Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Lamtoro Kuah Santan

Markas Resep – membagikan resep masakan sederhana yakni Lamtoro Kuah Santan bagi yang penasaran dan ingin tau cara pembuatannya mari dibaca.
Apa kabar pecinta sak masak atau kuliner?  Sayangi dapur anda, dapur adalah tempat istimewah dalam rumah dimana mengolah segala bumbu dan bahan masakan dengan penuh cinta.
Mau memasak apa hari ini sahabat Markas Resep?
Saya tempo hari ke kebun bersama warga RW, melihat lamtoro yang bergelayut lebat, tertarik untuk mengolahnya.
Baca Juga Resep Lainnya :
Saya ambil banyak-banyak daripada mubazir. Setelah mengolah menjadi sayur asem,  sekarang saya olah seperti sayur lodeh.
Bagi para pecinta kuliner, memasak kuah santan ini boleh dari parutan kelapa, atau menggunakan santan instan. Memang ada perbedaan rasa antara yang asli dengan yang instan. Sesuaikan saja dengan selera anda.
Nah ingin tahu membuatnya?  Mari ke Markas Resep
Bahan untuk membuat Lamtoro Kuah Santan adalah
  • 100 gram lamtoro kupas
  • 1 kotak tahu putih
  • 100 gram tempe
  • 5 butir telur ayam
Bumbu halus:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 lembar jeruk purut
  • Seiris kencur
  • 1 sdt ketumbar
  • Sedikit merica
  • Gula garam secukupnya
  • 1 buah cabe merah besar
  • 5 butir kemiri
Bahan lain:
  • 1 bungkus santan instan yang kecil
  • 300 ml air
  • Sedikit lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai memarkan
  • 2 lembar daun salam
Cara membuat Lamtoro Kuah Santan sebagai beriku
Lamtoro Kuah Santan
  1. Rebus telur ayam, setelah matang,  kupas dan disihkan
  2. Kupas lamtoro
  3. Potong dadu tempe dan tahu. Gireng tahu setengah matang
  4. Haluskan bumbu,  lalu tumis,  masukkan bumbu lain
  5. Panaskan air dalam panci,  setelah mendidih masukkan tempe, tahu, lamtoro juga bumbu yang sudah ditumis.
  6. Masukkan santan,  kecilkan api,  aduk rata hingga matang, tambahkan telur rebus kedalam kuah yang sudah jadi.
  7. Masakan ini sudah siap disajikan
Sangat mudah bukan?  sahabat resep bisa mencoba olahan yang satu ini untuk sajian keluarga
Ingat tetap jaga kesehatan, hati-hati dengan apa pun yang anda konsumsi, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai bersua kembali dengan resep selanjutnya
Kami tunggu komentar sahabat.  Salam
Categories
Resep Jagung Resep Masak Indonesia

Bakwan Jagung

Markas Resep – menghadirkan sebuah resep masakan indonesia yaitu Bakwan Jagung pastinya makanan ini disukai oleh segala kalangan umur ya.
Hallo … Apa kabarnya sahabat markas resep dan para pecinta kuliner? Semoga semuanya selalu sehat dan penuh berkah.
Memasuki musim penghujan, rasa-rasanya enggan untuk berkegiatan di luar ruangan.
Selain menghindari hujan dan udara dingin, mengurangi aktivitas di luar ruangan juga menghindarkan kita dari tertular penyakit-penyakit yang ada, seperti flu dan pilek.
Tetapi diam didalam ruangan atau rumah bukan berarti berdiam diri saja. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di dalam rumah.
Bermain juga bisa kita lakukan di dalam rumah lho. Nah yang paling penting, harus banyak stok bahan makanan di kulkas, jika sewaktu-waktu kita capek beraktivitas dan lapar melanda.
Apalagi musim hujan seperti ini, kita cenderung cepat lapar dan banyak makan. Untuk itulah kita harus pandai mengolah makanan.
Seperti resep yang satu ini, Admin Vita akan membuat cemilan yang bisa disantap sebagai lauk juga.
Baca Juga Resep Lainnya :
Di tempat Admin lagi panen jagung, banyak yang jual dan harganya murah.
Sangat cocok diolah sebagai cemilan yang enak. Selain itu, kandungan nutrisi dan karbohidrat dalam jagung sangat baik untuk tubuh kita.
Di kombinasikan dengan bumbu-bumbu yang juga bermanfaat bagi kita.
Mari kita segera mengesekusi resep masakan kali ini. Resep kita hari ini adalah Bakwan Jagung. Hmmmm …. terdengar enak ya, apalagi dimakan hangat-hangat dengan cabai rawit hijau, semakin mantap. Ayo kita siapkan bahan-bahannya.
Bahan-bahan :
  1. Jagung Manis 2 buah, cuci lalu serut dengan pisau, buang bonggolnya
  2. Bawang putih 3 buah
  3. Lada bubuk setengah sendok teh
  4. Daun bawang 1 batang
  5. Seledri 1 batang
  6. Tepung terigu 3 sendok makan
  7. Telur ayam 1 butir
  8. Garam dan kaldu bubuk secukupnya
Cara Pembuatan :Bakwan Jagung
  1. Ulek bawang putih, lada bubuk dan garam sampai halus
  2. Setelah halus, masukkan jagung manis yang udah diserut tadi
  3. Ulek kasar jagung manis agar tercampur dengan bumbu yang sudah halus tadi, usahakan tidak terlalu lembut ya, supaya ada tekstur dari jagung tersebut
  4. Setelah jagung hancur dan tercampur rata dengan bumbu, pindahkan ke dalam baskom
  5. Masukkan daun bawang dan seledri yang sudah diiris halus ke dalam baskom berisi adonan bakwan, lalu aduk hingga rata
  6. Tambahkan kaldu bubuk, aduk merata
  7. Masukkan tepung terigu, dan aduk-aduk hingga merata
  8. Tes rasa jangan lupa
  9. Terakhir masukkan telur ayam ke dalam adonan bakwan jagung, lalu aduk hingga tercampur rata
  10. Biarkan beberapa saat, agar adonan agak mengembang
  11. Siapakah wajan penggorengan berisi minyak, goreng bakwan jagung dengan memakai api yang sedang sampai berwarna kecoklatan, hati-hati adonan ini mudah gosong
  12. Gunakan sendok sayur untuk mengambil adonan
  13. Lakukan hingga adonan habis
  14. Bakwan Jagung siap dinikmati baik untuk cemilan ataupun lauk makan
Bagaimana sahabat dan para pecinta kuliner, sangat gampang dan hasilnya pun enak.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Cukup sekian resep masakan kali ini, untuk resep menarik lainnya tetap setia di markas resep, gudangnya resep masakan rumahan yang lengkap dan mudah.
Sampai jumpa di resep selanjutnya. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Urap Genjer

Markas Resep – membagikan kembali resep masakan indonesia yaitu Urap Genjer meskipun terdengar membosankan tapi ini sangat enak loh.
Hai … Hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, bagaimana kabarnya hari ini, semoga tetap dalam keadaan, ceria,  sehat bahagia selamanya. Ojey dong!
Jumpa kembali dengan Admin Oya, yang akan mengajak Sahabat Markas Resep semuanya untuk mengeksekusi, urap Genjer. Apa sih Ganjer itu, manfaatnya mengkonsumsi genjer adalah sebagai berikut;
Mengatasi Anemia. Genjer mengandung zat besi tinggi yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah.
  • Menyehatkan Gigi, tulang, dan Osteoporosis.
  • Menurunkan Kadar Gula Darah.
  • Menyembuhkan Luka.
  • Menambah Selera Makan.
Baca Juga Resep Lainnya :
Karena manfaat genjer yang begitu banyak makanya Admin Oya membuat resep kali ini dengan menu utama genjer
Untuk menambah selera makan Sahabat Markas Resep semuanya. Ayo Sahabat Markas Resep, segera cap cus ke dapur untuk mengeksekusi Resep urap ini.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Urap Genjer adalah sebagai berikut.
  • 2 ikat genje
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe merah
  • 1 iris terasi udang
  • 1 iris terasi udang
  • 1/4 butir kelapa
  • Garam, minyak, gula merah dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Urap Genjer adalah sebagai berikut:Urap Genjer
  1. Cuci bersih genjer
  2. Rebus di air mendidih hingga layu
  3. Angkat dan tiriskan
  4. Goreng bumbu-bumbu di atas kemudian dibuat sambal dengan menambahkan garam, gula merah, terasi matang, dan gula pasir.
  5. Parut kelapa, kemudian tambahkan ke sambal dan ke genjer, urap sampai rata, tes rasa dan diap dihidangkan dengan nasi hangat dan tambahan ikan asin wow sedapnya mantaps deh.
Bagaimana sahabat Markas Resep, mudah bukan membuat urapnya, tunggu apalagi buruan dicoba, karena sudah tahu banyak sekali manfaat mengkonsumsi genjer ini.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Nah, untuk kali ini cukup dulu ya Sahabat Markas Resep, bisa bertemu kembali di resep-resep selanjutnya yang tentunya sedap dan sedap, tetap di Markas Resep Okey! Sampai jumpa kembali, bye … bye …
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sup

Soup Manasuka

Markas Resep – kembali hadir dengan resep masakan sederhana yakni Soup Manasuka penasaran dengan bahan dan cara pembuatannya yuk disimak.
Salam kuliner sahabat Markas Resep, jumpa lagi dengan saya Alizazet yang akan berbagi resep masakan ala mama milenia.
Tahu kan mama milenia itu kalau masak bagaimana?  Harus yang praktis dan cepat tidak pakai ribet. Terus yang pasti harus disukai keluarga.  Percuma capek- capek masak tak ada yang berminat.
Baca Juga Resep Lainnya :
Cuaca dimana-mana basah bukan? alias hujan terus, kalau hujan,  enaknya memasak yang berkuah dan bergizi nah ini yang penting ya.
Resep masakan yang akan admin bagi adalah Soup Manasuka,  admin beri nama itu. Masaknya suka-suka,  bunbunya juga yang tinggal  cemplung saja.
Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat Soup Manasuka adalah
  • 250 gram daging ayam,  sesuka sahabat, mau bagian dada boleh papa kuga boleh
  • 10 butir telur puyuh rebus, kupas
  • 1 buah wortel  yang agak besar
  • 100 gram buncis
  • 100 gram jamur kuping
  • 100 gram soun
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 1/4 sendok teh merica halus
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1/4 biji pala
  • 1 buah tomat
  • 1 batang seledri
Cara membuat Soup Manasuka sebagai berikutSoup Manasuka
  1. Rebus daging ayam sebentar. Tidak sampai matang.  Ambil kaldunya,  saring  ya.  Sisihkan. Suwir suwir daging ayam atau potong kecil kecil.
  2. Bersihkan wortel dan buncis lalu potobg-potong
  3. Potong-potong jamur kuping
  4. Rendam soun dalam air hingga lunak
  5. Siapkan panci beri sesikit minyak,  tumis sebentar bawang putih, pala dan bawang merah.  Matikan api.
  6. Tuang kaldu ayam dalam tumisan tadi. Nyalakan api
  7. Masukkan bahan soup,  tambahkan daging ayam. Beri merica. Biarkan mendidih dan matikan
  8. Masukkan soun, telur puyuh, seledei dan irisan tomat. Jangan ketinggalan gula dan garam. Cicipi sebelum digidangkan
  9. Soup Manasuka siap dimakan bersama dicuaca yang dingin.
Sahabat Markas Resep apapun yang anda inginkan dalam isian Soup Manasuka ini boleh-boleh saja.
Bisa baby corn, kacang polong,  sosis. Dan mari memasak dengan bahagia.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa dengan resep selanjutnya, salam kuliner ubtuk anda salam hangat dari kami.  Bye!
Categories
Resep Ayam Resep Masak Indonesia

Ayam Geprek Sambal Matah

Markas Resep – memberikan resep masakan indonesia yaitu Ayam Geprek Sambal Matah bagi yang penasaran cara pembuatannya langsung yuk dibaca.
Hallo … Hai apa kabar Sahabat Markas Resep di manapun berada, semoga tetap sehat, semangat luar biasa.
 
Bagaimana masih suka dengan kuliner ayam? Kalau jawabannya masih berarti samaan dong kita.
Karena hari ini Admin Oya ingin berbagi resep dengan bahan utama ayam, apalagi kalau bukan Ayam Geprek yang diberi sambal khusus kali ini..
Baca Juga Resep Lainnya :
Wow dah kerasa deh gimana pedasnya. Tentu sangat menggugah selera banget nih.
 
Kenapa Admin Oya memilih sambal matah karena biar lebih sedep aja Sahabat Markas Resep. Makan dengan nasi anget ditambah berbagai lalapan wah tentunya menggoda banget.
 
Bagaimana kalau kita langsung ke dapur aja, buat mengeksekusi resep yang kita bahas satu ini yang tentunya endes gila, segera cap cus!
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Geprek Sambal Matah adalah Sebagai Berikut:
  • 500 gram ayam cuci bersih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/5 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1/5 Ons cabe hijau
  • Minyak, garam dan gula secukupnya
Cara membuat Ayam Geprek Sambal Matah adalah sebagai berikut:Ayam Geprek Sambal Matah
  1. Ungkep sebentar ayam dengan bumbu halus.
  2. Goreng Ayam sampai kuning kecoklatan
  3. Cuci bersih cabe, kemudian buat sambalnya dengan menambahkan garam secukupnya dan gula pasir secukupnya.
  4. Tambahkan dua siung bawang putih. Ulek kemudian tambahkan minyak goreng panas yang untuk menggoreng ayam satu sendok makan.
  5. Geprek ayam di atas bumbu sambal matah, tes rasa dan siap untuk dihidangkan.
Nah! Itulah resep masakan rumahan kali ini, yang bisa Sahabat Markas Resep buat sendiri di rumah, mudah cara membuatnya, dan hasilnya juga sangat istimewa sedap tiada terkira. Tunggu apalagi boleh langsung dicoba kok.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, tentunya masih dengan Admin Oya dan Admin yang lainnya tetap du Markas Resep kita tercinta. Jangan lupa untuk selalu bahagia, bye … bye….
Categories
Resep Ikan Resep Masak Indonesia

Pindang Asam Patin

Markas Resep –  menghadirkan salah satu resep masakan indonesia yaitu Pindang Asam Patin jangan lupa juga memilih bahan baku yang berkualitas
Hallo sahabat, bagaimana hari ini, pastinya selalu bahagia dan ceria. Apakah sahabat masih bingung masak apa hari ini? Ga perlu bingung lagi, ayo terus simak markas resep, gudangnya resep masakan rumahan yang mudah dan lezat.
Hari ini, Admin Vita ingin masak ikan. Namun, pengen yang ada seger-segernya gitu.
Kebetulan ada tukang ikan yang lewat, bawa aneka macam ikan, segar dan bersih. Bingung ikan apa yang dipilih, tapi akhirnya pilihan jatuh pada ikan patin.
Sahabat pasti sudah familiar dengan ikan patin. Ikan yang masuk dalam golongan ikan berkumis ini memiliki daging yang sangat lembut.
Kandungan nutrisi yang tinggi, membuat ikan ini banyak diminati di pasaran.
Baca Juga Resep Lainnya :
Ikan patin kaya akan vitamin, protein dan mineral dibandingkan dengan ikan tawar lainnya.
Ikan patin juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, antara lain mencegah kardiovaskular, jantung koroner, rendah kolesterol dan sangat baik untuk pertumbuhan janin pada ibu hamil.
Selain itu kandungan asam lemak esensial DHA dan EPA sangat baik untuk otak. Wah cocok dikonsumsi bagi anak-anak nih.
Oke, ayo kita segera mengolah ikan patin ini, menjadi hidangan yang enak, dan menggugah selera.
Yuks, kita siapkan bahan-bahan dan mulai mengeksekusi. Resep kali ini adalah Pindang Asam Patin.
Bahan-bahan :
  • Ikan patin 1/2 kg tanpa kepala
  • Cabai rawit 10 buah
  • Jahe 2 ruas
  • Lengkuas 2 ruas
  • Serai 1 batang geprek
  • Daun salam 3 lembar
  • Tomat besar 1 buah
  • Asam jawa 1 ruas
  • Belimbing wuluh 7 buah
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Gula merah dan garam secukupnya
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Merica bubuk secukupnya
Bumbu halus :
  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah 3 buah
  • Kemiri sangrai 2 buah
  • Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
  • Kunyit 2 ruas
Cara Pembuatan :Pindang Asam Patin
  1. Bersihkan ikan patin dari kotoran, cuci dan potong-potong
  2. Beri perasan jeruk nipis pada patin agar tidak amis, diamkan beberapa saat
  3. Cuci lagi ikan patin, lalu marinasi dengan garam dan merica bubuk secukupnya
  4. Goreng ikan patin yang sudah dimarinasi, jangan terlalu kering
  5. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan jahe, lengkuas, serai dan daun salam serta asam jawa, aduk merata
  6. Setelah matang, tambahkan 2 gelas air, aduk kembali
  7. Tunggu mendidih lalu masukkan gula merah dan garam, aduk lagi
  8. Lalu masukkan ikan patin yang sudah digoreng tadi, aduk agar seluruh patin tercelup ke dalam kuah bumbu
  9. Tunggu sampai mendidih lagi, lalu masukkan tomat yang sudah dipotong, belimbing wuluh yang sudah diiris dan cabai rawit utuh
  10. Terakhir tambahkan kecap manis, aduk merata dan tunggu sampai matang, dan bumbu meresap ke dalam ikan
  11. Setelah mendidih, angkat dan siap dihidangkan
  12. Pindang Asam Patin siap disantap dengan sepiring nasi hangat.
Bagaimana sahabat, mudah dan lezat hasilnya. Semua anggota keluarga kita pasti akan menyukai olahan ikan patin ini.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Selamat mencoba, jika ingin resep menarik lainnya, tinggal klik markas resep dan cari resep yang diinginkan. Semoga menginspirasi. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tahu

Tahu Putih Kuah Santan

Markas Resep – membagikan kembali resep masakan sederhana yakni Tahu Putih Kuah Santan jangan lupa dibagikan kepada teman-temannya.
Hai … hallo Sahabat Markas Resep di manapun berada, apa kabarnya hari ini, semoga di hari ini tetap semangat bahagia selamanya.
Jumpa kembali dengan Admin Oya yang akan menghadirkan resep-resep sedap yang menggugah selera.
Baca Juga Resep Lainnya :
Untuk kali ini Admin Oya ingin menghadirkan resep kepada Sahabat Markas Resep yang masih bingung untuk menghadirkan menuasakan buat keluarga tercinta.
Resep kali ini adalah Tahu Putih Kuah Santan. Hmm gimana ya rasanya, penasaran? Yuk langsung cap cus untuk memasak Tahu Putih ini.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tahu Putih Kuah Santan Adalah Sebagai Berikut;
  • 6 buah tahu putih kotak
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1/5 sendok teh merica bubuk
  • 1/5 sendok teh ketumbar
  • 3 buah cabe merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 batang serai
  • 1 bungkus santan Kara ukuran kecil
  • Minyak goreng, garam dan gula pasir secukupnya
Cara membuat Tahu Putih Kuah Santan adalah sebagai berikut;Tahu Putih Kuah Santan
  1. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri merica, ketumbar dan kunyit. Tumis sampai harum. Masukan lengkuas, daun salam dan serai.
  2. Tambahkan 200 mili air, masukan tahu, bolak-balik tunggu sampai mendidih.
  3. Tambahkan santan kara, gula pasir dan garam secukupnya.
  4. Tes rasa dan angkt, sajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng.
Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, Resep makan ini. Mau coba? Monggo, karena menu makanan ini banyak mengandung gizi, karena bahan utamanya adalah kedelai.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Sekian dulu resep  kuliner Admin Oya kali ini, semoga suka ya, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya, yang tentunya Mak nyus dan sedap dong, di mana lagi kalau bukan di Markas Resep, menu masakan keluarga tercinta. Bye … bye…
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tempe

Sate Tempe Pedas

Markas Resep – menghadirkan resep masakan indonesia yaitu Sate Tempe Pedas jangan lupa selalu memilih bahan terbaik agar kualitas makanan lebih mantap.
Maskan yang lezat tak harus yang mewah, yang sederhanapun bisa menjadi istimewa,  dengan penyajian yang menggugah selera.
Tempe adalah olahan yang banyak mengandung protein biasanya untuk lauk makan sehari-hari yang banyak dijumpai di daerah Jawa.
Setiap  daerah mempunyai ciri khas tempe yang berbeda walau bahan dasarnya sama yaitu kedelai.
Baca Juga Resep Lainnya :
Di Malang sendiri hasil olahan tempe juga ada yang berbeda. Ada yang gurih padat ada yang biasa. Perbedaan rasa bisa dikarenakan jenis kedelai juga saat proses pembuatan.
Kalau sahabat Markas Resep memasak tempe biasanya pasti diolah bacem atau tempe goreng bukan?
Admin akan memberikan olahan alternatif lain agar tidak hanya selalu digoreng.
Sate Tempe Pedas,  bagi anak-anak tampilan dalam bentuk sate akan menyenangkan.  Namun ukuran rasa pedasnya bosa dikurangi.  Langsung menuju resep ya.
Bahan yang harus disiapkan untuk membuat Sate Tempe Pedas adalah
  • 300 gram tempe potong dadu dan kukus
  • 1 batang serai memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 50 ml air
  • Tusuk sate secukupnya
Bumbu  yang dihaluskan:
  • 7 bitir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 cm lengkuas
  • 3 butir kemiri,  sangrai
  • 1 cm kunyit
  • 10 buah cabe rawit
  • 1 sendok teh gula merah
  • Garam secukupnya
Cara membuat Sate Tempe Pedas sebagai berikutSate Tempe Pedas
  1. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus beserta serai dan daun salam
  2. Masukkan tempe,  aduk rata
  3. Tuang air,  masak hingga air asat atau habis,  jangan sampai gosong
  4. Setelah dingin tusuk tempe dengan tusuk sate
  5. Panaskan pan pemanggang,  bakar sate gingga kecoklatan.  Angkat
  6. Sate Tempe Pedas siap disajikan, dengan kecap manis.
Sahabat Markas Resep yang berbahagia,  selamat menikmati sate tempe bersama kerabat ataupun keluarga
Oh ya bila sahabat ingin menambah selera makan pada resep masak ini bisa ditambahkan bumbu kacang seperti pada sate ayam.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Oke sampai jumpa lagi pada resep berikutnya,  jangan kemana-mana tetap di Markas Resep bersama kami Bye!
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Tempe

Orek Tempe Sayuran

Markas Resep – memberikan resep masakan sederhana yakni Orek Tempe Sayuran mungkin terlihat simple tapi ada yang belum bisa membuatnya.
Hallo sahabat, jumpa kembali di markas resep. Masih tetap semangat untuk memasak kan?
Sarapan. Jika kita bicara tentang sarapan yang pasti terbayang adalah masakan yang mudah, praktis dan cepat mengolahnya.
Sehingga beberapa orang seringkali sarapan hanya dengan segelas susu dan roti tawar isi selai.
Ada juga beberapa orang yang sengaja membeli makanan untuk sarapan, seperti nasi kuning, nasi uduk atau bubur ayam. Biasanya alasan lebih praktis dan cepat mendasarinya.
Akan tetapi sahabat, bolehlah sesekali kita memasak sendiri di rumah untuk sarapan keluarga tercinta.
Tak perlu dengan masakan yang susah dan ribet, cukup yang sederhana, mudah dan murah.
Yang terpenting, kandungan nilai gizi dalam sarapan kita itu mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.
Baca Juga Resep Lainnya :
Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Admin Vita hendak memasak lauk untuk sarapan kita, dengan menggunakan bahan dasar tempe yang jelas kandungan proteinnya bagus untuk tubuh, dikombinasikan dengan sayuran segar yang kaya akan vitamin.
Sayuran yang dipakai adalah Labu Siam atau labu Jipang, kalau orang Sunda banyak yang menyebutnya dengan Waluh dan kacang panjang. Pasti enak dan segar ya, sahabat.
Oke, ayo kita mulai memasak dengan bahan dasar yang tersebut di atas. Resep kita kali ini adalah Orek Tempe Sayuran. Yuks kita ke dapur.
Bahan-bahan :
  • Tempe 1/2 papan, potong kecil-kecil dan goreng setengah matang, sisihkan
  • Labu jipang 1 buah ukuran sedang, kupas dan potong kecil memanjang
  • Kacang panjang 7 buah, potong kecil ukuran 2 cm
  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah keriting 2 buah
  • Cabai rawit merah 4 buah
  • Tomat 1 buah ukuran kecil
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Daun salam 1 lembar
  • Lengkuas 1 ruas
  • Gula merah dan garam secukupnya
  • Air putih 1 gelas
Cara Pembuatan :Orek Tempe Sayuran
  1. Siapkan tempe yang sudah dipotong kecil dan digoreng, labu jipang dan kacang panjang yang sudah dipotong dan dicuci bersih
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit dan tomat
  3. Siapkan wajan, tumis bumbu iris tadi sampai harum
  4. Tambahkan daun salam dan lengkuas, aduk hingga merata
  5. Tunggu sampai bumbu matang, masukkan tempe, aduk kembali
  6. Tambahkan 1 gelas air, aduk-aduk
  7. Setelah air mendidih, masukkan gula merah dan garam
  8. Lalu masukkan labu jipang dan kacang panjang, aduk
  9. Biarkan sayuran matang dan bumbu meresap
  10. Pada saat air mulai menyusut, tambahkan kecap manis, aduk hingga rata
  11. Setelah matang, angkat dan sajikan
  12. Nikmati masakan ini dengan sepiring nasi hangat.
Enak dan nikmat sekali masakan ini. Selain simpel dan sederhana, bahan-bahannya pun mudah diperoleh.
Semoga resep kali ini cukup memberi inspirasi bagi sahabat untuk memasak di rumah. Selamat mencoba dan dijamin ketagihan.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Jika berminat dengan resep-resep menarik lainnya, tetap setia di Markas Resep, gudangnya resep masakan rumahan sehari-hari. Terimakasih.
Categories
Resep Masak Indonesia Resep Sayuran

Tumis Jamur Wortel

Markas Resep – menghadirkan resep masakan indonesia yaitu Tumis Jamur Wortel semoga dengan resep ini dapat meningkatkan kesukaan terhadap sayur ya.
Hai …. Sahabat markas resep? Bagaimana kabarnya, semoga sehat selalu dan tetap bahagia. Jangan lupa untuk tetap memasak bagi orang-orang tercinta.
Sahabat sudah masak apa hari ini? Pastinya masak yang enak-enak dong. Apalagi sedang musim hujan. Bawaannya pengen makan terus, perut terasa ga ada kenyangnya.
Untuk itu kita harus pandai-pandai mengolah bahan makanan yang ada dengan aneka resep yang selalu berbeda tiap harinya.
Biar bervariasi dan ga bosan, dan yang jelas biar ga banyak jajan diluar juga.
Hari ini kebetulan di rumah ada stok jamur tiram putih yang lumayan, pada kesempatan kali ini Admin Vita hendak memasak dengan menggunakan jamur tiram putih.
Baca Juga Resep Lainnya :
Kalau kemarin jamur tiram putih sudah diolah menjadi jamur krispi, kali ini jamur tiram diolah dengan cara ditumis.
Dipadukan dengan sayuran yang segar dan sehat, menambah nilai gizi dalam olahan ini.
Salah satunya adalah Wortel, sayuran yang banyak disukai oleh orang terutama anak-anak.
Selain menambahkan sayuran, pada resep kali ini, ditambahkan juga sosis sapi sebagai penarik rasa agar lebih enak dan nikmat.
Membayangkannya saja sudah sangat lezat, pasti hasil masakannya juga lezat. Yuk tak perlu berlama-lama, kita capcuz ke dapur mempersiapkan bahan-bahan dan langsung mengeksekusinya. Resep kita kali ini adalah Tumis Jamur Wortel.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Jamur tiram putih 250 gram
  • Wortel 1 batang ukuran sedang, kupas lalu cuci dan iris tipis-tipis
  • Sosis sapi 2 buah, iris tipis dan goreng sebentar angkat tiriskan
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 4 buah
  • Lada bubuk setengah sendok teh
  • Cabai merah 1 buah
  • Cabai rawit merah 4 buah
  • Tomat 1 buah
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :Tumis Jamur Wortel
  1. Suwir-suwir jamur tiram, lalu cuci bersih dan peras agar airnya hilang
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan tomat
  3. Tumis bumbu yang sudah diiris tadi sampai harum
  4. Tambahkan lada bubuk dan aduk merata
  5. Setelah itu masukkan setengah gelas air matang, tunggu sampai mendidih
  6. Masukkan wortel yang sudah diiris tadi, aduk-aduk
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya, aduk kembali dan biarkan beberapa saat
  8. Tes rasa jangan ketinggalan
  9. Masukkan sosis yang sudah diiris dan digoreng tadi. Biarkan matang dan air menyusut
  10. Terakhir masukkan jamur tiram putih yang sudah disuwir tadi, aduk merata sampai sayuran dan sosis tercampur merata
  11. Biarkan sampai matang dan tidak ada air lagi
  12. Tumis Jamur Tiram Wortel siap dihidangkan
Sangat mudah mengolahnya dan enak hasilnya. Untuk anak-anak jika tidak menyukai pedas boleh di skip cabai rawitnya, dan hasilnya tetap lezat.
Baca juga Resep Masak Yang Ini :
Semoga resep ini bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba dan tunggu resep menarik lainnya, hanya di markas resep. Semangat ! Terimakasih.