Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Urap Genjer

Markas Resep – membagikan kembali resep masakan indonesia yaitu Urap Genjer meskipun terdengar membosankan tapi ini sangat enak loh.
Hai … Hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, bagaimana kabarnya hari ini, semoga tetap dalam keadaan, ceria,  sehat bahagia selamanya. Ojey dong!
Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang akan mengajak Sahabat Markas Resep semuanya untuk mengeksekusi, urap Genjer. Apa sih Ganjer itu, manfaatnya mengkonsumsi genjer adalah sebagai berikut;
Mengatasi Anemia. Genjer mengandung zat besi tinggi yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah.
  • Menyehatkan Gigi, tulang, dan Osteoporosis.
  • Menurunkan Kadar Gula Darah.
  • Menyembuhkan Luka.
  • Menambah Selera Makan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Karena manfaat genjer yang begitu banyak makanya Admin Oya membuat resep kali ini dengan menu utama genjer
Untuk menambah selera makan Sahabat Markas Resep semuanya. Ayo Sahabat Markas Resep, segera cap cus ke dapur untuk mengeksekusi Resep urap ini.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Urap Genjer adalah sebagai berikut.
  • 2 ikat genje
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe merah
  • 1 iris terasi udang
  • 1 iris terasi udang
  • 1/4 butir kelapa
  • Garam, minyak, gula merah dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Urap Genjer adalah sebagai berikut:Urap Genjer
  1. Cuci bersih genjer
  2. Rebus di air mendidih hingga layu
  3. Angkat dan tiriskan
  4. Goreng bumbu-bumbu di atas kemudian dibuat sambal dengan menambahkan garam, gula merah, terasi matang, dan gula pasir.
  5. Parut kelapa, kemudian tambahkan ke sambal dan ke genjer, urap sampai rata, tes rasa dan diap dihidangkan dengan nasi hangat dan tambahan ikan asin wow sedapnya mantaps deh.
Bagaimana sahabat Markas Resep, mudah bukan membuat urapnya, tunggu apalagi buruan dicoba, karena sudah tahu banyak sekali manfaat mengkonsumsi genjer ini.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Nah, untuk kali ini cukup dulu ya Sahabat Markas Resep, bisa bertemu kembali di resep-resep selanjutnya yang tentunya sedap dan sedap, tetap di Markas Resep Okey! Sampai jumpa kembali, bye … bye …
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Geprek Sambal Matah

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yaitu Ayam Geprek Sambal Matah bagi yang penasaran cara pembuatannya langsung yuk dibaca.
Hallo … Hai apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga tetap sehat, semangat luar biasa.
 
Bagaimana masih suka dengan kuliner ayam? Kalau jawabannya masih berarti samaan dong kita.
Karena hari ini Admin Oya ingin berbagi resep dengan bahan utama ayam, apalagi kalau bukan Ayam Geprek yang diberi sambal khusus kali ini..
Baca Juga Resep Lainnya :
Wow dah kerasa deh gimana pedasnya. Tentu sangat menggugah selera banget nih.
 
Kenapa Admin Oya memilih sambal matah karena biar lebih sedep aja Sahabat Markas Resep. Makan dengan nasi anget ditambah berbagai lalapan wah tentunya menggoda banget.
 
Bagaimana kalau kita langsung ke dapur aja, buat mengeksekusi resep yang kita bahas satu ini yang tentunya endes gila, segera cap cus!
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Geprek Sambal Matah adalah Sebagai Berikut:
  • 500 gram ayam cuci bersih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/5 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1/5 Ons cabe hijau
  • Minyak, garam dan gula secukupnya
Cara membuat Ayam Geprek Sambal Matah adalah sebagai berikut:Ayam Geprek Sambal Matah
  1. Ungkep sebentar ayam dengan bumbu halus.
  2. Goreng Ayam sampai kuning kecoklatan
  3. Cuci bersih cabe, kemudian buat sambalnya dengan menambahkan garam secukupnya dan gula pasir secukupnya.
  4. Tambahkan dua siung bawang putih. Ulek kemudian tambahkan minyak goreng panas yang untuk menggoreng ayam satu sendok makan.
  5. Geprek ayam di atas bumbu sambal matah, tes rasa dan siap untuk dihidangkan.
Nah! Itulah resep masakan rumahan kali ini, yang bisa Sahabat Markas Resep buat sendiri di rumah, mudah cara membuatnya, dan hasilnya juga sangat istimewa sedap tiada terkira. Tunggu apalagi boleh langsung dicoba kok.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tentunya masih dengan Admin Oya dan Admin yang lainnya tetap du Markas Resep kita tercinta. Jangan lupa untuk selalu bahagia, bye … bye….
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Tahu Putih Kuah Santan

Markas Resep – membagikan kembali resep masakan sederhana yakni Tahu Putih Kuah Santan jangan lupa dibagikan kepada teman-temannya.
Hai … hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, apa kabarnya hari ini, semoga di hari ini tetap semangat bahagia selamanya.
Jumpa kembali dengan Admin Oya yang akan menghadirkan resep-resep sedap yang menggugah selera.
Baca Juga Resep Lainnya :
Untuk kali ini Admin Oya ingin menghadirkan resep kepada Sahabat Markas Resep yang masih bingung untuk menghadirkan menuasakan buat keluarga tercinta.
Resep kali ini adalah Tahu Putih Kuah Santan. Hmm gimana ya rasanya, penasaran? Yuk langsung cap cus untuk memasak Tahu Putih ini.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tahu Putih Kuah Santan Adalah Sebagai Berikut;
  • 6 buah tahu putih kotak
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/5 sendok teh ketumbar
  • 3 buah cabe merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 batang serai
  • 1 bungkus santan Kara ukuran kecil
  • Minyak goreng, garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Tahu Putih Kuah Santan adalah sebagai berikut;Tahu Putih Kuah Santan
  1. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri merica, ketumbar dan kunyit. Tumis sampai harum. Masukan lengkuas, daun salam dan serai.
  2. Tambahkan 200 mili air, masukan tahu, bolak-balik tunggu sampai mendidih.
  3. Tambahkan santan kara, gula pasir dan garam secukupnya.
  4. Tes rasa dan angkt, sajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng.
Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, Resep makan ini. Mau coba? Monggo, karena menu makanan ini banyak mengandung gizi, karena bahan utamanya adalah kedelai.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sekian dulu resep  kuliner Admin Oya kali ini, semoga suka ya, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, yang tentunya Mak nyus dan sedap dong, di mana lagi kalau bukan di Markas Resep, menu masakan keluarga tercinta. Bye … bye…
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Tumis Jamur Wortel

Markas Resep – menghadirkan resep masakan indonesia yaitu Tumis Jamur Wortel semoga dengan resep ini dapat meningkatkan kesukaan terhadap sayur ya.
Hai …. Sahabat markas resep? Bagaimana kabarnya, semoga sehat selalu dan tetap bahagia. Jangan lupa untuk tetap memasak bagi orang-orang tercinta.
Sahabat sudah masak apa hari ini? Pastinya masak yang enak-enak dong. Apalagi sedang musim hujan. Bawaannya pengen makan terus, perut terasa ga ada kenyangnya.
Untuk itu kita harus pandai-pandai mengolah bahan makanan yang ada dengan aneka resep yang selalu berbeda tiap harinya.
Biar bervariasi dan ga bosan, dan yang jelas biar ga banyak jajan diluar juga.
Hari ini kebetulan di rumah ada stok jamur tiram putih yang lumayan, pada kesempatan kali ini Admin Vita hendak memasak dengan menggunakan jamur tiram putih.
Baca Juga Resep Lainnya :
Kalau kemarin jamur tiram putih sudah diolah menjadi jamur krispi, kali ini jamur tiram diolah dengan cara ditumis.
Dipadukan dengan sayuran yang segar dan sehat, menambah nilai gizi dalam olahan ini.
Salah satunya adalah Wortel, sayuran yang banyak disukai oleh orang terutama anak-anak.
Selain menambahkan sayuran, pada resep kali ini, ditambahkan juga sosis sapi sebagai penarik rasa agar lebih enak dan nikmat.
Membayangkannya saja sudah sangat lezat, pasti hasil masakannya juga lezat. Yuk tak perlu berlama-lama, kita capcuz ke dapur mempersiapkan bahan-bahan dan langsung mengeksekusinya. Resep kita kali ini adalah Tumis Jamur Wortel.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Jamur tiram putih 250 gram
  • Wortel 1 batang ukuran sedang, kupas lalu cuci dan iris tipis-tipis
  • Sosis sapi 2 buah, iris tipis dan goreng sebentar angkat tiriskan
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 4 buah
  • Lada bubuk setengah sendok teh
  • Cabai merah 1 buah
  • Cabai rawit merah 4 buah
  • Tomat 1 buah
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Tumis Jamur Wortel
  1. Suwir-suwir jamur tiram, lalu cuci bersih dan peras agar airnya hilang
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan tomat
  3. Tumis bumbu yang sudah diiris tadi sampai harum
  4. Tambahkan lada bubuk dan aduk merata
  5. Setelah itu masukkan setengah gelas air matang, tunggu sampai mendidih
  6. Masukkan wortel yang sudah diiris tadi, aduk-aduk
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya, aduk kembali dan biarkan beberapa saat
  8. Tes rasa jangan ketinggalan
  9. Masukkan sosis yang sudah diiris dan digoreng tadi. Biarkan matang dan air menyusut
  10. Terakhir masukkan jamur tiram putih yang sudah disuwir tadi, aduk merata sampai sayuran dan sosis tercampur merata
  11. Biarkan sampai matang dan tidak ada air lagi
  12. Tumis Jamur Tiram Wortel siap dihidangkan
Sangat mudah mengolahnya dan enak hasilnya. Untuk anak-anak jika tidak menyukai pedas boleh di skip cabai rawitnya, dan hasilnya tetap lezat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Semoga resep ini bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba dan tunggu resep menarik lainnya, hanya di markas resep. Semangat ! Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Rebung Pucung

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana  yakni Sayur Rebung Pucung yang dapat membantu kebuntuan kita dalam memasak.
Hai …Hallo Sahabat Markar Resep, lagi ngapain nih, baru selesai ngangkat jemuran ya? Sama dong kalau gitu, di sini juga hujan mulu. Semoga di musim hujan ini kabarnya selalu baik-baik saja, jaga kesehatan jangan lupa mari Masak dan mari makan.
Sudah masak apa hari ini? Atau masih bingung mau mengeksekusi apa? Admin Oya bawa resep mak nyusss lho, pas buat lauk di musim hujan, bahan utamanya adalah rebung, cara membuatnya mudah banget deh. Namanya Sayur rebung pucung.
Baca Juga Resep Lainnya :
Sahabat Markas Resep tahu apakah itu pucung? Pucung adalah keluwak, biasanya untuk campuran membuat pindang tetel atau garang asem, yang bisa bikin makanan jadi berubah warna hitam itu lho.
Jangan salah biar hitam tapi enak rasanya, ibarat kata, hitam-hitamnya kereta api banyak yang menanti lho.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sayur Rebung Pucung adalah sebagai berikut;
  • 200 gram rebung yang sudah direbus tinggal masak.
  • 4 buah pucung/keluwak matang. Pilih yang tidak pahit.
  • 5 siung bawang merah iris
  • 3 siung bawang putih biris
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • Minyak dan garam secukupnya.
Cara membuat Sayur Rebung Pucung adalah sebagai berikut;

Sayur Rebung Pucung

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukan merica, daun salam dan lengkuas.
  2. Tambahkan 200 mili air
  3. Tunggu sampai mendidih kemudian masukkan rebung, sambil diaduk masukan garam tes rasa, angkat.
Bagaimana Sahabat Markas Resep, mudah bukan cara membuatnya, tunggu apalagi segera cap cus buat.
Pastikan kita juga memilih berbagai macam bahan yang bersih karena jika tidak akan membahayakan bagi yang memakannya.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian resep Admin Oya kali ini semoga suka ya? Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya. Tetap di Markas Resep Okey!
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Tumis Putren Sosis dan Wortel

Markas Resep – hadir kembali dengan resep masakan sederhana yakni Tumis Putren Sosis dan Wortel pastikan untuk selalu update tentang dunia masak ya.
Hai … Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga senantiasa sehat selalu, sehingga dapat menciptakan aneka masakan untuk keluarga tercinta.
Masih bingung mau masak apa hari ini? Nggak usah bingung lagi deh, kali ini Admin Oya ingin mengajak Sahabat Markas Resep semuanya mengeksekusi Putren, Sosis dan wortel.
Baca Juga Resep Lainnya :
Putren atau jagung muda enak banget lho dimasak tumis. Untuk membuat tumis jangan terlalu lama memasaknya, entar kandungan Vitaminnya bisa menguap lho.
Okey deh nggak usah tunggu lama lagi buat mengeksekusi Tumis Putren dengan Sosis dan kearifan wortel, karena bahan-bahan ini biasanya tersedia di kulkas.
Karena Admin Oya yakin Sahabat Markas Resep ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Kalau gitu kita langsung cap cus aja ke dapur.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Tumis Putren Sosis dan Wortel adalah sebagai berikut;
  • 250 gram putren
  • 3 buah sosis ayam
  • 2 buah wortel
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Minyak, garam dan gula pasir secukupnya.
Cara membuat Resep ini adalah adalah sebagai berikut;Tumis Putren Sosis dan Wortel
  1. Cuci putren dan wortel kemudian iris tipis-tipis.
  2. Iris dua siung bawang merah dan dua siung bawang putih. Kemudian tumis sampai harum.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Tambahkan sedikit air, masukan wortel dan putren, tunggu beberapa saat sampai layu.
  5. Masukan sosis yang telah diiris dan digoreng terlebih dahulu.
  6. Tambahkan merica, garam dan gula pasir secukupnya, tes rasa angat.
Nah mudah bukan cara membuatnya, sudah vitaminnya banyak anak-anak jadi suka makan sayur karena di situ ada sosisnya.
Jadi Sahabat Markas Resep nggak perlu binging lagi, untuk menghilangkan menuasakan di rumah.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Demikian kreasi putren alias jagung muda bersama wortel dan sosis.
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tetap di Markas Resep. Resep-resep pilihan kita semua, semoga suka ya. Okey bye …bye
Categories
Resep Jamur Resep Masak Indonesia

Jamur Tiram Crispy

Markas Resep – kali ini membahas resep masakan indonesia yaitu Jamur Tiram Crispy meskipun resep dapat dibuat dirumah nyatanya dapat dijadikan usaha.

Aloha …. Sahabat dan para pecinta kuliner bagaimana kabarnya? Pastinya selalu sehat dan tetap setia di markas resep. Markas resep, gudangnya resep masakan rumahan sehari-hari.

Sahabat, sekarang ini lagi musim hujan, perut gampang sekali lapar. Tetapi kalau makan berat, duh rasanya terlalu kenyang deh. Solusinya ya ngemil dulu. Nah sahabat, kali ini kita akan membuat cemilan sederhana sebagai teman kita dikala santai.

Resep kita kali ini adalah Jamur Tiram Crispy. Sengaja memakai jamur tiram putih karena teksturnya yang renyah saat digoreng, tidak berair dan tidak mudah hancur.

Selain itu, jamur tiram mempunyai banyak kandungan nutrisi dan aneka manfaat untuk tubuh kita. Apa saja nutrisi dan manfaatnya, yuks kita simak.

Baca Juga Resep Lainnya :

Jamur tiram mengandung vitamin antara lain vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol). Mineral yang terkandung didalamnya adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium.

Sedangkan manfaat jamur tiram antara lain :

  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu menurunkan kolesterol
  • Mencegah kanker
  • Kaya akan antioksidan
  • Meningkatkan kolagen dalam tubuh

Tidak salah kalau jamur tiram dipakai sebagai salah satu bahan makanan untuk cemilan. Enaknya dapat, manfaatnya juga kita dapatkan. Tak perlu berpanjang lebar, ayo kita mulai membuat cemilan ini. Yuks ….

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Jamur tiram putih 300 gram
  • Tepung bumbu siap saji 1 bungkus- Tepung terigu 100 gram
  • Merica bubuk 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Kaldu sapi / ayam 1 sendok makan
Bahan Tambahan :
  • Bumbu tabur aneka rasa
  • Saus tomat / sambal botolan
Cara Pembuatan :Jamur Tiram Crispy
  1. Suwir-suwir jamur tiram, ukuran kecil dan panjang
  2. Cuci bersih jamur tiram yang sudah disuwir tadi, lalu peras dan masukkan ke dalam baskom, tambahkan garam sedikit dan merica bubuk secukupnya, aduk rata
    dan sisihkan
  3. Siapkan baskom untuk membuat campuran tepung kering, campur tepung bumbu dengan tepung terigu, tambahkan sedikit kaldu bubuk dan merica bubuk secukupnya
  4. Ambil mangkuk, beri 2 sendok campuran tepung tadi dan encerkan dengan 5-6 sendok makan air
  5. Gulingkan jamur tiram tadi ke baskom berisi campuran tepung kering, remas-remas lalu angkat dan masukkan jamur ke dalam mangkuk berisi larutan tepung, celupakan sebentar lalu angkat dan gulingkan kembali pada baskom berisi tepung kering
  6. Tekan-tekan sambil sesekali dicubit-cubit jamur pada tepung kering agar tepung menempel pada jamur
  7. Angkat jamur dari tepung dan goreng hingga matang- Goreng dengan minyak yang banyak atau jamur tercelup ke dalam minyak
  8. Lakukan sampai seluruh jamur habis
  9. Tiriskan terlebih dahulu sebelum disajikan
  10. Jamur tiram krispi siap dinikmati sebagai teman ngemil sehari-hari

Jamur tiram crispy paling cocok dinikmati dengan dicocol saus sambal atau saus tomat. Jika suka boleh juga ditaburi dengan bumbu tabur yang banyak dijual dipasaran.

Baca juga Resep Masak Yang Ini :

Demikian, resep kita kali ini. Semoga bermanfaat, dan nantikan resep menarik lainnya hanya di markas resep.Terimakasih ….

Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Sayur Kecambah dan Daun Labu

Markas Resep – kembali membagikan resep masakan indonesia yaitu Sayur Kecambah dan Daun Labu kepada para pembaca budiman website ini semoga selalu suka ya.

Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara, semoga kabar hari ini senantiasa dalam kebaikan, bahagia selamanya.

Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang kali ini ingin menghadirkan resep Dayur Kecambah dan Daun Labu.

Baca Juga Resep Lainnya :

eger banget tuh. Emang seger Sahabat Markas Resep, perpaduan dua sayur berikut ternyata sangat cocok sekali, udah gitu manfaatnya banyak sekali.

Manfaat dari Kecambah sendiri antara lain sebagai berikut;

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mencegah penyakit kardiovaskular.
  • Merawat kecantikan kulit.
  • Sebagai sumber antioksidan.
  • Mencegah terjadinya osteoporosis dini.
  • Mengatasi masalah menstruasi.
  • Mengurangi keluhan saat menopause.
  • Mencegah penyakit kanker.

Manfaat dari daun labu adalah sebagai berikut;

  • Atasi Kejang.
  • Turunkan Kolesterol.
  • Tingkatkan Kesuburan.
  • Sembuhkan Anemia.
  • Mengatur Kadar Gula Darah.
  • Antibakteri.
  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh.

Makanya Admin Oya kali ini membuat sayur Kecambah dan daun labu karena manfaatnya yang begitu banyak.

Okey deh kalau begitu langsung cap cus yuk.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Sayur Kecambah dan daun labu adalah sebagai berikut:
  • 1 ikat daun labu muda
  • 100 gram kecambah
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 jari lengkuas
  • Garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Sayur Kecambah labu siam adalah sebagi berikut;Sayur Kecambah dan Daun Labu
  1. Didihkan air satu liter
  2. Cuci bersih daun labu dan kecambah siangi.
  3. Masukan daun labu ketika air mendidih beserta daun salam dan lengkuas.
  4. Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris
  5. Tambahkan kecambah, garam dan gula pasir secukupnya.
  6. Aduk sebentar biar garam merata, tes rasa kemudian angkat.

Bagaimana mudah bukan cara memmbuatnya, hmmm seger deh pokoknya. Berani coba! Nah itulah resep Admin Oya kali ini, semoga suka ya.

Baca juga Resep Masak Yang Ini :

Sampai jumpa di resep selanjutnya, Tetap di Markas Resep, bye … Bye…

Categories
Resep Bakso Resep Masak Indonesia

Bakso Tahu Sambal Kecap

Markas Resep – memberikan sebuah resep masakan sederhana yakni Bakso Tahu Sambal Kecap semoga bisa dibuat dan dinikmati bersama dengan keluarga tercinta.
Hai …Hallo apa kabar Sahabat Markar Resep di Seluruh Nusantara, semoga hari ini tetap sehat bahagia selamanya.
Sudah pada maksn belum ya? Wah kalau belum masak dulu yuk bareng Admin Oya.
Nggak usah takut sulit, ribet, apalagi repot, resep Admin Oya mudah- mudah gok eksekusinya. Benarkah? Idih nggak percaya.
Kali ini masakan yang mudah tapi disukai anak-anak semuanya, apa itu ya? Tara ini dia Bakso Tahu Sambal Kecap. Bakso ‘kan buatnya susah, hari gini nggak ada yang susah, semua udah dibuat gampang deh.
Males kepenggilingan bakso, kenapa nggak beli jadi, ditukang sayur banyak ada bakso ayam, bakso sapi dan juga bakso ikan, tinggal pilih, nggak perlu repot.
Baca Juga Resep Lainnya :
Tahu putih juga nggak harus bikin tahu sendiri, tinggal beli di tukang sayur, banyak macamnya tahu, ada tahu bulat, tahu kotak, tahu segi tiga, tahu putih dan juga tahu kuning.
Kali ini Admin Oya menggunakan bakso ayam dan tahu putih, jangan lupa kalau beli tahu putih yang rendaman itu sampai rumah cuci bersih lagi ya, apalagi kalau mau disimpan dulu di kulkas.
Bagaimana, penasaran gimana cara membuatnya, yuk buruan cap cus deh, siapkan bahan-bahannya.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Bakso Tahu Sambal kecap adalah sebagai berikut;
  • 5 buah tahu putih kotak
  • 3 bungkus bakso ayam
  • 6 buah cabe rawit (tergantung selera pedasnya)
  • 5 siung bawang merah
  • Kecap manis secukupnya
Cara membuat Bakso Tahu Sambal Kecap adalah Sebagai berikut;Bakso Tahu Sambal Kecap
  1. Cuci tahu terlebih dahulu, angkat tiriskan.
  2. Potong kotak-kotak kecil/dadu tahu, kemudian digoreng, boleh setengah matang boleh kering.
  3. Iris kecil-kecil bakso sesuai selera,  kemudian goreng, ini juga boleh kering boleh nggak tergantung selera.
  4. Iris kecil-kecil cabe
  5. Iris tipis bawang merah
  6. Siapkan piring, letakkan tahu, bakso, irisan cabe dan irisan bawang merah, terakhir tambahkan kecap. Siap untuk dinikmati deh, bakso tahu sambal kecapnya.
Mudah sekali bukan cara membuatnya,  untuk pemula baiknya masak ini aja.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Nah itulah resep Admin Oya kali ini, semoga suka ya, sampai jumpa di resep selanjutnya, tetap di Markas Resep. Okey!
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Kangkung Masak Tauco

Markas Resep – kali ini mengulas resep masakan sederhana yakni Kangkung Masak Tauco mari disimak resep yang populer menjadi menu utama ini.
Hallo apa kabar Sahabat Markas Resep di seluruh Nusantara. Semoga tetap semangat ya? Jamgan lupa untuk selalu bahagia dan ceria tentunya.
Siapa yang suka sayuran warna hijau, ayo merapat sini. Kali ini Admin Oya membawa resep yang lain dari pada yang lain.
Kalau biasanya kangkung itu dibuat sup, ditumis, atau dicocol sambal asam, kali ini Admin Oya juga akan membuat tumis kangkung.
Bedanya tumis kangkung kali ini ada pada tambahan bumbunya yang lain yaitu tauco.
Baca Juga Resep Lainnya :
Kalau tauco biasanya dibuat sebagai tambahan tauto kali ini akan saya tambahkan dalam masakan tumis kangkung.
Bicara masalah sayur kangkung, tentu saja banyak manfaatnya, jadi manfaat tumis kangkung adalah sebagai berikut:
Menjaga kesehatan mata. Kangkung kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Antiradang.
  • Mencegah diabetes.
  • Melawan kerusakan hati (liver)
  • Mencegah dehidrasi.
  • Mengatasi anemia.
  • Mengurangi risiko penyakit
Untuk itu segera capcus yuk, untuk membuat sayur kangkung.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Kangkung bumbu tauco adalah sebagai berikut;
  • 1 Ikat kangkung siangi, cuci bersih tambahkan garam untuk sebentar merendam kangkung biar kalau ada kuman menpel akan mati.
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Sedikit terasi
  • 4 buah Cabe rawit uleg
  • 2 buah cabe hijau besar iris serong
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh tauco
  • 1 buah daun bawang
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • Minyak, garam dan gula secukupnya
Cara Membuat Kangkung masak tauco adalah sebagai berikut;Kangkung Masak Tauco
  1. Tumis bumbu bawang merah dan putih iris, kemudian tumis bumbu halus sampai harum, masukan tauco kemudian  daun salam, lengkuas dan kangkung.
  2. Tambahkan air sedikit saja sambil bolak-balik, madukan gula dan garam secukupnya.
  3. Tunggu kangkung sampai layu, kemudian tes rasa dan angkat. Jadi memasak kangkung jangan sampai mlodrok, atau kematengen, lunak. Biarkan tetap kres .
Nah mudah bukan cara membuatnya, manfaatnya besar, harganya murah lagi, kalau di tempat Admin  Oya cuma 1500 per iket. Murah kan? Gimana mau coba?
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Itu dulu resep kali ini, sampai jumpa di resep selanjutnya. Tetap di Markas Resep Oke!