayam masak hingga menyusut airnya, tambahkan air asam, aduk.
  5. Siapkan panggangan dengan arang atau alat pemanggang atau bisa juga langsung di atas kompor. Panggang ayam satu persatu.
  6. Letakkan ayam pada mangkok besar,  dan siram dengan bumbu.
Nah pecinta markas resep,  ayam panggang bumbu rujak siap dinikmati. Mudah bukan.
Note:
  1. Bila tidak ingin dipanggang,  ayam bisa digoreng,  lalu dimasak dalam bumbu  rujak.
  2. Bisa juga untuk  sate jerohan dan usus.
Sampai bertemu lagi dengan markas resep dan admin alizazet  di resep selanjutnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Panggang Rumahan

Markas Resep – memberikan sebuah resep masak Ayam Panggang Rumahan untuk para ibu dirumah agar dapat membuatnya didapung masing-masing.
Hai Hallo apa kabar Bunda dan Sista serta sahabat Markas Resep lainya. Semoga di hari ini tetap semangat menghadapi hidup. Ceria dan bahagia tentunya, okey …
Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang kali ini akan menghadirkan resep yang bahan utamanya adalah ayam.
Eah ternyata ayam ini sangat digemari dari berbagai kalangan, baik kalangan rakyat jelata maupun kalangan istana, cie. Anak kecil tua muda pada douan tuh yang namanya ayam.
Baca Juga Resep Lainnya :
Olahan ayam kali ini adalah Ayam Panggang Rumahan. Eit jangan takut kalau nggak punya arang atau tempat untuk membakar ayam, karena saya yakin Bunda-bunda punya teflon kan di rumah.
Nah teflon itu yang digunakan buat bakar si ayam yang luar biasa enaknya.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Panggang Rumahan adalah sebagai berikut;
  • 1 kg ayam
  • 12 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri
  • 8 buah cabe keriting
  • 6 buah jabe merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 ruas jahe, geprek
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm lada bubuk
  • Garam dan gula pasir secukupnya.
Cara Membuat Ayam Panggang Rumahan Adalah Sebagai Berikut;

Ayam Panggang Rumahan

  1. Cuci  bersih ayam lumuri dengan air jeruk nipis biar gak bau amis, kurang lebih 15 menit.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan jahe hingga matang & harum, lalu tambahkan garam, gula, lada bubuk aduk rata & tambahkan kecap secukupnya.
  3. Masukan ayam aduk rata dengan bumbu, diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap kedalam ayam.
  4. tambahkan air sampai ayam separuh terkena air, ungkep, aduk sebentar, masak sampai air menyusut dan bumbu meresap,  kemudian angkat.
  5. Panaskan teflon, gunakan api kecil, Panggang ayam diatas teflon sampai terlihat warna bumbu yang mengkaramel seperti coklat kehitaman api tetap kecil agar tidak hangus.
  6. Bakar sampai ayam habis.
  7. Makan dengan nadi hangat hmm rasanya mak nyusss deh.
Sebagai pelengkap; ketimun, kool, daun kemangi, kacang panjang mentah. Serta jangan lupa sambalnya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya, ayo buruan buat, anak-anak pasti suka. Okey sampai jumpa di resep selanjutnya, semoga suka, bye …bye …